Daftar Makanan Pantang Dimakan Saat Sahur, Biar Nggak Lemas


Makanan Pantang Dimakan Saat Sahur – Saat puasa jadwal makan dan jadwal tidur akan berubah namun aktivitas tetap. Hal ini menyebabkan tubuh harus beradaptasi namun tidak semua tubuh bisa tahan dengan pola hidup seperti ini terutama di awal puasa.

Jadi penting sekali tetap sehat selama berpuasa, untuk menjaga tubuh tetap sehat selama puasa anda disarankan tetap menjaga pola tidur, mengurang kafein dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Mengkonsumsi makanan yang sehat juga dapat mencegah tubuh lemas selama berpuasa dan juga menghindarkan anda dari bau mulut. Nah buat persiapan puasa besok berikut daftar Makanan Pantang dimakan Saat Sahur yang harus anda hindari.

Daftar Makanan Pantang Dimakan Saat Sahur

Makanan Pantang dimakan Saat Sahur
Gorengan

Makanan Terlalu Manis

Saat puasa kita memang membutuhkan makanan manis karena dapat menghasilkn banyak energi. Tapi sayangnya banyak orang yang salah memiih makanan manis dan memilih makanan terlalu manis.

Makanan yang terlalu manis tidak baik bagi anda yang memiliki riwayat diabetes terlebih lagi kita tidak tahu pemanis apa yang terkandung pemanis alami atau pemanis buatan. Makann yang terlalu manis dapat menyebkan anda haus sepanjang hari dan perut kembung. Jadi jika ingin makanan manis kami rekomendasikan kurma sebagai pilihan.

Kafein Dan Minuman Bersoda

Saat bulan puasa hindari mengkonsumsi minuman mengandung kafein seperti kopi saat berbuka maupun saat sahur. Konsumsi kopi setelah buka puasa atau setelah tarawih bisa mengganggu pola tidur.

Sedangkan mengkonsumsi kopi saat sahur bisa membuat tubuh dehidrasi dan lesu saat puasa. Lebih baik konsumsi air putih saat sahur untuk menghindari dehidrasi.

Gorengan

Makanan yang satu ini tergolong murah praktis namun menu gorengan selama puasa harus di hapuskan ya bunda mengungat gorengan tidak baik bagi kesehatan. Gorengan mengandung banyak minyak  dan lemak jahat yang tidak baik bagi pencenaan terlebih lagi saat dikonsumsi saat berbuka puasa.

Sedangkan jika dikonsumsi saat sahur, gorengan membutuhkan waktu cerna yang lama dan tenaga yang besar. Jadi saat mengkonsumsi gorengan bukan rasa kenyang dan nyaman yang anda dapat tapi rasa lemas saat menjalankan ibadah puasa karena tubuh terus bekerja mencerna gorengan.

Makanan Terlalu Pedas

Buat pecinta makanan pedas sepertinya harus puasa makanan pedas dulu ya saat menjalankan ibadah puasa. Pasalnya mengkonsumsi makanan pedas saat buka puasa tidak baik karena saat itu perut dalam keadaan kosong.

Dan jika dikonsumsi saat sahur maka tubuh akan mengalami ketidak seimbangan sodium yang menyebabkan tubuh dehidrsi dan anda akan kehausan selama berpuasa. Terlebih lagi bagi anda ynag memiliki masalah pencernaan seperti penyakit lambung, tipes dan maag, mengkonsumsi makanan pedas dan asam akan memeperparah keadaan.

Makanan Terlalu Asin

Makanan yang terlalu asin seperti ikan asin, telur asin dan makanan yang terlalu banyak mengandung garam sangat tidak direkomendasikan. Dalam garam mineral terdapat kandungan klorida dan natrium dimana natrium dapat mengikat cairan.

Karena hal tersebut, jika mengkonsumsi makanan terlalu asin dapar membuat tubuh mengalami dehidrasi dan membutuhkan banyak air sehingga anda akan kehausan selama berpuasa karena air dalam tubuh akan terikat. Selain itu agar memperlancar puasa anda juga perlu menerapkan cara  menghilangkan bau mulut saat puasa.

Buah Dan Sayur Bersifat Diuretik

Buah Dan Sayur Bersifat Diuretik adalah buah dan sayur yang mengandung banyak air namun dapat mendorong tubuh mengeluarkan air tersebut biasanya melauli kencing. Buah dan sayuran ini bagus dikonsumsi saat hari biasa karena bisa memperlancar buang air kecil dan membuatng toksin dalam tubuh.

Tapi saat bulan puasa makanan seperti ini tidk dianjurkan karena dapat menyebbakna dehidrasi karena kandungan air dalam tubuh mudah keluar. Buh dan sayur bersifat diuretik antara lain semangka, mentimun, selada air, seledri, dan wortel.

Nah itu tadi berikut daftar Makanan Pantang dimakan Saat Sahur yang harus anda hindari untuk menjaga kesehatan selama puasa.


Saran lainnya