Makanan Sahur Yang Bisa Buat Tahan Lapar Lebih Lama


Makanan Sahur Yang Bisa Buat Tahan Lapar Lebih Lama – Karena puasa merupakan suatu kewajiban bagi yang menjalaninya, mau tidak mau kita harus menjalaninya namun tidak mengganggu aktivitas kita sehari – hari.

Saat bulan puasa kita tetap dituntut bekerja profesional meskipun dari segi fisik kita lebih cepat lemas.  Jadi agar ibadah dan bekerja tetap berjalan lancar penting untuk tetap fit selama berpuasa. Dan untuk tetap fit dibutuhkan olahraga yang tepat, makanan tepat saat berbuka dan sahur.

Saat berpuasa ada berbagai makanan yang dapat menunjuang aktivitas ada juga makanan yang harus dihindari saat sahur agar tubuh tidak lemas. Namun ada juga Makanan Sahur Yang Bisa Buat Tahan Lapar Lebih Lama sehingga anda bisa tetap beraktivitas tanpa bisa merasakan rasa lapar dan haus berlebihan.

Nah biar kuat puasa besok berikut Makanan Sahur Yang Bisa Buat Tahan Lapar Lebih Lama yang wajib anda hidangkan di meja makan.

Makanan Sahur Yang Bisa Buat Tahan Lapar Lebih Lama

Makanan Sahur Yang Bisa Buat Tahan Lapar Lebih Lama
Oatmeals

OatMeal

Oatmeal adalah makanan kaya serat yang baik untuk tubuh, makanan ini sering dijadikan pilihan makanan utama bagi para pecinta hidup sehat dan yang sedang diet. Tapi ternyata bukan hanya saat diet oatmeal juga cocok dijadikan menu sahur.

Oatmeal yang kaya serat dapat membuat kenyang lebih lama saat berpuasa dibandingkan konsumsi nasi atau umbi – umbian. Agar tidak bosan anda bisa mengkombinasikan oatmeal dengan makanan Indonesia.

Oatmeal bisa dijadikan menu bubur ayam, atau menambahkannya sehingga menjadi bubur rawon yang sedang menjadi makanan hits kekinian di Indonesia. Atau jika anda memang lebih suka orignal bisa memasaknya menggunakan cara biasanya.

Apel

Apel ternyata cocok dijadika  menu sahur loh, apel memiliki kandungan serat dan air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Selain itu apel juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat menguatkan sistem imun, mencegah masalah mulut dan lain – lain.

Dengan konsumsi apel anda akan merasakn kenyang lebih lama namun ada baiknya anda tidak mengkonsumsi apel setelah makan karena dapat mempercepat pembusukan makanan di pencernaan.

Telur

Salah satu makanan yang dapat membuat anda kenyang lebih lama adalah makanan yang mengandung protein salah satunya yaitu telur dan ikan. Telur adalah salah satu makannan yang mudah didapat dengan harga terjangkau.

Menambahkan telur pada menu sahur bisa membuat keluarga lebih bertenaga, namun ada biknya hndari pengolahan telur dengan cara salah seperti di goreng. Karena seperti yang kita tahu saat digoreng akan ada banyak lemak dari minyak goreng yang menempel hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah pada pencernaan.

Ada baiknya pilihlah cara mengolah telur dengan cara dikukus atau direbus, dengan begini tidak banyak minyak dan lemak yang menempel.

Air Putih

Konsumsi air putih tetap dianjurkan ya, jika biasanya kita minum 8 gelas sehari saat bulan puasa kita tidak bisa minum kecuali saat buka, sahur dan malam hari. Jadi pola minum air putih juga berubah yaitu 2-2-4. 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka puasa dan 4 gelas selama malam.

Jika banyak dari kita yang ingin es manis manis atau menyegarkan saat buka puasa dengan tujuan ingin tetap fit selama berpuasa. Hal ini mungkin harus anda hindari karena minuman yang terlalu manis, bersoda dan berkafein menyebabkan anda akan mudah kehausan sepanjang malam. Sebaiknya pilihlah air putih sebagai pilihan menu saat sahur.

Kurma

Kurma tidak akan lepas ya selam abulan ramadhan, rasa manis alami dan kandungan serat yang tinggi membuat kurma jadi santapan saat berbuka maupun saat sahur. Konsumsi kurma saat berbuka dipercaya dapat dengan cepat mengembalikan kesegaran tubuh. Sedangkan konsumsi kurma saat sahur dipercaya dapat membuat kita segar dan tahan lapar lebih lama.

Sup

Sup adalah salah satu sayur yang recomended di sajikan saat berbuka dan sahur. Kandungan protein dan serat dalam sup mampu mencukupi kebutuhan tubuh kita. Sedangkan rasa hangat yang ditimbulkan dapat menenangkan sistem pencernaan kita yang kososng setelah seharian berpuasa.

Nah itu tadi Makanan Sahur Yang Bisa Buat Tahan Lapar Lebih Lama yang bisa anda jadikan pilihan dan menu sahur hari ini.

 


Saran lainnya