Prosedur Dan Tips Mendaki Untuk Pendaki Pemula


Sebentar lagi musim pendakian akan ramai di Gunung Semeru, kebanyakan para pendaki senior atau pendaki pemula tidak ingin ketinggalan momen mengibarkan bendera di Gunung Semeru, jika anda adalah pendaki pemula, anda harus mempersiapkan diri sebelum mendaki gunung semeru, akhir-akhir ini memang peraturan bagi para pendaki lebih diperketat lagi demi kemanan para pendaki sendiri.

Ada beberapa peraturan pendaftaran yang harus dipatuhi oleh para pendaki yang sudah tertulis di situs https://booking.bromotenggersemeru.org/, situs ini adalah situs yang digunakan untuk mendaftar online sebelum pendaki berangkat ke Gunung Semeru, peraturan pendaftaran pendakian Gunung Semeru adalah sebagai berikut;

  • – Pembayaran dilakukan dengan transfer tunai, cantumkan kode booking dan nama ketua, contoh: WAYAN / E244A9.
  • – Pendaftaran paling lambat satu minggu sebelum melakukan pendakian.
  • – Pembayaran dan pengisian link konfirmasi paling lambat 3 (tiga) hari sebelum pendakian.
  • – Segera melakukan LINK KONFIRMASI pembayaran setelah melakukan transfer pembayaran.

Peraturan pendakian merupakan rambu-rambu yang harus diikuti oleh pengunjung saat berada di dalam kawasan TNBTS meliputi Larangan dan Sanksi yang dikenakan bila melanggar peraturan pendakian.

Jam Pelayanan Konfirmasi:
Pukul: 07.30 WIB – 15.30 WIB

 

Sedangkan alur pendaftaran online pendakian gunung semeru tertera pada gambar berikut :

pendaki pemula
pendaki pemula

Setelah anda berhasil melakukan booking online, ada beberapa hal lain yang perlu dan wajib dipersiapkan sebelum melakukan pendakian, yaitu;

  1. Anda harus dalam keadaan sehat

Mendaki gunung bukanlah perjalanan yang mudah, dibutuhkan stamina yang kuat, tentu saja menurut dokter, artinya anda harus periksa kesehatan terlebih dahulu lalu membuat surat keterangan sehat dari dokter.

Jangan sekali-kali membuat surat keterangan sehat palsu, karena di pos Ranu Pani akan benar-benar dicek keaslian surat tersebut, jika terbukti surat keterangan sehat yang anda bawa adalah surat palsu, anda harus kembali turun, jangan rusak rencana anda hanya karena anda tidak mau periksa kesehatan anda.

  1. Bawalah perlengkapan mendaki yang sesuai

Banyak pendaki pemula yang naik gunung yang asal naik, pakai sepatu yang tidak sesuai, pakai tas yang tidak sesuai, pakai jaket yang tidak sesuai, peralatan naik gunung bukan peralatan pergi ke sekolah atau ke mall, track di gunung bukan hanya tanah tapi juga kadang berlumpur dan licin.

Kalau tidak hati-hati bisa menyebabkan terpereset di lereng dan bisa menyebabkan cidera engkel, sedangkan anda harus melanjutkan perjalanan, bagaimana anda akan menggapai tujuan jika anda cidera di perjalanan, be smart hiker.

  1. Packing barang bawaan anda dengan benar

Ini juga tidak kalah penting, packing barang bawaan dengan benar selalu ditekankan untuk mempermudah anda dalam perjalanan, misalnya menaruh logistik di atas sendiri, tujuannya adalah jika diperjalanan anda haus/lapar, anda bisaa dengan mudah mengeluarkan makanan/minuman tanpa harus membonngkar tas anda.

  1. Membawa logistik di tas masing-masing

Banyak pendaki-pendaki yang tidak mau membawa barang keperluannya sendiri, jika anda mendaki bersama teman dan anda menitipkan logistik anda kepada teman anda, itu adalah salah besar.

Di tengah-tengah perjalanan tidak selalu anda bisa berjalan bersama-sama dengan teman anda, kadang-kandang anda bisa berjalan lebih cepat atau sebaliknya, nah jika yang berjalan lebih cepat adalah teman anda dan teman anda sudah jauh meninggalkan anda di depan, sedangkan logistik anda berada di dalam tas teman anda.

jika anda haus/lapar maka anda akan kehabisan tenaga dan akan semakin sulit untuk mengejar teman anda di depan, jadi logistik wajib anda bawa sendiri.

Nah itu tadi prosedur dan tips menarik yang harus anda perhatikan sebagai pendaki pemula dan buat kalian yang ingin mendaki untuk merayakan kemerdekaan RI jangan lupa kunjungi gunung favorit pendaki untuk HUT RI.


Saran lainnya