Makanan Korea Super Enak Yang Pas Untuk Buka Puasa


Beberapa tahun belakangan ingin budaya Korea semakin populer di berbagai kalangan di beberapa negara Asia, termasuk Indonesia. Hal ini dilatarbelakangi oleh tren musik K-Pop yang melanda sebagian besar masyarakat di beberapa negara tersebut. Merebaknya tren musik K-Pop ini juga mempengaruhi banyak hal, tak hanya ranah musik saja, termasuk kebudayaan.

Salah satu hal yang turut terekpos dari budaya korea adalah makanan khas dari negeri ginseng ini. Apa bila dibandingkan dengan masakan Jepang, masakan Korea memiliki lebih banyak bumbu untuk memperkaya cita rasa makanannya. Apabila kalian ingin mencoba sesuatu yang baru untuk buka puasa, tak ada salahnya mencoba masakan Korea berikut ini.

1. Kimbab

Masakan khas Korea – Kimbab

Makanan khas Korea yang satu ini memang sudah mulai banyak digemari di Indonesia. Bahan-bahan masakannya yang umum digunakan di Indonesia membuat Kimbab mendapat tempat di hati pecinta masakan Korea di tanah air. Bagi yang belum terlalu mengenal kimbab, sekilas makanan ini terlihat mirip dengan makanan khas negeri sakura Jepang yakni Sushi.

Namun, sebenarnya kedua masakan khas ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Shusi biasanya disajikan bersama cuka serta bumbu tambahan lainnya. Sedangkan kimbab bisa langsug dimakan meski tanpa cuka.

2. Bulddak

Makanan khas korea – Bulddak

Bulddak adalah masakan yang berbahan dasar ayam tanpa tulang yang dipanggang atau digoreng setelah dilumuri saus gochujang, khas dari Korea. Bulddak ini terkenal sebagai salah satu masakan khas Korea yang rasanya pedas. Jadi, kalau kamu atau ada anggota keluargamu yang senang makanan pedas, Bulddak bisa dijadikan menu buka puasanya.

3. Korean BBQ

Makanan khas korea – Korean BBQ

Masakan yang satu ini tak kalah difavoritkan dari masakan Korea lainnya, apalagi kalau bukan babequenya Korea. Rasanya yang enak serta memiliki cita rasa yang khas sangat pas untuk dijadikan menu buka puasa rame-rame. Lebih seru lagi kalau akan Korean BBQ sama teman-teman di luar ruangan, biar terasa kaya mini party gitu.

4. Kimchi

Makanan khas korea – Kimchi

Rasanya hampir mirip dengan asinan yang sering kita temui di Indonesia. Kimchi terbuat dari bahan sayuran yang ditambahkan cabai, garam serta bumbu lain yang diolah secara fermentasi untuk menghasilakan sita rasa istimewa.

Di Korea ada tradisi membuat Kimchi, sama halnya di Jepang. Biasanya Kimchi disajikan pada hari yang cerah ketika angin bertiup. Bagi anda yang suka makanan pedas, cobalah untuk menjadikan ini sebagai menu buka puasa di tengah kehangatan keluarga.

5. Banchan

Banchan

Bagi mayarakat Korea, bachan dijadikan sebagai makanan pendamping yang di dalamnya terdapat lauk pauk. Biasanya makanan ini dihidangkan menggunakan piring-piring kecil. Makanan yang disajikan dalam bachan pun bermacam-macam, mulai dari kimchi, namul, jorim, jeon dan lainnya.

Tak ada salahnya mencoba makanan khas Korea ini untuk dijadikan menu buka puasa anda dan keluarga. Di samping bentuknya yang unik dan bervariasi, makanan ini juga bisa menambah selera makan anggota keluarga anda.


Saran lainnya