Generasi pecinta Micin Wajib Tahu, Fakta Micin Bagi Kesehatan


Micin yang sudah menjadi bahan penyedap masakan dan wajib ada di dapur akhir – akhir ini  mulai dipertanyakan oleh kalangan masyarakat dampaknya bagi kesehatan.

Banyak rumor – rumor negatif di masyarakat yang membuat pengguna micin atau MSG ( Monosodium Glutamat ) menjadi khawatir bahkan saking terkenalnya efek negatif micin di masyarakat banyak hal – hal yang tidak masuk akal yang dikait – kaitkan dengan micin.

Seperti generasi milenial, genarasi milenial yang melek teknologi memang memiliki efek positif dan negatif, positifnya banyak anak muda yang berpikiran luas, lebih imaginatif dan juga kreatif. Sedangkan sebagian generasi yang tidak bisa memanfaatkan teknologi cenderung melakukan tindakan – tindakan menyimpang sehingga masyarakat menyebutnya generasi Pecinta Micin.

Bukah hanya itu banyak mitos yang beredar penggunaan micin atau MSG di dalam makanan yang terlalu banyak bisa menyebabkan bodoh pada anak.

Percayakah kalian ?

Nah untuk menjelaskan efek micin berikut fispol.com merangkum informasi Fakta Micin Bagi Kesehatan yang dikutip dari viva helth.

micin
micin

Terbuat Dari Apakah Micin ?

Micin atau MSG ( Monosodium Glutamat ) adalah garam dari asam glutamat yang merupakan salah satu bentuk asam amino.

Glutamat sendiri adalah asam amino non – esential dimana tubuh kita sendiri mampu memproduksinya.

Meskipun tidak menggunakan micin atau MSG anda tetap bisa memasak enak dengan menggantinya dengan bahan makanan yang mengandung asam amino seperti tomat dan keju.

Sedangkan micin atau MSG yang beredar di pasaran biasanya berasal dari tetes tebu dan singkong yang difregmentasi dengan mikroba tertentu dan akhirnya membentuk asam glutamat yang di proses menjadi kristalan – kristalan.

Bahayakah Micin Bagi Tubuh ?

Banyak orang mengatakan jika menggunakan micin dapat menyebabkan kegemukan, sakit kepala, migran, alergi dan lain – lain.

Namun faktanya semua akibat diatas tidak di rasakan oleh pengguna micin, banyak masyarakat yang semkin lahap menyantap makanan karena makanan yang diberi micin terasa lebih sedap dan gurih.

Dan mungkin micin dapat membuat sesoorang gemuk bukan karena kandingan micicn yang ada di dalamnya namun karena terlalu lahap menyantap makanan yang telah di beri micin.

Sejauh ini belum ada efek buruk yang ditimbulkan karena penggunaan micin terlebih jika anda menggunakan micin dengan kualitas baik dan dari produsen terpercaya.

Bahaya Jika Berlebihan

Penggunaan apapun yang berlebihan pasti tidak baik untuk tubuh, bukan hanya micin, obat – obatan, kosmetik dan lain – lain jika kita menggunakannya dalam jangka panjang atau dosis berlebih akan mengakibatkan efek samping.

Micin sendiri bisa menyebabkan alergi, bagi anda yang merasakan alergi setelah menyantap makanan bermicin bisa menghentikan penggunaan micin. Sedangak untuk anda yang menggunakan micin, gunakanlah sewajarnya sesuai kebutuhan.

Efek Samping Over Dosis Micin

Berikut efek samping atau tanda – tanda yang akan anda rasakan jika mengalami over dosis penggunaan micin.

  • Sakit Kepala
  • Keringat Berlebihan
  • Sesak nafas.
  • Detak jantung kencang.
  • Mual
  • Nyeri pada dada..
  • Lemas

Jika anda merasakan hal – hal seperti di atas, anda bisa menghentikan penggunaan micin, minum air putih yang banyak dan segera konsultasikan ke dokter terdekat.

Mitos Salah Tentang Micin

  • Micin Penyebab Alergi

Banyak masyarakat yang mempercayai hal ini namun berdasarkan penelitian dari American College of Allergy, Asthma, and Immunology, micin bukanlah penyebab alergi.

  • Dapat Merusak Otak

Faktanya micin atau MSG bukanlah bahan makanan yang merusak otak, bagaimana jika terlalu banyak menggunakan micin ?

Meskipun menyedapkan makanan, namun penggunaan micin dalam jumlah banyak pada makanan justru membuat makanan tersebut tidak enak.

  • Micin menyebabkan sakit kepala atau migran

Belum ditemukan penelitian yang mengatakan bahwa penggunaan micin dapat menyebkan sakit kepala atau migran, sakit kepala atau pusing setelah mengkonsumsi micin biasanya hanya dirasakan masyarakat yang mengkonsumsi dalam jumlah banyak jadi bagi anda yang merasakan hal tersebut kurangi dosis penggunaan micin pada makanan anda.

  • Micin menyebabkan obesitas

Meski berasal dari tetes tebu, micin tidak memiliki kandungan gula yang  banyak sehingga micicn tidak menyebabkan kegemukan.

Nah itu tadi Fakta Micin Bagi Kesehatan yang wajib anda ketahui terlebih bagi kaum milenial yang digadang – gadang menjadi generasi pecinta micin.

 


Saran lainnya