Fungsi Penting Organisasi Bagi Mahasiswa


Mungkin sebagian dari kita sudah mengenal yang disebut organisasi. Dimana didalam sebuah organisasi kita bisa berekspresi untuk menyampaikan pendapat, demi untuk mencapai suatu tujuan bersama di dalam organisasi.

Organisasi merupakan sekumpulan orang yang terdiri atas dua orang atau lebih dalam suatu wadah yang mempunyai tujuan bersama. Suatu organisasi disebut utuh apabila didalamnya terdapat struktur organisasi yang tertata dan tidak bertolak belakang dengan tujuan organisasi.

Pentingya Organisasi
Pentingnya Organisasi

Sebagai seorang mahasiswa tentu sudah mengenal dan mempunyai suatu organisasi dimana disana kita berperan aktif untuk mencapai tujuan organisasi kita, tapi masih banyak juga teman-teman kita yang tidak sama sekali tertarik berorganisasi. Mungkin dia beranggapan, Ngapain ikut organisasi buang-buang waktu saja! Itu bagi mereka yang belum mengenal pentingnya Organisasi.

Trus, apa sih fungsi Organisasi Bagi Mahasiswa?

Wadah Belajar

Dikampus kita memang sudah mendapatkan ilmu yang sangat luar biasa dari dosen-dosen yang ada dikampus kita masing-masing. Tapi tahu kah kamu, kita tidak akan pernah berkembang kalau kita menjadi mahasiswa yang tidak berorganisasi, ibarat kita berlari ditempat dan tidak pernah mencapai tujuan yang kita inginkan bahasa kasarnya Mahasiswa kupu-kupu. Di dalam organisasi kita bisa belajar banyak, mungkin anda adalah seorang yang pendiam, dan dikucilkan teman-teman karena tidak bisa ngomong di depan umum. Nah, disini kita bisa berlatih secara bertahap untuk bisa mengucapkan suatu ide kita, jangan salah kebanyakan orang pendiam memiliki sejuta ide berlian yang tidak dimiliki orang banyak.

Belajar jadi Pemimpin

Pemimpin
Pemimpin

Menjadi seoarang pemimpin adalah keinginan semua orang, kalau kamu mempunyai suatu tekad atau keinginan menjadi seorang pemimpin di suatu hari nanti, Organisasi adalah solusinya. Disini kamu bisa belajar jadi seorang pemimpin, tapi tidak secara spontan kamu di angkat jadi seorang pemimpin. Kamu harus menunjukkan skill yang kamu miliki dan menekuni bidang tersebutdan terus belajar untuk mendapatkannya, jika kamu sudah memiliki hal itu orang juga akan menilai prestasi yang melekat pada diri kamu, dimana kamu bisa mempengaruhi mereka untuk melakukan suatu hal yang bisa membangun organisasi kamu. Dari situ bisa dinilai bahwa kamu memiliki sifat seorang pemimpin yang handal.

Belajar Menerima Pendapat Orang lain

Perbedaan pendapat pasti ada didalam sebuah organisasi, karena disini kita terdiri atas beberapa orang dan dengan kepribadiannya masing-masing. Percecokan, perbedaan pendapat, keras kepala, egois, dan tidak peduli pada pendapat orang lain wajar, karena kita memiliki sifat yang berbeda dan tingkat keegoisan yang berbeda pula. Nah, disini kita bisa belajar menerima dan mengalah menerima pendapat orang lain.

Belajar Bersosialisasi

Sosialisasi sangatlah perlu, dengan cara melakukan pendekatan-pendekatan ke orang lain untuk bersosialisasi, sebagaimana kita adalah makhluk sosial yang bergantung pada manusia lainnya dan saling membutuhkan. Di organisasi juga mengajari kita bagaimana cara bersosialisasi yang baik dan benar, bukan di ajari seperti matkul kampus disini kita diajari secara langsung kelingkungan masyarakat yang belum dikenal sama sekali untuk melakukan pendekatan karena tujuan organisasi, mau tidak mau kita harus melakukan itu. Jika yang sebelumnya kamu susah bersosialisasi, sekarang kamu bisa bersosialisasi dengan orang lain, dan kamu juga ada keuntungannya. Berkat organisasi kamu bisa mengenal orang lain dan teman atau sahabat pun bertambah.

Menjadi Sosok Panutan

Dengan sifat kedewasaan dan pemikiran kamu yang briliant menjadikan kamu seorang sosok panutan yang dikagumi oleh teman-teman kamu, karena atas apa yang kamu lakukan selama ini yang berguna untuk diri kamu sendiri dan orang lain. Orang bisa menilai mana orang yang mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang bisa dikatakatan mempunyai kelebihan dari orang lain dan yang tidak sama sekali, mulai dari penampilannya, sifatnya yang dewasa, menerima pendapat orang lain, tidak ada sifat ego yang lebih, dan lebih mementingkan tujuan umum daripada pribadinya. Itulah seorang yang berpendidikan dan tentunya mempunyai organisasi yang baik pula.

Untuk Masa Depan

Setelah kamu lepas dari bangku perkuliahan, sekarang kamu akan terjun kedunia yang nyata dengan karakteristik yang berbeda-beda. Tentunya setelah lulus kuliah kamu tidak hanya diam dirumah, mencari pekerjaan adalah pasti merupakan tujuan utamanya atau melanjutkan studi. Pada zaman sekarang dan keadaan dunia yang sangat kejam, sangatlah sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang kita inginkan, persaingan dan sifat angkuh manusia membuat kita menjadi semakin sulit untuk menjalaninya, tetapi dengan persiapan yang matang yang kita peroleh dari organisasi semuanya itu tidak ada apa-apanya. Kita bisa memilih lingkungan yang sesusai dengan kita dan beradaptasi dengan lingkungan tersebut, disini kita akan diuji bagaimana sosial kita, pengetahuan kita, rasa saling menghagai, dengan sifat yang demikian mustahil sebuah perusahaan menyia-nyiakan potensi kita tersbut.

Masih tidak mau berorganisasi?

Kata dosen saya, didalam hidup ini bukan hasil yang kita butuhkan tetapi “Prosesnya”, Salam organisasi.


Saran lainnya