Orang Indonesia Wajib Tahu, 8 Jenis Kopi Indonesia Yang Terkenal di Mancanegara


Jenis kopi – Kopi bukan lagi minuman penghilang kantuk atau sekedar minuman wajib di pagi hari saja, karena sesuai dengan perkembangan minum kopi sudah menjadi budaya di sebagian masyarakat.

Ngopi bukan lagi kegiatan menyruput secangkir kopi saja karena ngopi bisa jadi kegiatan mencari inspirasi dan kegiatan relaxasi.

Dan Indonesia adalah produsen terbesar kopi di dunia bahkan kopi termahal di dunia yaitu kopi luwak berasal dari Indonesia.

Buat anda yang mengaku pecinta kopi tidak afdol jika belum mengenal jenis – jenis kopi terlebih lagi kopi dari Indonesia.

8 Jenis Kopi Indonesia Yang Terkenal di Mancanegara

jenis kopi
jenis kopi

Kopi Gayo

Pada dasarnya tanaman kopi dari sabang sampai merauke sama namun yang membedakan adalah tanah tempatnya tumbuh, tanah atau media tempat tumbuh sangat berpengaruh pada rasa begitu juga dengan proses pembuatan.

Kopi Gayo sendiri adalah kopi arabika yang sudah cukup terkenal di kalangan pecinta kopi, kopi ini banyak tumbuh di Aceh tepatnya di Dataran Tinggi Gayo.

Bahkan untuk menghargai nikmatnya kopi arabika yang satu ini dunia menganugerahi Fair Trade Certifiedā„¢ pada kopi Gayo.

Kopi Toraja

Kopi Toraja beasal dari Sulawesi Selatan tepatnya di pegunungan Toraja, kopi Toraja menjadi kopi favorit bagi pecita kopi khususnya mancanegara karena rasa pahityang ditinggalkan.

Ada 2 jenis Kopi Toraja yang dihasilkan Tanah Toraja yaitu arabica dan robusta dan masing – masing memiliki tingkat keasaman yang tinggi dengan rasa aroma khas unsur tanah Toraja.

Kopi Kintamani

Kopi Kintamani berasal dari Bali, sistem tanam kopi yang dengan cara tumpang sari di wilayah Bali mampu memberikan citarasa kopi yang bercampur dengan rasa dan aroma segar buah – buahan.

Bagi anda yang ingin mencoba rasa baru dari kopi bisa mencoba Kopi Kintamani dari Bali yang strong namun tetap segar.

Kopi Flores

Selain menawarkan pemandangan yang indah, ternyata Flores juga memiliki jenis kopi yang patut dicoba bagi pecinta kopi yaitu Kopi Flores.

Ditanam di pegunungan dengan abu vulkanik sebagai penyubur membuat kopi yang satu ini memiliki cita rasa yang khas strong kopi dengan rasa buah segar dan diakhiri dengan sedikit aroma tembakau pada kopi dijamin akan menghangatkan pagi anda yang dingin.

Kopi Jawa

Setelah kedatangan Belanda di jaman penjajahan, pulau jawa banyak dijadikan ladang rempah – rempah oleh pemerintah Belanda termasuk ladang kopi.

Pulau jawa sendiri salah satu pulau besar di Indonesia sehingga ada banyak jenis kopi jawa yang beredar di masyarakat namun kopi jawa yang paling terkenal adalah kopi jawa arabica yang du tanam di Pegunungan Ijen Jawa Timur.

Kopi Lanang

Lanang dalam bahasa Indonesia berarti laki – laki, kopi lanang memiliki bentuk yang berbeda dibandingan dengan kopi lainnya karena kopi lanang berbentuk bulat, tunggal dan tidak memiliki belahan seperti kopi pada umumnya.

Selain untuk santap[an sehari – hari, kopi lanang juga dipercaya berkhasiat menambah vitalitas bagi kaum pria sehingga tidak heran jika harga kopi lanang lebih mahal dibandingkan dengan kopi pada umumnya.

Kopi Luwak

Untuk jenis kopi yang satu ini pasti pecinta kopi sudah hafal dengan kopi yang satu ini, selain nikmat kopi luwak memiliki cara unikĀ  dalam proses terciptanya.

Kopi yang dimakan oleh luwak akan mengalami proses fregmentasi di dalam perut luwak dan akan dikeluarkan melalui kotoran atau fases.

Meskipun sebagian orang menganggap kopi ini menjijikan karena bercampur dengan fases luwak, tapi cita rasa yang dihasilkan dari proses fregmentasi tersebut mampu membuat nama kopi yang satu ini melambung hingga mancanegara dan termasuk ke dalam kopi termahal di dunia.

Kopi Wamena

Tanah Papua atau Wamena memang masih memiliki kesuburan yang alami dan asli, sehingga tidak heran jika kopi yang dihasilkan memiliki cita rasa yang ringan, segar dan tidak terlalu masam.

Karena tanah yang ditanami masih alami sehingga untuk pupuk yang digunakan juga organik, kopi wamena bisa dijadikan pilihan untuk menemani bersantai anda meskipun anda harus merogoh kocek besar untuk menikmatinya karena proses pendistribusiannya yang cukup sulit dan memakan biaya.

Nah itu tadi 8 jenis Kopi Indonesia Yang Terkenal di Mancanegara yang wajib anda coba.


Saran lainnya