Kesalahan Dalam Masak Yang Membuat Berat Badan Naik


Kesalahan dalam masak yang membuat berat badan naik – Kadang banyak drai kita yang sudah berusaha diet menurunkan berat badan, mulai dengan mengikuti diet yang berkembang di masyarakat bahkan mengikuti diet keto yang banyak dicoba oleh masyarakat karena dianggap ampuh.

Ada juga yang melakukan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Tapi meski sudah berhati – hati dalam memilih jenis makanan tapi tetap saja ada banyak orang yang mengeluh berat badannya terus bertambah.

Mungkin benar anda sudah jeli memilih bahan dan jenis makanan namun apakah anda sadar jika kesalahan dalam mengolah makanan juga berpengaruh pada berat tubuh yang bertambah. Nah berikut ini fispol telah merangkum Kesalahan dalam masak yang membuat berat badan naik yang bisa anda hindari mulai sekarang untuk menjaga tubuh menjadi ideal.

Kesalahan Dalam Masak Yang Membuat Berat Badan Naik

kesalahan dalam memasak
kesalahan dalam memasak

Mencicipi Makanan

Mencicipi makanan sepertinya hal yang sah – sah saja ya untuk dilakukan, mencicipi makanan sebelum disajikan ini bertujuan memastika jika rasa dari masakan tersebut sudah pas tidak kekurangan apapun.

Tapi sayangnya banyak dari kita termasuk saya yang berniat mencicipi tapi nyatanya malah keterusan. Dari mencicipi rasa kita mulai mencicipi bahan masakan yang ada di sekitar kita seperti mencicipi keju, mencicipi, ikan yang digoreng, mencicipi kacang dan lain – lain.

Bayangkan saja, meskipun sedikit namun jika dilakukan terus – terusan berapa banyak lemak yang anda timbun saat memasak tersebut belum lagi saat proses makan.

Minyak Terlalu Banyak

Minyak adalah salah satu bahan masakan yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan kita ya, karena makanan apapun jika digoreng akan terasa lebih gurih dan lezat. Tapi sayangnya minyak inilah yang membuat berat badan kita naik karena ada banyak lemak yang terkandung.

Nah solusinya kita bisa menggantinya dengan mengguanakan minyak zaitun atau olive oil yang lebih sehat. Meskipun dibandrol lebih mahal namun minyak ini cocok untuk anda yang sedang berdiet atau memiliki penyakit seperti kolestrol.

Selain itu jangan lupa gunakan sendok takar atau sendok biasa saat menuangkan minyak , menuangkan minyak langsung pada penggorengan memiliki resiko minyak berlebihan yang tinggi. Atau lebih sehat lagi jika anda mulai mengkonsumsi makanan tanpa minyak seperti dipanggang atau di rebus.

Terlalu Banyak Menggunakan Bumbu Instan

Sudah bukan rahasia umum lagi jika memasak menggunakan bumbu – bumbu instan seperti bumbu jadi, saos, micin, penyedap rasa memudahkan kita dalam memasak dan mebuat masakan menjadi sedap. Tapi sayangnya sedap dalam bumbu – bumbu tersebut berasal dari natrium.

Seperti yang kita tahu, natrium yang terlalu banyak tidak baik untuk tubuh terlebih lagi untuk anda yang sednag berdiet. Apalagi untuk anda yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi dan kolestrol. Kamdungan natrium bisa membuat kondisi semakin parah.

Sebagai langkah antisispasi anda bisa melihat kandungan atau komposisi dalam bumbu tersebut apakah mengandung bahan – bahan yang tidak baik bagi tubuh atau tidak. Nmaun jangan salah paham dulu ya karena tidak semua bumbu jadi tidak baik untuk tubuh, karenanya anda wajib tahu manfaat micin yang tidak banyak orang ketahui.

Masak Terlalu Banyak

Nah buat anda yang suka masak berlebihan , ada baiknya mulai sekarang mengurangi porsi masak. Dengan mengurangi porsi masak anda tidak hanya bisa mengurangi berat badan tubuh tapi juga tidak membuang makanan sia – sia.

Sudah menjadi naluri ya kalau melihat makanan sisa kita dituntut menghabiskannnya daripada mubazir. Tapi hal ini juga yang membuat program diet anda gagal karena makan berlebih. Jadi penting sekali mengira – ngira berapa porsi yang harus dimasak untuk keluarga.

Pilih Bahan Makanan Yang Tepat

Banyak dari kita yang menirukan resep dari orang tua, televisi atau buku resep dan meniru semua bahan yang ada. Nah untuk anda yang ingin berdiet ada baiknya untuk memilah – milah bahan makanan mana yang berpengaruh bagi tubuh, jika ada ganti bahan tersebut dengan bahan yang lebih sehat.

Nah itu tadi Kesalahan dalam masak yang membuat berat badan naik yang harus anda hindari agar tubuh tetap ideal dan usaha diet anda berhasil, selamat mencoba.


Saran lainnya