Cara Menjadi Orang Sukses Terbukti Jitu


Setiap orang tentunya punya keinginan supaya hidupnya di dunia ini bisa merasakan kesuksesan serta kesejahteraan dan menikmati hidup yang bahagia. Lalu mulai mencari motivasi diri untuk sukses, tak jarang ada juga yang mengidolakan tokoh sukses untuk dijadikan role modelnya. Itu bagus, memiliki ambisi positif memang bisa dijadikan faktor pendukung mencapai kesuksesan.

Bisa saja dengan membaca buku-buku cara menjadi sukses, anda bisa mendapat ilmu tambahan yang “mungkin” berguna. Namun, kenapa ya masih ada yang tidak berhasil mencapai sukses meski sudah punya ambisi dan dan obsesi? Ingin kiat untuk menjadi sukses yang benar-benar ampuh?

Karena semua orang ingin menjadi sukses maka, kami yakin jawaban Anda pasti “Ya, saya ingin”. Lalu bagaimana kita memulainya? Di bawah ini kami akan mengupas kiat-kiat untuk menjadi sukses secara menarik untuk Anda, supaya Anda tidak kehilangan niat Anda menjadi orang sukses hanya karena tulisan yang tidak menarik dan membuat pembaca bosan.

Perbaiki pemahaman tentang arti Sukses

Salah satu bukti bahwa orang itu telah sukses adalah dia memiliki jabatan yang tinggi di perusahaan besar, atau memiliki harta kekayaan dalam jumlah besar. Tapi ingat, kekayaan atau jabatan hanya tanda kecil bahwa orang tersebut telah sukses, bukanlah arti sukses yang sebenarnya.

Cara Menjadi Orang Sukses

Lalu apa arti sukses yang sejati? menurut pemahaman kami berdasarkan kisah-kisah sukses nyata, sebenarnya arti sukses sangat sederhana. Sukses adalah “berhasil mewujudkan keinginan atau impian”. Keinginan disini bisa berupa cita-cita, target, hobi. Tidak hanya melulu pada harta kekayaan atau nilai ekonomisnya saja.

Ketika Anda memiliki cita-cita menjadi dokter misalnya, dan telah bekerja keras untuk mewujudkan cita-cita itu. Maka, Anda telah berhak dikatakan sebagai orang sukses.

Nah, ketika sukses ini sudah dicapai, barulah nilai-nilai ekonomis tadi bisa diwujudkan. Jadi, sukses adalah jembatan emas untuk mendapatkan harta kekayaan atau kesejahteraan.

Butuh apa saja untuk jadi orang sukses?

Sukses tidak datang dengan sendirinya kepada Anda. Yakinlah bahwa Anda sudah siap menjadi orang sukses. Bagaimana saya bisa tau saya sudah siap dan berhak sukses? Jawabannya sederhana, Anda anda sudah punya “modal sukses”. Anda butuh dua modal sukses.

Cara Menjadi Orang Sukses

Hardskill adalah kemampuan teknis Anda. Hardskill ini bisa didapatkan dari proses belajar atau pengalaman. Contoh konkretnya adalah, kemampuan Anda untuk mengerjakan tugas kantor.

Softskill yaitu kemampuan yang dilakukan dengan cara non teknis, artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya. Namun, softskill ini dapat dikatakan sebagai keterampilan personal dan inter personal. Contohnya, bagaimana Anda mampu bersosialisasi dengan tim kerja Anda.

Kedua hal ini memang sangat dibutuhkan untuk menjadi orang sukses, dan saling berpengaruh. Misalnya, Anda menemukan tugas yang tidak bisa dikerjakan sendiri maka Anda butuh orang lain untuk membantu Anda. Tentu sebelumnya Anda harus bisa membangun hubungan yang baik dengan teman tersebut, sehingga ia bersedia membantu. Disinilah Soft Skill tadi dimanfaatkan.

Yakinlah Anda Pasti Bisa Jadi Orang Sukses

Semua berawal dari keyakinan. Keyakinan Anda yang besar akan mendorong keinginan serta keberanian Anda untuk terus berusaha. Tetap optimis dan tanamkan mindset bahwa Anda pasti sukses.

Hadaplah sebuah cermin, dan tatap dengan serius mata Anda. Katakan pada diri Anda bahwa sukses adalah milik Anda.

Miliki Sasaran yang Jelas dan Realistis

Yang bisa menentukan kemana Anda menuju hanyalah diri sendiri. Setelah tau kemana Anda menuju barulah menentukan langkap yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Salah satu alasan mengapa orang yang meski punya ambisi menjadi orang sukses gagal yaitu karena tidak punya Visi dan Misi yang jelas.

Buat daftar target yang ingin Anda capai, cari tahu apa saja yang bisa membuat visi dan misi itu terwujud. Usahakan daftar tersebut bisa menggambarkan secara detail pencapaian Anda di masa depan seperti apa. Lalu jangan lupa pelajari seberapa besar kemampuan yang Anda miliki saat ini. Jangan membuat target yang melampaui kemampuan Anda, pelajari dan tingkatkan dulu kemampuan tersebut.

Segera Bertindak

Apabila sudah menyiapkan seluruh rencana apa yang harus dilakukan, lakukan lah secepatnya. Semakin lama Anda menunda untuk memulai semakin besar peluang Anda untuk menggagalkan Visi dan Misi sukses Anda.

Cara Menjadi Orang Sukses

Manfaatkan keyakinan Anda bahwa sukses Adalah milik Anda untuk menambah semangat. Semakin cepat Anda memulai maka semakin besar peluang Anda untuk menjadi orang sukses. Jangan sampai Anda didahului orang lain yang memiliki keinginan yang sama dengan Anda. Mulailah dari hal terkecil terlebih dahulu, terus tingkatkan kemampuan untuk mengerjakan target yang lebih besar.

Selalu Lakukan Evaluasi Pada Pekerjaan Anda

Pelajari hal-hal apa saja yang menjadi penghambat pada pencapaian Anda. Buatkan daftar untuk hambatan-hambatan tersebut. Pelajari mengapa hal-hal itu bisa terjadi, bagaimana pengaruhnya pada target Anda, lalu bagaimana cara mengatasi dan memperbaikinya.

Evaluasi ini sebaiknya dilakukan secara berkala, bisa harian, mingguan, dan bulanan. Cotohnya, Anda sebagai mahasiswa punya target Anda seharusnya mendapat 8 nilai A untuk semester kali ini. Namun hanya bisa mendapat 5 nilai A. Cari tahu kenapa hal itu bisa terjadi, apakah karena kualitas belajar Anda yang menurun.

Perbaiki Masalah yang Ditemukan

Setelah menemukan daftar apa saja yang menghambat pencapaian Anda, lakukan perbaikan terhadap masalah serta pengaruhnya. Anda juga bisa memperbaiki lagi daftar rencana kegiatan atau program kerja Anda. Jangan segan untuk meminta petunjuk dari orang punya pengalaman di bidang yang sama dengan target Anda itu.

Selalu memperbaiki masalah juga bisa meningkatkan Soft Skill Anda untuk terus merperbarui kualitas diri. Jangan jemu-jemu mencari solusi untuk kebaikan pencapaian target Anda untuk menjadi orang sukses. Percayalah dengan kerja keras dan memohon penyertaan Tuhan impian Anda untuk menjadi orang sukses pasti tercapai.

 


Saran lainnya