Berikut Tips Puasa Bagi Penderita Maag


Tips puasa bagi penderita Maag – Senang ya rasanya jika kita bisa berpuasa penuh saat bulan ramadhan. Tapi sayangnya tidak semua orang bisa menjalankannya karena berbagai alasan seperti sakit.

Salah satu penyakit yang sering dikeluhkan saat bulan puasa yaitu maag, penyakit yang satu ini mengganggu saat bulan puasa. Hal ini wajar karena selama puasa kita tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman dan akhirnya berpengaruh pada lambung.

Karena lambung tidak kemasukan makanan apapun maka asam lambung akan meningkat dan menyebabakan iritasi pada lambung, bahkan di sebagian kasus penyakit ini bisa menyebabkan mual bahkan mutah.

tips puasa bagi penderita maag
tips puasa bagi penderita maag

Penyakit Maag

Penyakit Maag juga disebut dengan dispesia yaitu suatu istilah untuk menggambarkan rasa sakit atau nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, kerongongan karena berbagai kondisi dan sebab.

Penyakit ini disebabkan karena berbagai hal seperti berikut ini :

  • Adanya luka terbuka di bagian tukaka lambung
  • Infeksi bakteri
  • Efek obat antiinflamasi nonsteroid
  • Stress
  • Pola Makan yang salah

Meskipun maag disebut – sebut sebagai penyakit biasa yang sering di alami orang indonesia yaitu hampir 7000 kasus dikutip dari Alodokter. Namun maag memiliki efek yang sangat besar terlebih lagi saat puasa. Nah berikut Tips puasa bagi penderita Maag yang bisa anda lakukan.

Tips puasa bagi penderita Maag

Menambah Jumlah Makanan

Hal umum yang bisa kita lakukan saat puasa untuk mengurangi efek yang ditimbulkan dari penyakit maag yaitu dengan menambah porsi makanan. Dengan begini tubuh akan memiliki banyak asupan energi dan kenyang lebih lama. Nah untuk menu sahur kalian juga bisa memilih menu recomended saat sahur agar kenyang lebih lama.

Pilih Jenis Makanan Yang Sulit Dicerna

Makanan yang sulit dicerna di sini bukan makanan junkfood ya, makanana yang sulit di cerna seperti kurma atau oat meals. Makanan seperti ini akan sult dicerna sehingga sistem pencernaan akan mencernanya perlahan – lahan sehingga kita bisa kenyang lebih lama.

Konsumsi Air Putih

Saat puasa tubuh kita akan kekurangan banyak cairan dalam tubuh, sehingga pentung sekali konsumsi air putih. Cukupi kebutuhan air dengan minum 2 gelas air putih saat buka puasa, 4 gelas selama malam dan 2 gelas saat sahur.

Hindari konsumsi air asam seperti infused water lemon karena tidak baik untuk lambung. Sebagai gantinya konsumsi susu saat buka dan sahur jauh lebih baik. Hindari juga konsumsi minuman bersoda agar lambung tidak tambah parah.

Hindari Makanan Yang Dapat Meningkatkan Asam Lambung

Karena sudah memiliki riwayat maag tentunya kita harus pintar – pintar memilih makanan apa yang kita konsumsi. Salah satunya yaitu menghindari konsumsi makanan yang dapat meningkatkan asam lambung seperti : Coklat, Gorengan, buah yang berasa asam.

Hindari juga konsumsi makanan yang dapat menimbulkan gangguan lambung seperti cuka, lada, makanan pedas dan lain – lain. Jangan langsung tidur saat sahur karena dapat menimulkan berbagai masalah pada kesehatan.

Siap Sedia Obat Maag

Kita tidak tahu kapan penyakit maag akan menyerang, jadi tidak ada salahnya untuk siap sedia obat maag di kotak P3K. Kalian bisa membeli di apotik atau meminta resep dokter untuk lebih amannya. Jadi jika maag menyerang anda bisa membatalkan puasa jika tidak tertahan dengan langsung mengonsumsi obat maag. Dan mengganti puasa yang batal di kemudian hari.

Konsultasikan Pada Dokter

Tidak ada salahnya memeriksakan kesehatan anda ke dokter sebelum bulan puasa tiba, dengan begini anda akan tahu apakah anda bisa mengikuti puasa atau tidak. Karena untuk penyakit maag yang kronis biasanya tidak disarankan untuk berpuasa.

Nah itu tadi Tips puasa bagi penderita Maag yang bisa anda lakukan, meskipun sedang beribadah namun kita harus tetap menjaga kesehatan ya sahabat fispol.

 


Saran lainnya