Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa


Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa – Saat puasa kita sering dilanda bau mulut yang parah dari biasanya. Jika di hari biasa bau mulut anda bisa membuat pinsan pacar namun saat bulan puasa bau mulut anda bisa membunuh satu kampung warga.

Hal ini yang membuat banyak membuat umat muslim jadi tidak percaya diri saat puasa, banyak dari kita yang malas bicara aau menjaga mulut saat bicara agar tidak malu terhadap lawan bicara. Meskipun bau mulut saat puasa merupakan hal yang biasa nyatanya mampu memberikan banyak dampak pada kegiatan kita sehari –hari.

Bau Mulut Saat Puasa

Pada dasarnya mulut memiliki banyak bakteri, bakteri ini termasuk bakteri baik karena membantu dalam proses pencernaan makanan. Tapi bakteri baik ini bisa berbalik arah menjadi bau mulut jika terjadi infeksi dan jamur di dalam mulut.

Seperti saat mengalami sariawan dan gigi berlubang, karena adanya luka pada mulut dan bakteri yang menumpuk maka membuat bakteri baik menginfeksi luka dan menyebabkan bau mulut. Sedangkan saat puasa bakteri menghasilkan senyawa kimia khusus dengan kandungan sulfur yang memberi efek aroma tidak sedap pada mulut.

Dan karena tidak ada makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut sama sekali membuat senyawa kimia terus mengendap karena tidak bisa tertelan di pencernaan. Ditambah lagi produksi air liur yang sedikit sehingga tidak bisa menetralisir bau mulut. Dan berikut cara menghilangan bau mulut saat puasa yang bisa anda lakukan.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa
Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Hindari Konsumsi Makanan Sahur Yang Menimbulkan Bau Mulut

Saat sahur ada baiknya anda menghindari makanan yang dapat menimbulkan bau tidak sedap seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay mentah, durian, kopi, rokok, minuman beralkohol, pete, jengkol dan lain – lain.

Konsumsi makanan di atas bisa membuat bau mulut lebih parah, ada baiknya anda mengkonsumsi makanan sehat saat sahur.

Hindari Sayuran Mengandung Sulfur Tinggi

Saat puasa bakteri pada mulut akan menghasilkan senyawa kimia sulfur yang menyebabkan bau mulut, saat anda mengkonsumsi sayuran mengandung sulfur tinggi maka akan terjadi interaksi senyawa yang membuat bau mulut lenbih tajam. Berikut beberapa sauran mengandung sulfur : brokoli, asparagus, sawi hijau, sayuran pekat dan lain – lain.

Hindari Makanan Dengan Lemak Tinggi

Makanan dengan lemak tinggi bisa memicu bau mulut saat puasa jadi ada baiknya hindari konsumsi makanan dengan lemak tinggi seperti lemak daging, susu, keju, cream chesee, cake dan lain – lain.

Sikat Gigi Saat Sahur

Untuk mengurangi bau mulut ada abaiknya anda menyikat gigi setelah sahur agar tidak ada makanan yang tertinggal terlebih lagi makanan yang kami sebutkan di atas. Di sela – sela gigi terdapat bakteri yang siap membuat bau mulut jika ada sisa makanan yang tertinggal.

Selain sikat gigi ada baiknya anda juga menyikat lidah atau membersihkan lidah dengan sikat khusus agar tidak ada sisa makanan di lidah. Sehingga tidak menimbulkan bay mulut saat puasa.

Pembersihan Karang Gigi

Bukan hanya faktor kesehatan dan makanan yang dikonsumsi, masalah pada gigi seperti gusi bengkak, sariawan dan karang gigi bisa menjadi faktor bau mulut. Karang gigi bisa menyebabkan bau mulut saat puasa, sehingga untuk menghindarinya anda bisa melakukan pembersihan karang gigi sebelum masuk bulan puasa. Dengan begitu tidak ada bakteri yang menempel di gigi.

Bila perlu berkumurlah menggunakan daun sirih meskipun bau dari daun sirih tidak sedap namun bisa membunuh kuman dalam mulut karena mengandung antiseptic alami.

Bau Mulut Karena Penyakit

Tidak semua bau mulut karena kurangnya kebersihan mulut ada juga bau mulut yang disebebkan karena adanya penyakit pada tubuh seperti penyakit paru – paru, asam lambung, diabetes, jantung, hati dan ginjal.

Bagi penderita penyakit pernafasan, paru – paru akan mendorong gas keluar ke mulut yang menimbulkan bau tidak sedap. Begitu juga dengan penderita pencernaan dimana gas asam lambung akan naik ke atas dan menimbulkan bau tidak sedap.

Nah itu tadi Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa yang bisa anda lakukan di rumah, bau mulut hilang anda bisa beraktivitas dengan tenang tanpa kekurangan rasa percaya diri.

 


Saran lainnya