Mau Berpuasa Dengan Nyaman, Berikut Tips Berpuasa Bagi Ibu Menyusui


Tips berpuasa bagi ibu meyusui – Bulan puasa atau Ramadhan adalah bulan yang dinanati – nanti oleh seluruh umat islam di seluruh dunia. Tua, muda, laki – laki atau perempuan semua orang bersuka cita menyambutnya. Karena bulan Ramadhan diibaratkan bulan panen, dimana ini adalah waktunya kita memanen banyak pahala dengan amal yang kita kerjakan.

Bulan Ramadhan memiliki banyak kemuliaan dan pahala, apapun yang kita lakukan asal itu baik akan menghasilkan banyak pahala. Banyak juga umat islam yang memanfaatkan waktu ini sebaik mungin karena belum tentu di bulan Ramadhan berikutnya kita masi memiliki kesempatan.

Hal inilah yang membuat orang sayang untuk melewatkan puasa di bulan Ramadhan, bahkan untuk ibu menyusui sekalipun. Seperti yang kita tahu, ibu menyususi membutuhkan banyak vitamin dan aneka zat penting lainnnya dari makanan untuk pertumbuhan sang buah hati.

Berkurangnya asupan makanan, maka akan berpengaruh pada ASI yang keluar, jadi tidak heran jika banyak ibu menyususi menjadi rakus karena harus memenuhi kebutuhan ASI si kecil. Nah bagaimana jika puasa ? apakah ASInya akan tercukupi ?

Nah buat sahabat fispol yang sedang menyususi berikut tips berpuasa bagi ibu menyusui yang bisa anda jadikan pengetahuan.

Tips Berpuasa Bagi Ibu Menyusui

tips berpuasa bagi ibu menyusui
tips berpuasa bagi ibu menyusui

Konsultasi Degan Dokter

Jika kita mengalami maslaah kesehatan atau berhubungan dengan hamil dan menyusui wajib hukumnya ya kita mengkonsultasikan dulu kesehatan kita pada dokter. Hla ini untuk melihat apakah kondisi kesehatan kita mendukung atau tidak jika berpuasa.

Dimana kita tahu saat puasa kita dilarang untuk makan dna minum halpir 14 jam, namun kebutuhan ASI harus tetap kita penuhi agar bayi bisa tumbuh dengan sehat dan normal.

Pertimbangkan Usia Bayi

Seperti yang kita tahu, bayi berumur sampai 6 bulan membutuhkan ASI ekslusif agar sehat dan pertumbuhannnya normal. Dan sudah banyak dari kita yang sadar akan hal ini, jadi pertimbangkan usia bayi sebelum mulai memutuskan untuk berpuasa.

Jika bayi sudah berumur lebih dari 6 bulan anda bisa berpuasa namun jika kurang dari umur tersebut ada baiknya nada mengkonsultasikan lebih dahulu kondisi anda dan bayi kepada dokter. Tentunya nad atidak inginkan buah hati kekurangan gizi ?

Tidur Siang Saat Puasa

Jika kondisi kita diperbolehkan untuk berpuasa maka anda bisa berpuasa, namun kita harus mengetahui juga resikonya jika berpuasa saat menyusui. Setelah menyususi anda akan merasakan lemas karena banyak energi dan kalori kita yang digunakan untuk memproduksi ASI.

Jadi untuk menjaga agar tubuh tetap sehat anda bisa mengambil sedikit waktu tidur siang dan mengurangi aktivitas yang berat.

Rajin Pumping ( Pompa ASI )

Pumping atau pompa ASI banyak dilakukan wanita karir yang kesulitan memberikan ASI ekslusif bagi sang buah hati. Degan memompa asi kita bisa menyediakan pasokan asi untuk buah hati saat ditinggal.

Nah begitu juga saat puasa, kita bisa memompa asi saat malam hari untuk menyiapkan cadangan ASI untuk minum buah hati di siang hari saat tubuh lemas dan payudara kering. Selain itu pompa asi dimalam hari membuat produksi ASI cukup dan maksimal sehingga buah hati tidak kekurnagan asi.

Atur Nutrisi Kandungan Gizi Makanan

Sebagai orang tua tentunya kita ingin yang terbaik untuk snag buah hati ya, jadi penting sekali ahu manfaat dan nutrisi yang terkandung dalam makanan yang kita makan. Karena apa yang kita makan akan disalurkan pada buah hati kita.

Jaga nutrisi makanan, penuhi serat, kalori, vitamin, protein pada makanan dan makan 3X sehari yaitu saat sahur , berbuka dan malam hari sebelum tidur. Konsumsi juga air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.

Tanda Jika Anda Harus Berhenti Puasa

Nah buat anda ibu – ibu yang sedang menyusui namun ingin tetap berpuasa, ada baiknya untuk melakukan observasi terhadap diri sendiri. Jika anda merasakan perubahan seperti berat badan yang terus turun saat berpuasa.

Atau ASI sepertinya sudah tidak mencukupi kebutuhan sang buah hati, anda harus mengambil inisiatif untuk memeriksakan diri pada dokter dan menghentikan puasa. Agar snag buah hati tidak mengalami kekurangan gizi. Dan anda bisa menggantinya dilain hari jika sudah ada kesempatan.

Nah itu tadi tips berpuasa bagi ibu menyusui yang bisa anda lakukan dan untuk ibu hamil jangan lupa mengikuti tips yang kami ulas sebelum berpuasa., selamat berpuasa…..


Saran lainnya