Hati – Hati Berikut Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur


Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur – Sebelum melaksanakan ibadah puasa kita dianjurkan untuk bersahur terlebih dahulu. Sahur bertujuan memberikan kekuatan fisik pada kita sebelum kita mulai menghentikan makna minum dan menahan hawa nafsu lebih dari 14 jam.

Sahur sendiri bukanlah suatu hal yang mudah mengungat sahur biasa dilakukan di sepertiga malam antara pukul 3 – menjelang imsak dimana  waktu tersebut biasanya kita masih tertidur lelap. Alhasil banyak orang yang memilih tetap tidur dan meninggalkan sahur daripada harus bersahur.

Padahal sahur memiliki banyak kautamaan dan pahala jadi ada baiknya kita tetap bersahur ya setiap malam. Selain itu menu sahur juga harus diperhatikan karena beberapa menu sahur dapat menyebabkan bau mulut saat puasa bahkan lemas selama berpuasa.

Dan setelah sahur pantang hukumnya ya tidur kembali karena tidur setelah sahur dapat menyebabkan bahaya, berikut bahaya langsung tidur setelah sahur yang harus anda hindari.

Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur
Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur

Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur

 

Penimbunan Lemak

Dikutip dari CNNIndonesia.com menurut sebauh penelitian jika seseorang memiliki riwayar gemuk di keluarganya dna tidur setelah sahur akan menyebabkan resiko 2X lebih cepat gemuk atau obesitas. Apalagi saat sahur anda mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi seperti gorengan.

Maka lemak – lemak tersebut akan tertimbun dalam tubuh karena saat tidur tubuh tidak membutuhkan banyak energi. Dan untuk anda yang ingin diet, diat yang anda jalani tidak akan berhasil jika tidur setelah sahur.

Peningkatan Asam Lambung

Saat maknaan masuk ke dlaam tubuh terjadi proses pencernaan makanan yang dimulai dari kerongkongan hingga usus besar. Salah satu orang yang bekerja keras saat ada makanan masuk adalah lambung.

Lambung memiliki asam lambung yang membantu proses pencernaan namun jika makanan yang masuk tidak terproses sempurna maka hal ini akan mengiritasi dinding lambung. Ditambah lagi saat ada makanan terjadi peningkatan asam lambung dan jika anda tidur saat prosses tersebut asam lambung akan naik.

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau refluks asam lambung

Refluks Asam lambung adalah kejadian dimana katup antara kerongkongan dan katup perut tidak tertutup sempurna. Hal ini menyebabkan makanan dan asam lambung yang ada di dalam lambung bisa kembali berbalik ke kerongkongan karena faktor grafitasi. Hla ini bisa menyebabkan iritasi atau luka di krongkongan dan mulut.

Tanda – tanda terjadi refluks asam lambung yaitu adanya rasa pahit dimulut, sendawa, adanya rasa panas di tenggorokan, dada dan mual.

Gangguan Saluran Pencernaan

Untuk mengosongkan lambung, lambung perlu waktu sekitar 2 jam untuk bekerja. Namun posisi tidur berbaring sangat menggangu kinerja lambung sehingga perlahan – lahan membuat sistem pencernaan terganggu seperti sembelit, diare dan lain – lain.

Apalagi ditambah  dengan menu sahur yang kurang sehat yang membuat lambung harus bekerja ekstra keras. Buat anda yang ingin sehat selama beribadah puasa hindari makanan – makanan berikut ini.

Serangan Jantung Hingga Stroke

Penyakit jantung adalah penyakit paling ditakuti masyarakat di seluruh dunia karena penyakit ini adalah penyakit pembunuh nomor 1 di dunia. Banyak penderita yang meninggal tiba – tiba karena penyakit ini jika tidak meninggal biasanya penderita akan mengalami stroke.

Saat anda tidur aliran darah ke otak harus tetap teraliri sempurna namun jika anda tidur dan lambung masih memproses makanan, maka aliran darah akan terbagi dan hal ini menyebabakan otak tidak teraliri sempurna. Dan jika hal ini terjadi terus menerus maka tidak menuntuk kemungkinann and akan mengalami penyakit ini.

Lemas Saat Puasa

Menurut Jeremy Barnes, profesor dari Universitas Negeri Missouri yang dikutip dari CNN Indonesia, menjelaskan jika pada saat orang tidur, ada peningkatan kadar hormon grehlin. Efek yang ditimbulkan dari  peningkatan hormon ini adalah orang akan merasa lebih lapar saat bangun tidur.

Sehingga tidak heran jika setelah bangun tidur selepas sahur anda akan merasakan lapar sepanjang hari selama puasa dan lemas.

Nah itu tadi bahaya langsung tidur setelah sahur yang harus anda ketahui, gimana masih suka tidur setelah sahur ?

 


Saran lainnya