Daftar Masakan Korea Yang Wajib Di Coba Buat K-pop Lovers Part 1


Ingin ngehitz dengan mencoba masakan korea tapi bingung mau pilih yang mana saking banyaknya menu dan bahasa yang ngga kita ngerti ?

Nah berikut fispol.com bakalan merangkum masakan – masakan korea yang bisa jadi recomendasi buat kalian yang pengen ngerasain makanan korea.

Daftar Masakan Korea Yang Wajib Di Coba K-pop Lovers

masakan korea
masakan korea

Kimchi

Buat kalian yang baru pertama kali ke retoran korea, nggak ada salahnya kan mencoba makanan tradisional yang berasal dari negeri tirai bambu ini.

Kimchi adalah makanan yang berasal dari sayuran yang fergmentasi, biasanya berupa sawi, lobak, timun dan lain – lain yang dicampur dengan saus ikan, pasta udang, bawang putih, bawang bombay dan di simpan dalam waktu lama.

Makanan ini termasuk makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat korea namun bagi anda yang baru pertama makan kimchi jangan kaget ya karena kimchi memiliki rasa yang strong.

Kimbab

Kimbab bisa dibilang hampir mirip dengan sushi, berisi potongan sayuran, daging, telur dan ikan yang digulung dengan nasi dan rumput laut dan dipotong – potong untuk sekali makan.

Buat kalian yang ingin makan enak, kenyang tapi tidak mengenyangkan kimbab ini bisa jadi pilihan yang tepat buat mengisi perut.

Bibimbab

Bibimbab kalau di indonesia bisa dibilang nasi campur tapi nasi campurnya ala korea yaitu berisi nasi, sayur – sayuran seperti wortel, jamur dan lain – lain kemudian di atasnya di beri telur mentah.

Tenang buat kalian yang nggak suka telur mentahnya, telur yang ditaruh di bibimbab akan matang dengan perlahan karena penyajian makan ini di atas hot plate yang panas jadi kalian nggak bakalan makan telur mentah. Buat yang pengen makan kenyang menu ini cocok anda pilih untuk makan siang.

Bulgogi

Bulgogi adalah masakan korea yang terbuat dari potongan lembaran – lembaran daging tipis yang dipanggang atau ditumis di pan dengan racikan bumbu saus khusus.

Buat kalian pecinta korea pasti pernah lihat di drama korea dimana ada yang makan makanan berisi daging yang dibungkus dengan selada, ya itu namanya bulgogi.

Ramen / Ramyeon

Buat pecinta mie, nggak ada salahnya mencoba menu yang satu ini yaitu ramen atau ramyeon. Kalau ramen yang beredar di Indonesia adalah ramen khas je[ang tapi ramyeon ini berasal dari korea sehingga rasa dan penyajiannya ala korea.

Seperti rasa kuah yang pedas dari bubuk cabe dan kental ditambah dengan mie yang kenyang, kadang beberapa rumah makan menambahkan telur di atasnya mirip dengan bibimbab.

Jjangmyeon

Mau makan mie ayam ala korea ? mungkin menu mie yang satu ini cocok untuk anda, jjangmyeon adalah makanan yang berisi mie, daging sapi yang disiram dengan saus hitam yang berasal dari p[asta kedelai.

Jjangmyeon lebih sering disajikan  dengan  irisan acar lobak dan mentimun yang terasa segar, mungkin kalau di indonesia acar lobak bagaikan acar timun di mie ayam ya.

Japchae/ Chapchae

Kalau chapchae Indonesia adalah makanan yang berasal dari sayuran seperti wortel, kubis, sawi, ayam yang di tumis dan di beri cairan tepung maizena agar kuahnya kental.

Namun Chapchae korea mirip dengan tumis bihun atau bihun goreng Indonesia tapi menggunakan tepung ubi untuk pembuatan mie yang digunakan.

Miyeok Guk

Kata Miyeok Guk berasal dari kata miyeok yang berarti rumput laut dan guk berarti sup dalam bahasa Korea.

Makanan ini sering dikonsumsi masyarakat korea saat sakit, masa kehamilan, setelah melahirkan dan saat berulang tahun.

Bahkan sudah menjadi tradisi jika berulang tahun harus makan miyeok guk untuk keberuntungan dan juga mengingatkan makanan pertama mereka yaitu asi dari ibu yang memakan miyeok guk.

Sannakji

Sannakji atau gurita hidup bisa dibilang makanan ekstrem jika dikonsumsi oleh masyarakat indonesia tapi makanan ini adalah makanan yang sering di sediakan oleh restoran – restoran korea.

Sannakji biasanya berasal dari gurita kecil yang masih segar kemudian dipotong – potong dan ditaburi dengan minyak dan biji wijen.

Jadi tidak heran jika kadang gurita yang disajikan masih bergerak – gerak, tapi tenang aman kok.

Nah itu tadi daftar masakan Korea yang wajib di coba buat K-pop lovers part 1, tenang kita bakalan ada masakan korea lainnya part 2 yang sayang untuk dilewatkan.

Jangan Lupa Baca Juga : 6 Restoran Korea Yang Ada di Surabaya


Saran lainnya