Indahnya Tali Persaudaraan Masyarakat Nias Bersama ORASATO


Membentuk komunitas adalah salah satu cara mempererat persaudaraan, tanpa melihat dari sisi perbedaan marga atau perbedaan lainnya. Dengan bergabung dalam satu komunitas tentunya ada perkumpulan yang bersifat kekeluargaan seperti mengadakan arisan, acara hiburan, dan lain-lain. Suatu komunitas biasanya didirikan oleh orang-orang yang sepaham, satu tujuan, dengan tujuan mempererat tali persaudaraan diantara para anggotanya.

Masyarakat Nias memang sangat identik dengan jiwa ”persaudaraan” apalagi di dalam perantauan. Ada banyak sekali komunitas masyarakat Nias yang dibentuk, sehingga menunjukkan betapa kuatnya nilai persaudaraan bagi masyarakat Nias. Salah satu Komunitas masyarakat Nias yang dibentuk adalah ORASATO (Orahua Moroi ba Sawö siso ba danö Rato) dan kebetulan saya adalah salah satu anggotanya.

Komunitas ORASATO dibentuk pada tahun 2016 yang lalu dan beranggotakan masyarakat Nias yang berada diperantauan khususnya yang berasal dari Sawö dan sekitarnya, Nias Utara. Dari hasil kerja tim Formatur dan dukungan dari semua pihak serta petunjuk dari Orang Tua / Sesepuh, maka pertemuan pada tanggal 17 Januari 2016 diundur dengan pertimbangan masih banyak saudara /keluarga yang masih berlibur di kampung halaman.

Maka pada tanggal 24 Januari 2016, diadakan pertemuan di rumah Bapak A. Fama Harefa di Perum. Benua Indah, Pabuaran, Tangerang dan sepakat bahwa Pertemuan akbar dan syukuran awal tahun akan dilaksanakan pada tanggal 06-07 Februari 2016 di puncak, Bogor.

Pada tanggal 31 Januari 2016 diadakan pertemuan di rumah Bapak A. Esther Telaumbanua di Perum. Bukit Kayu Manis, Tanah Sareal, Bogor, untuk mematangkan persiapan dan rangkaian kegiatan/acara tersebut.

Oleh pertolongan Tuhan, partisipasi dan semangat dari semua pihak serta arahan dari Orang Tua, akhirnya pada tanggal 06-07 Februari 2016 bertempat di Villa Mega Rosa, Cisarua-Bogor, terbentuklah wadah yang diberi nama: ORAHUA MOROI BA SAWÕ SISO BA DANÕ RATO dan disingkat ORA SATO.

Struktur Organisasi ORA SATO

Sebagaimana kita ketahui bahwa masyarakat Nias sangat mementingkan tali persaudaraan, oleh karena itu ORASATO memiliki visi yakni ”Da Talau Fa’ohe Tanga Ena’ö Teturia Ba Molachömi”, yang artinya ”Mari bergandeng tangan demi kemajuan bersama”.

Sejak bergabung dalam komunitas ORASATO, saya merasa memiliki banyak keluarga dan saudara. Untuk program-program lebih lanjut yang dilaksanakan di dalam ORASATO nanti akan saya share pada artikel selanjutnya.

Bagi teman-teman, atau saudara-saudari kami yang berasal dari Sawö dan sekitarnya dan belum bergabung dengan kami di dalam ORASATO, bisa mendapatkan informasi melalui grup facebook dengan nama grup ORA SATO, Atau bisa juga melalui grup WhatsApp dengan menghubungi nomor 0812 8433 1120 atas nama Samatema Telaumbanua selaku Sekretaris Umum ORASATO.


Saran lainnya