Rekomendasi Makanan Saat Buka Puasa


Rekomendasi makanan saat buka puasa – Adzan magrib menjadi waktu paling di nanti – nanti ya saat bulan puasa. Magrib adalah waktu dimana kita bisa melepas lapar dan dahaga setelah seharian berpuasa.

Saat berbuka ada banyak pilihan makanan yang bisa kita konsumsi untuk memenuhi rasa lapar, tapi sayangnya banyak dari kita yang salah memilih makanan. Sehingga setelah mengkonsumsi makanan bukan kenyang tapi perut mengalami berbagai masalah. Seperti perut kembung, perut begah, perut mulas bahkan sampai kram.

Agar tidak terjadi hal – hal diatas penting bagi kita jeli dalam memilih makanan dan menimbang porsinya. Nah berikut rekomendasi makanan saat buka puasa yang bisa anda pilih.

Rekomendasi Makanan Saat Buka Puasa

rekomendasi makanan saat buka puasa
Kurma

Kurma + Air Putih

Makanan ini sering direkomendasikan masyarakat saat sahur dan berbuka puasa, meskipun sederhanan namun bukan tanpa alasan kurma di jadikan menu utama dan utama saat buka di rumah mauoun di masjid.

Kurma memiliki serat tinggi dan kandungan gula yang besar yang dapat memenuhi kebutuhan gula dan energi setelah seharian berpuasa. Selain bisa memenuhi kebutuhan gula dalam tubuh kurma juga memiliki banyak manfaat bahkan digadang – gadang dapat menjauhkan kita dari godaan syetan.

Kolak

Duh rasanya bulan puasa tanpa kolak serasa kurang pas ya ? rasa manis kuah dan isisannya yang beragam membuat kolak menjadi salah satu sajian yang banyak dicari masyarakat. Ada banayak masyarakat yang membuat kolak sendiri di rumah namun ada juga yang memilih membeli kolak langsung jadi di pedagang.

Jadi tidak heran jika berjualan kolak banyak di jadikan masyarakat peluang bisnis selama Ramadhan. Dan untuk anda yang ingin berwirausaha, bisa mencoba peluang usaha menguntungkan selama Ramadhan.

Oatmeal

Oatmeal adalah makanan sehat baik dikonsumsi sehari – hari maupun saat puasa, oatmeal kaya akan serat jadi bisa menyimpan energi lebih lama. Oatmeal cocok dijadikan menu saat sahur, saat buka maupun saat diet.

Oatmeal sehat dan mudah dicerna oleh lambung jadi buat and ayang memiliki masalah pencernaan bisa memilih oatmeal sebagai pilihan. Terlebih lagi bagi anda yang buru – buru beribadah, oatmeal tidak membuat perut menjadi penuh.

Minuman Elektrolit

Lemas saat puasa bisa dengan cepat hilang saat minum minuman berelektrolit, minuman elektrolit digadang – gadang mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat. Sehingga anda bisa beraktivitas dengan lancar.

Makan Sayuran

Jangan lupa menghidangkan sayuran saat bervuka puasa ya mengingat selama seharian berpuasa kita tidak makan apapun dan serat dalam tubuh tidak tercukupi. Kekurangan serat bisa menyebabkan berbagai masalah pada pencernaan terlebih lagi saat buang air besar.

Namun jangan menyajikan makanan yang mengandung gas karena bisa membuat perut menjadi kembung terlebih lagi perut dalam keadaan kosong.

Aneka Olahan Ikan

Ikan memiliki lemak yang rendah, bagi anda yang diet dan ingin hidup sehat ikan bisa jadi pilihan menu berbuka. Hindari olahan ikan yang mengandung banyak minyak, agar lebih sehat gunakan olive oil atau minyak zaitun.

Seperti yang kita tahu minyak akan membuat masalah pada pencernaan terlebih lagi anda telah berpuasa seharian dan perut kosong saat berbuka. Sebagai alternatif gorenglah ikan menggunakan minyak zaitu atau olive oil atau anda bisa membakarnya.

Buah – Buahan

Buah – buahan baik untuk tubuh karena mengandung banyak vitamin yang dapat menguatkan daya tahan tubuh. Buah juga mengandung gula alami yang cepat larut dalam tubuh dan tidak menyebabkan diabetes.

Nah itu tadi Rekomendasi makanan saat buka puasa yang bisa anda jadikan pilihan agar tidak terjadi masalah dengan perut anda.


Saran lainnya