Tips Mengisi Waktu Luang Saat Menganggur


Mengisi Waktu Luang– Setelah lulus kuliah atau SMA bingung mau kerja dimana dan menentukan pekerjaan yang cocok bagi anda.

Sebagian besar pelajar tidak akan mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari sekolah atau universitas, kebanyakan dari mereka akan menganggur entah karena belum menemukan pekerjaan atau tidak ingin  bekerja dulu.

Mungkin di awal semuanya akan baik – baik saja anda berada di zona nyaman karena tidak bekerja, namun lama – kelamaan anda akan merasakan jenuh, bosan bahkan mendapatkan deakan untuk beberja.

Nah buat anda yang belum bekerja berikut kegiatan mengisi waktu luang yang bisa anda lakukan sebelum mendapatkan pekerjaan.

Kegiatan Mengisi Waktu Luang

Rencanakan Hidup

Waktu – waktu seperti di atas bisa anda manfaatkan untuk menentukan pilihan dalam hidup, sebelum bekerja anda bisa leluasa merencanakan hidup anda apapkah anda ingin sekolah lagi, bekerja atau ,menjadi wirausahawan ?.

Dengan menggunakan waktu luang anda untuk memilih jalan hidup maka waktu tersebut tidaklah terbuang sia – sia dan hidup anda lebih terarah, jangan paksakan hidup anda pada suatu hal jika anda tidak menyukainya.

Mengisi Waktu Luang Dengan Bekerja Online

mengisi waktu luang
mengisi waktu luang

Tren belanja online memang sedang marak dan berkembang pesat di negeri ini, namun bukan hanya belanja online tapi bekerja online juga sedang menjadi tren belakangan ini.

Terbukti dengan banyaknya freelancers dan juga situsnya yang bermunculanan yang memudahkan para pencari kerja freelancer dalam memghasilkan uang.

Pekerjaan yang bisa anda kerjakan secara online antara lain menjadi penulis artikel, penulis blog, membangun chanel youtube sendiri, jualan online dan lain – lain.

Mengisi Waktu Untuk Istirahat

meskipun menjadi pengangguran sangatlah memalukan karena masih tergantung pada orang lain namun bisa jadi pengangguran adalah cara terbaik dari Tuhan untuk berhenti sejenak dalam bekerja atau rutinitas sehingga anda bisa mengembalikan kesehatan anda.

Jangan terus mengeluh karena Tuhan selalu memberikan apa yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan.

Mengisi Waktu Luang Dengan Ibadah

Banyak dari kita yang sering lupa beribadah saat bekerja atau saat sibuk, nah untuk menghindari prasangka buruk anda ada baiknya anda beribadah.

Beribadah di waktu longgar seperti ini akan meningkatkan ke khusyukan kita karena anda tidak di kejar – kejar oleh waktu, dengan begitu anda bisa merasakan quality time bersama Tuhan.

Karena  mungkin saja kalian tidak akan memiliki waktu untuk bisa leluasa beribadah karena tuntutan pekerjaan

Mencari Pekerjaan

Buat anda yang sudah benar – benar bosan dan memebutuhkan pekerjaan anda bisa mulai mencari pekerjaan baik dengan cara menyebar lamaran pekerjaan manual atau melalui online.

Di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini ada banyak lowongan pekerjaan yang  bisa kita akses dengan mudah baik melalui situs web, apilikasi lowongan kerja, sosial media seperti facebook, instagram, twitter dan lain – lain.

Dengan adanya kemudahan ini anda bisa melamar pekerjaan walau sedang santai di rumah.

Jaga Koneksi Dan Relasi

mengisi waktu luang
mengisi waktu luang

Di dunia kerja relasi dan koneksi adalah hal yang penting, anda bisa menggunakan waktu nganggur anda dengan menjalin silaturahmi dengan teman – teman, selain hubungan anda bisa lebih berkualitas anda juga bisa saling berbagi dan mendapatkan informasi mengenai pekerjaan.

Banyak orang mendapatkan pekerjaan bukan dari mencari lowongan kerja namun rekomendasi dari relasi.

Think Posistif

Dari kegiatan di atas hal yang paling penting adalah berpikir positif dan menjadi pribadi yang positif, dengan berpikiran positif pada semua hal maka hidup anda akan jauh lebih baik, anda bisa menikmati hidup tanpa ragu atau cemas pada apapun.

Sering kali menjadi pengangguran menjadi bahan perbincangan masyarakat terlebih lagi jika pendidikan tinggi, akan ada banyak tekanan yang akan anda hadapi baik dari orang ua sendiri, pacar, teman dan lain – lain.

Namun jangan pernah pesimis dan ngerasa down ya, karena kalian hanya perlu waktu yang tepat dan juga usaha yang lebih untuk mendapatkan pekerjaan. Jnagan sampai kalian kalah dengan keadaan, keep fighting…

Nah itu tadi tips mengisi waktu luang saat menganggur ya g bisa nafa lakukan di rumah.

 


Saran lainnya