Berkarir di Bidang Seni Kuliner Ternyata Sangat Menjanjikan


Apa itu Seni Kuliner?

Istilah seni kuliner mengacu pada proses memasak dan mengatur makanan. Kuliner seni lebih dari sekedar memasak. Profesional di bidang ini tidak hanya menyiapkan makanan enak, mereka juga menciptakan karya seni yang dapat dimakan, sehingga lebih menarik dan berkelas. Pada umumnya makanan disiapkan dan diatur dengan hati-hati agar menimbulkan selera dan juga mengenyangkan mata.

Apa yang Dilakukan Praktisi Kuliner?

Profesional seni kuliner mungkin memiliki beberapa jalur yang berbeda, termasuk culinarian dan koki. Tapi bagaimanapun pada umumnya, para profesional ini biasanya disebut sebagai seniman kuliner. Individu yang aneh bisa menyamakan media artis kuliner dengan makanan, dan kanvasnya ke piring. Bagaimanapun, dalam keseriusan, hal ini biasanya tidak terlalu jauh dari kebenaran. Seorang seniman kuliner bertanggung jawab untuk menyiapkan makanan dan membuatnya terlihat tidak hanya bisa dimakan, tapi juga indah.

Seperti banyak seniman lainnya, para seniman kuliner sering memilih untuk mengambil spesialisasi di satu bidang. Beberapa profesional seni kuliner dapat memilih untuk mengkhususkan diri dalam menyiapkan makanan dari daerah tertentu, seperti makanan Italia atau makanan Jepang. Artis kuliner lainnya mungkin mengkhususkan diri pada jenis makanan tertentu, seperti makanan pembuka atau makanan panggang.

Bergantung pada tempat para seniman kuliner bekerja, mereka mungkin memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Seorang koki di restoran sering bertanggung jawab untuk merencanakan menu, misalnya. koki akan sering membuat resep dan hidangan asli serta mengikuti resep untuk hidangan klasik.

Koki biasanya diharapkan menyiapkan makanan juga. Persiapan makanan biasanya meliputi mendapatkan, mengukur, dan menimbang bahan serta memasak masakan. Persiapan piring biasanya melibatkan penggunaan sejumlah peralatan dapur yang berbeda, termasuk peralatan dan oven.

Orang yang melihat karir kuliner juga mungkin tertarik untuk mengawasi operasi sehari-hari restoran juga. Meskipun pengalaman dan pengetahuan tentang persiapan makanan seringkali diperlukan untuk jenis posisi ini. Manajer restoran biasanya lebih bertanggung jawab atas sisi bisnis sebuah restoran. Hal ini dapat mencakup tugas seperti penganggaran, layanan pelanggan, dan periklanan, bersamaan dengan perekrutan karyawan.

Baca Juga : Makanan Korea Yang Super Enak

Berapa Gaji Rata-rata untuk Seniman Kuliner?

Gaji rata-rata untuk para seniman kuliner biasanya bergantung pada bakat, pengalaman, dan lokasinya serta bidang keahlian dan tugas yang diharapkannya. Tentunya, orang yang berbakat dan berpengalaman dalam profesi ini biasanya mampu mendapatkan gaji yang lebih tinggi, misalnya. Perupa kuliner di wilayah metropolitan yang besar biasanya juga membayar upah yang lebih besar juga.

Gaji dan upah juga akan meningkat biasanya lebih tinggi bagi profesional kuliner dengan lebih banyak tugas dan tanggung jawab. Misalnya, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja , gaji tahunan rata-rata untuk koki sous, bahasa sehari-hari yang dikenal sebagai koki kepala, sekitar $ 38.770 atau setara dengan 516 juta rupiah. Sebagai perbandingan, jenis profesional persiapan makanan lainnya menghasilkan rata-rata $ 28.970 atau sekitar 385 juta rupiah selama tahun yang sama.

”Untuk memperbaiki keterampilan kuliner dan mendapatkan pengalaman, sebuah pendidikan formal sering direkomendasikan”

Apa Keterampilan dan Pendidikan yang Diperlukan untuk Karir Seni Kuliner?

Siapa pun yang tertarik dengan karir seni kuliner harus memiliki hasrat untuk memasak dan menata makanan pada umumnya. Koki yang aspiring juga harus memiliki kemampuan pengukuran dan kemampuan untuk mengikuti petunjuk dengan seksama.

Sementara keterampilan memasak dapat dipelajari tanpa jenis pendidikan formal, kebanyakan orang yang tertarik dengan karir seni kuliner biasanya memilih untuk memperbaiki keterampilan mereka di institut kuliner. Seorang siswa seni kuliner akan sering mengikuti sejumlah kelas memasak, bersama dengan kursus nutrisi, bahan alternatif, perencanaan makan, penulisan resep, dan sanitasi. Sekolah kuliner online tersedia juga.

Baca Juga : Resep Masakan Kari Ayam Kentang

Selain menyiapkan makanan, koki dan profesional seni kuliner lainnya, harus memastikan bahwa area persiapan makanan mereka tetap bersih dan disanitasi. Beberapa penyakit dapat ditularkan melalui penanganan makanan yang tidak tepat, pendidikan sanitasi dan penanganan makanan yang tepat juga penting untuk mengejar karir di bidang seni kuliner.

Apa yang bisa saya lakukan dengan gelar di bidang seni kuliner?

Gelar seni kuliner seringkali akan menghasilkan karir yang serba cepat dan menyenangkan. Mayoritas lulusan memulai karir seni kuliner mereka di tempat-tempat yang menyajikan makanan. Selain restoran, bisa juga mencakup hotel, kedai minuman, toko kue, dan perusahaan katering.

Beberapa seniman kuliner juga bisa membuka usaha sendiri. Sebagian besar perusahaan katering swasta, misalnya dimiliki dan dioperasikan oleh para profesional yang memegang gelar di bidang seni kuliner.


Saran lainnya