Hilangkan Sifat Cemburumu Dengan 5 Cara Ini


Banyak orang memiliki persepsi bahwa cemburu adalah bukti kamu benar-benar mencintai seseorang. Secara sempit pemikiran itu sepintas bisa dikatakan benar. Namun apakah cinta yang sejati hanya didasarkan karena rasa cemburu saja? Tentu tidak. Cinta sejati adalah cinta yang tulus serta tumbuh atas dasar saling percaya satu sama lain.

Apa bila kita telaah, sebenarnya rasa cemburu berakar dari perasaan ego yang dominan ingin mengendalikan, mengatur sepenuhnya kehidupan pasangan. Kamu mengikatnya dengan aturan-aturan posesifmu yang sebenarnya timbul karena rasa takut akan kehilangannya.

Semakin kamu takut kehilangan dia kamu akan semakin berusaha memaksanya untuk menuruti kehendakmu. Dengan demikian dia akan semakin terpaksa juga untuk tetap setia bersamamu. Padahal sebuah hubungan harusnya dilandasi dengan tanggung jawab serta kepercayaan yang timbul akibat kesadaran dari kedua pihak. Tidak karena ada paksaan dari satu pihak lainnya. Karena sesuatu yang dilakukan dengan terpaksa, kesadaran yang hakiki. Tentunya kamu tidak ingin pasangan kamu mencintai kamu hanya karena terpaksa. Lakukan hal-hal ini bila kamu ingin menghilangkan rasa cemburu berlebih terhadap pasanganmu.

1. Percayailah pasanganmu

Kepercayaan merupakan kunci dari semua hubungan. Bersikap terbukalah terhadap pasanganmu, berikan dia kepercayaan. Yakinlah bahwa dia yang terbaik untukmu dan yakinkan dia bahawa kamu tulus mencintainya. Apa bila kamu sudah percaya kepadanya, tentu kamu tidak akan merasa curiga lagi terhadapnya.

Begitu pula sebaliknya, dia telah percaya bahwa kamu tulus mencintainya maka jagalah kepercayaannya itu. Dan dengan sendirinya dia akan sadar dan dengan tulus mempertahankan cintanya kepadamu.

2. Ingat, baginya kamu yang terbaik untuknya

Sebelum kalian memutuskan untuk memulai sebuah hubungan, pastinya dia memilih atau menerima kamu sebagai pasangannya karena dia tau kamulah yang terbaik baginya. Sangat kecil kemungkinannya dia akan menghianati orang yang telah dia pilih sendiri dan dia anggap yang terbaik. Jadi, buat apa kamu curiga terhadapnya. Toh dalam hatinya hanya kamu yang terbaik dari semuanya.

3. Apa bila dia cinta, dia tak akan meninggalkanmu

Cinta yang sejati adalah perasaan yang muncul dari hati yang tulus disertai kesadaran untuk saling mengikatkan diri pada satu sama lain tanpa paksaan. Apa bila dia memang benar-benar mencintaimu tentunya dia tak akan pernah meninggalkanmu.

Apa bila kamu sudah memeberikan kepercayaan terhadapnya, tapi kemudian dia malah menghianati dirimu, lepaskan saja. Itu tandanya dia tak pantas untukmu. Jangan menyia-nyiakan harapanmu terhadap orang yang tidak bisa kamu percaya.

4. Buat dirimu bahagia

Semua yang ada pada dirimu adalah kelebihanmu, belajar lah mencintai seluruh bagian hidupmu. Syukuri segala hal, apapun yang terjadi, dengan begitu kamu bisa menciptakan bahagiamu sendiri.

Kamu akan memiliki daya tarik tersendiri apa bila kamu sudah memiliki bahagiamu snediri, dan kamu akan dijadikan sebagai sumber kebahagiaan untuk orang lain di sekelilingmu termasuk pasanganmu. Dengan begitu yang bisa dia lakukan adalah memitamu untuk menjadi bahagianya, dan menggantungkan kebahagiaannya kepadamu. Sehingga dengan sendirinya dia akan takut kehilanganmu, sumber kebahagiaanya.

5. Sadari, tidak cemburu bukan berarti tidak cinta

Meskipun kamu tidak cemburu kepadanya, pastikan bahwa dia selalu mendapat perhatian darimu. Perlihatkan bahwa kamu peduli dan percaya penuh padanya. Yakinkan dia bahwa kamu hanya memberi ruang bebas baginya untuk mencintaimu dengan menjadi dirinya sendiri tanpa paksaan darimu.

Jangan membuatnya merasa kamu tidak lagi peduli padanya, tetap berikan perhatian yang cukup untuk pasanganmu. Dan yakinlah dia juga akan melakukan hal yang sama atas kesadarannya sendiri. Karena dia memang benar-benar mencintaimu dan menjaga kepercayaanmu sepenuhnya.


Saran lainnya