Cara Mencegah Badan Lemas Saat Puasa


Cara mencegah badan lemas saat puasa – Badan lemas sata puasa adalah hal yang biasa terjadi saat puasa ya sahabat fispol. Keadaan lemas ini terjadi karena kurangnya asupan makanan dimana kita biasanya makan 3X sehari di pagi, siang dan malam. Kini kita harus berganti jadwal makan 2X sehari yaitu di waktu sahur dan berbuka atau saat magrib.

Karena sudah biasa maka tidak banyak orang yang menghiraukan rasa lemas dibadan ini namun rasa lemas yang berlebihan atau lemas karena belum terbiasa berpuasa sangatlah mengganggu aktivitas. Terlebih lagi bagi anda yang tetap harus bekerja keras saat waktu puasa tiba.

Bahkan tidak jarang banyak dari kita yang memilih membatalkan puasa karena tidak kuat menahan lemas, lapar dan haus dari pada melanjutkan berpuasa. Tapi sebenarnya membatalkan puasa bukanlah satu – satunya cara karena ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengurangi rasa lemas.

Dan buat anda yang ingin tetap bugar selama berpuasa berikut cara mencegah badan lemas saat puasa yang bisa anda lakukan.

Cara Mencegah Badan Lemas Saat Puasa

Cara mencegah badan lemas saat puasa
Cara mencegah badan lemas saat puasa

Konsumsi Makanan Sehat

Bukan hanya di hari biasa saat bulan puasa tubuh kita juga perlu asupan makanan yang sehat karena saat bulan puasa aktivitas yang kita lakukan bertambah namun jatah makan kita yang berkurang. Jadi penting sekali tetap mengkonsumsi makanan sehat.

Cukupi kebutuhan karbohidrat, protein dan vitamin saat sahur tambah juga konsumsi kurma agar kuat menjalani puasa. Kurma memiliki kandungan serat yang tinggi dan kandungan gula yang membuat kita lebih berenergi.

Jangan lupa mengkonsumsi sayur – sayuran dan buah – buahan secara teratur saat sahur dan buka, jika banyak dari kita yang memilih makan dalam porsi besar sekali waktu tapi akan lebih baik jika kita makan sahur dalam jumlah yang cukup namun dengan kandungan makanan yang lengkap.

Perbanyak Minum Air Putih

Bukan lapar yang dikeluhkan orang berpuasa tapi haus sering menjadi alasan orang merasa lemas dan kehilangan fokus. Jadi penting sekali memenuhi asupan air bagi tubuh perbanyak konsumsi air putih saat buka puasa, sahur dan sebelum tidur.

Terapkan pola 2-4-2 saat puasa, 2 gelas saat buka, 4 gelas sepanjang malam dan 2 gelas saat sahur dengan pola ini tubuh anda akan terhidrasi dengan baik.Hindari konsumsi minuman mengandung kafein saat puasa karena bisa mengganggu pola tidur dan membuat anda merasa lebih haus. Ada baiknya nad menjadikan moment puasa ini untuk belajar mengurangi asupan kafein.

Hindari Tidur Setelah Sahur

Tidur setelah sahur memiliki banyak dampak negatif bagi tubuh, seperti yang kita tahu tubuh kita membutuhkan waktu hingga 2 jam untuk memproses makanan yang masuk. Dan tidur saat makanan belum lengkap tercerna dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, asam lambung yang naik, bau mulut saat puasa dan membuat kita lapar saat bangun tidur.

Karena rasa lapar yang dihasilkan tersebut maka tubuh kita juyga akan lemas tak berenergi, jadi ada baiknya hindari tidur setelah makan sahur.

Niat

Meskipun ada banyak hal yang menyebabkan badan lemas saat puasa tapi jika sudah memiliki niat sejak sahur sampai magrib maka puasa anda tidak akan terasa lemas, lapar ataupun haus. Jadi penting sekali berniat saat puasa. Bukan hanya niat secara lisan namun juga niat dari dalam hati.

Nah itu tadi Cara mencegah badan lemas saat puasa yang bisa anda lakukan saat puasa, nah buat nambah uang belanja anda bisa mencoba beberapa bisnis musiman menguntungkan saat bulan Ramadhan.


Saran lainnya