Sering Sakit Kepala ? Kenali Gejala Dan Solusinya


Sering Sakit Kepala ? Kenali Gejala Dan Solusi Sakit Kepala

Apakah sering merasakan sakit kepala ? atau sakit kepala sebelah kanan? kalau iya, anda harus waspada sejak dini karena jika terus terjadi dan dibiarkan, akan memungkinkan timbulnya penyakit kronis. Ada baiknya segera periksakan ke dokter supaya tahu penyebab dan apa langkah selanjutnya.

Sakit kepala dapat disebabkan oleh banyak hal yang terkadang sulit untuk didiagnosis. Sakit kepala sebelah kanan misalnya, bisa saja itu gejala migrain kronis yang  membuat kepala sakit berdenyut dan terkadang timbul rasa mual.

Sakit kepala biasanya tidak memiliki jangka waktu tertentu ,ada yang bisa berlangsung selama satu jam, atau bisa selama beberapa hari serta bisa muncul secara tiba-tiba atayu perlahan-lahan. Sakit kepala bisa dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer itu disebut jika sakit kepala yang tidak ada kaitannya dengan penyakit lain. Sedangkan sakit kepala sekunder itu adalah sakit kepala yang diakibatkan oleh penyakit lain.

Apa Saja Gejala Yang Timbul Dari Sakit Kepala Yang Terjadi ?

Berikut beberapa jenis sakit kepala dan gejala yang timbul ;

1. Sakit kepala baru timbul tapi terus-menerus
Biasanya ini muncul secara mendadak dan menyebabkan sakit kepala yang menekan atau kepala terasa mengencang. Rasa sakitnya tidak terlalu parah dan biasanya terjadi selama tiga hari berturut-turut pada serangan pertama.

2. Sakit kepala berulang 
Penyebab utama sakit kepala ini biasanya karena penggunaan obat penghilang nyeri yang berlebihan. Awalnya hanya terasa pusing dan bahkan menimbulkan rasa mual, tapi jika terjadi terus menerus ada baiknya segera konsultasi ke dokter dan hindari juga penggunaan obat nyeri yang berlebihan.

3. Sakit kepala karena usia lanjut
Ini biasanya dialami oleh pasien yang berusia diatas 60 tahun, yang dipicu oleh tekanan bola mata yang meningkat (glaukoma), baru sembuh dari infeksi herpes, dan bisa juga terjadi dengan alasan psikologis.

4. Sakit kepala tegang kronis
Jenis penyakit kepala ini ditandai dengan gejala yang menekan pada dua sisi kepala, Sakit kepala tegang kronis ini dapat terjadi tanpa pemicu aktivitas fisik. Rata-rata yang mengalami sakit kepala ini ada peningkatan senstitivitas dikepalanya ketika disentuh.

5. Migrain kronis
Sakit kepala ini biasanya terjadi kepada seseorang yang pernah mengalami migrain sebelumnya. Gejala yang timbul yaitu berupa sakit kepala pada satu atau dua sisi kepala, sensasi berdenyut, dan bahkan dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

6. Sakit kepala akibat peningkatan tekanan intrakranial
Biasanya dipicu oleh tumor otak, kista atau volume cairan otak yang meningkat sehingga tekanan di kepala meningkat. Gejalanya yang timbul yaitu sakit kepala yang muncul secara tiba-tiba, parah serta diiringi gejala gangguan saraf lain seperti muntah, kejang-kejang dan gangguan penglihatan. Namun sering kali diawali dengan sakit kepala konstan selama beberapa waktu pada saat tekanan di dalam rongga kepala meningkat secara bertahap sebelum akhirnya menimbulkan gejala-gejala di atas.

Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Ada beberapa cara untuk mengatasi sakit kepala, antara lain ;

  • Hangatkan bagian leher, bisa dengan cara kompres pakai air hangat
  • Minum obat pereda rasa sakit kepala
  • Istrahat cukup, penderita sakit kepala sangat peka terhadap cahaya, oleh karena itu dianjurkan untuk beristirahat ditempat gelap dan tenang, jauhi sumber-sumber keramaian dan usahakan untuk tidur.
  • Untuk membantu penyempitan pembuluh darah, kompres dengan air dingin (air es).

Apakah Sakit Kepala Bisa Dicegah ?

Sakit kepala bisa dicegah dengan cara-cara seperti berikut ;

  1. Jangan terlalu lama duduk atau berdiri
  2. Hindari terlalu lama paparan sama sinar matahari
  3. Konsumsi makanan yang mengandung bubur gandum,kacang-kacangan,jahe.
  4. Hindari benda yang menimbulkan bau cukup tajam seperti parfum, asap rokok, bahan bakar minyak.
  5. Ciptakan lingkungan yang bersih.
  6. Mengatur waktu tidur dengan baik.

Itulah sekilas mengenai sakit kepala, lengkap dengan solusi dan cara mencegahnya,semoga bermanfaat.


Saran lainnya