Daftar Gunung Favorit Para Pendaki Untuk Merayakan HUT RI


Gunung favorit para pendaki – Bermacam-macam hobi mulai beragam jenisnya di zaman now, mulai dari kegiatan indoor hingga kegiatan outdoor. Ada banyak juga yang memiliki hobi yang memerlukan ketahanan tubuh yang kuat dan kesehatan yang prima untuk melakukannya seperti mendaki gunung.

Jaman sekarang ini mendaki gunung sudah menjadi trend anak-anak muda khususnya, di gunung-gunung akan dipenuhi pendaki-pendaki yang ingin menghabiskan waktu liburannya di gunung. Baik untuk sekedar menjalani hobi atau untuk kegiatan sosial.

Namun tujuan mendaki gunung selain ingin menghirup udara segar juga ada tujuan lain khususnya di bulan Agustus ini, yaitu mengibarkan bendera merah putih dan melakukan upacara kemerdekan Indonesia di puncak gunung, kegiatan ini sudah menjadi trend akhir-akhir ini, bahkan bukan hanya untuk pendaki tapi bagi masyarakat umum yang ingin merasakan sensasi mengibarkan bendera di gunung pada hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Ada kepuasan tersendiri bagi mereka yang bisa menggapai puncak gunung dan bisa mengabadikan momen ketika mengibarkan bendera di sana, bagaimana tidak, mendaki gunung tidaklah mudah, dibutuhkan kemauan yang sangat keras dan kekuatan fisik yang sangat kuat, karena mendaki gunung bukanlah jalan-jalan biasa seperti jalan-jalan di mall akan tetapi membutuhkan waktu yang relatif lama dan berjam-jam.

Dibutuhkan persiapan matang untuk mendaki gunung, jadi tidak serta merta hanya mempunyai keninginan kuat lalu anda bisa mendaki gunung tanpa hambatan, perlu dipersiapkan segalanya dengan matang jika ingin perjalannan anda nyaman, seperti mempersiapkan fisik dengan berolahraga sebelum melakukan pendakian.

Selain itu persiapan barang-barang keperluan pendakian seperti alat-alat outdoor juga wajib dibawa, seperti jaket gunung, sepatu gunung, dan juga logistic yang anda butuhkan selama berada di gunung.

Di bulan agustus terutama pada tanggal 17 agustus, gunung-guung di Indonesia selalu dipenuhi pendaki-pendaki yang merayakan hari kemerdekaan di gunung, bahkan gunung favorit seperti gunung Semeru yang berada di Jawa Timur pasti full booked meskipun baru memasuki bulan agustus, berikut adalah daftar gunung-gunung favorit para pendaki untuk mengibarkan bendera di hari kemerdekaan RI.

gunung favorit para pendaki
gunung favorit para pendaki

Daftar Gunung Favorit Para Pendaki

  1. Gunung Semeru

Berada di area Pegunungan Tengger dengan tinggi 3.676 mdpl, banyak orang yang melakukan upacara bendera di lereng gunung ini, yakni Kali Mati. Upacara bendera tak hanya diikuti oleh pendaki, tapi wisatawan lokal dan turis asing mengikutinya.

  1. Gunung Prau

Memiliki ketinggian 2.565 mdpl, gunung ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Apalagi di gunung ini terdapat padang savana yang dipenuhi bunga-bunga, upacara bendera jadi tambah cantik sambil menyaksikan sunrise yang menyinari gunung lain di sekitarnya.

  1. Gunung merbabu

Inilah gunung yang paling banyak didaki masyarakat saat 17 Agustus. Karena di sini, tak hanya bisa melakukan upacara bendera di puncak gunung tapi sekaligus melihat keindahan alam di sekitar gunung juga. Gunung Merbabu mempunyai tiga puncak utama, yaitu Puncak Trianggulasi, Kentengsongo, dan Puncak Syarif.

  1. Gunung papandayan

Gunung ini memiliki kawah aktif yang indah dan megah. Tak hanya itu, Gunung Papandayan juga memiliki Padang Edelweis yang luas dan masuk ke dalam daftar Padang Edelweis terbaik se-Indonesia. Tak heran bila Papandayan dijadikan lokasi favorit pendaki untuk melakukan pengibaran bendera.

  1. Gunung Rinjani

Adanya di Lombok dan merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. Gunung ini jadi favorit pendaki karena pemandangannya yang indah. Meski selalu terjadi angin kencang di puncak gunung pada bulan Agustus, tapi hal ini tak menyurutkan para pendaki untuk melakukan pengibaran bendera di sana. Semakin tinggi tantangannya, rasa nasionaliseme untuk mengibarkan bendera pun semakin kuat.

Nah itu tadi Gunung favorit para pendaki yang sering dijadikan tempat pengibaran bendera kemerdekaan Indonesia. Jika anda berencana merayakan pengibaran bendera di gunung ada baiknya mendaftar jauh – jauh hari ya. Selain itu jangan lupa mencari informasi keamanan gunung dan medan yang akan dilaui ya agar perjalanan lancar. Dan buat kalian penikmat wisata baru jangan lupa mengunjungi wisata sumber air maron, malang.


Saran lainnya