Musim Hujan Mulai Datang, Mau Coba Vaksin Influenza Nggak ?


Setelah kemarau berkepanjangan yang panas dan menyengat, datangnya musim penghujan menjadi penawar akan panas yang dihasilkan saat kemarau.

Namun yang menjengkelkan saat hujan tersebut mulai tak terkendali dimana debit air hujan semakin deras dan datang tidak disaat yang tepat seperti saat pagi menjelang berangkat kerja, saat beaktifitas di luar atau saat pulang kerja.

Sehingga membuat kita kadang basah kuyup selama perjalanan dan terkadang menyebabkan kepala pusing dan flu bagi beberapa orang terlebih lagi yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah.

Bahkan bagi beberapa orang bisa terserang flu parah selama musim penghujan, sering kali kitav mengkonsumsi suplemen atau vitamin untuk menghindari sakit saat ,usim penghujan.

Namun tahukan anda jika ada cara lebih ampuh untuk melawan virus – virus seperti virus influenza di musim penghujan yaitu dengan cara melakuakan vaksin influenza.

vaksin influenza
vaksin influenza

Vasksin Influenza

vaksin influenza adalah vaksin yang melindungi tubuh dari penyebaran virus influenza yang bisa anda minta pada dokter untuk mencegah virus flu yang bertebaran selama musim penghujan.

Meski terdengar aneh, namun beberapa orang yang peduli pada kesehatan banyak yang menggunakan cara ini agar terhindar dari penyakit flu. Selain praktis vaksin influenza, jauh lebih efektif dari pada mengkonsumsi suplemen.

Tapi meskipun telah melakukan vaksin anda juga harus tetap menjaga kesehatan tubuh anda sendiri karena vaksin bisa menjadi senjata ampuh untuk memerangi virus flu namun bagi beberapa orang bisa jadi tidak berpengaruh pada tubuh dan tetap mengalami flu.

Meski tidak berpengaruh pada tubuh beberapa orang, vaksin tersebut tetap bekerja dan memberikan efek flu yang tidak terlalu parah.

Tips Sebelum Melakukan Vaksin Influenza

Namun sebelum melakukan vaksin influenza ada baiknya anda membaca tips – tips berikut ini untuk keamanan.

Kenali Diri

Sebelum melakukan vaksin ada baiknya anda melihat atau mengenali diri anda sendiri terlebih dahulu apakah membutuhkan vaksin influenza atau tidak.

Jika anda merasa daya tahan tubuh anda kuat dan jarang mengalami flu saat musim penghujan ada baiknya tidak usah, namun jika anda sering terserang flu berat saat musim penghujan ada baiknya anda mencoba vaksin influenza.

Dokter Profesional

Jangan asal – asalan dalam memilih dokter ada baiknya pilihlah dokter atau tempat berobat yang jelas dan cocok dengan anda, atau lebih baik dokter langganan.

Karena dokter yang sering menangani kita lebih tahu tentang kesehatan tubuh kita dan jangan lupa konsultasikan keinginan anda terlebih dahulu jika dokter merasa tidak perlu sebaiknya anda urungkan niat tersebut.

Bahaya Tanpa Pengawasan

Bagi anda yang normal, suntik vaksin bisa menjadi pilihan tepat untuk memperkuat daya tahan tubuh anda saat musim penghujan namun anda juga harus berkonsultasi terlebih dahulu jika anda memiliki gangguan kesehatan seperti berikut ini :

  • Memiliki alergi telur, ayam dan zat vaksinasi.
  • Memiliki riwayat efek reaksi setelah melakukan vaksinasi sebelumnya.
  • Seseorang yang sedang sakit atau demam ( biasanya dokter tidak menganjurkan karena berbahaya ).

Efektivitas Vaksin influenza

Vaksin Influenza aktif di dalam tubuh 6 – 1 tahun tergantung tubuh masing – masing orang, sehingga jika anda ingin melakukan vaksin rutin ada baiknya dilakukan 6 bulan sekali atau 1 tahun 2X.

Namun ada baiknya jika anda melakukan vaksin influenza sesuai dengan kebutuhan tubuh anda.

Cara Vaksin Influenza

vaksin influenza ada baiknya dilakukan 2 bulan sebelum musimpenghujan sebagai vaksinasi dini, namun bagi anda yang terlambat tidak apa – apa melakukan vaksinasi karena vaksin influenza hanya membutuhkan waktu 2 minggu untuk berkembang menjadi anti bodi tubuh yang melindungi dari virus influenza.

Nah itu tadi sekilas mengenai vaksin influenza, namun bagi anda yang tidak ingin melakukan vaksin influenza anda bisa melakukan pencegahan diri sendiri melalui pla hidup sehat seperti berikut ini :

  • Mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih setelah selesai melakukan aktivitas.
  • Hindari keluar di keramaian saat virus flu sedang menyebar.
  • Hindari menyentuh hidung, mata dan mulut orang lain.
  • Melakukan gaya hidup sehat, makan makanan sehat, dan perbanyak konsumsi buah dan sayur.
  • Gunakan masker saat flu untuk menghindari penyebaran virus.


Saran lainnya