Mengapa Email Tidak terkirim? Inilah Berbagai Masalah Penyebabnya Gagal


Mengapa Email Tidak terkirim? Inilah Berbagai Masalah Penyebabnya Gagal – Adalah kasus yang tidak asing lagi dimana sering terjadi beberapa masalah saat mencoba mengirim email baik menggunakan provider email terbaik sekalipun. Akan selalu ada penyebab email gagal terkirim ke tujuan entah berbagai alasan teknis. Sebelumnya telah dibahas tentang bagaimana cara membuat email, juga mengirim email dan hari ini adalah memecahkan masalah pada email itu sendiri.

Jika anda pernah menemukan masalah berikut pada email anda, yaitu:

Email gagal dan tidak terkirim
Contoh kasus : Email gagal dan tidak terkirim
  • Kenapa email tidak masuk ke inbox
  • cara setting email agar tidak masuk ke spam
  • tanda email terkirim di gmail
  • email dianggap spam oleh gmail
  • email tidak masuk di gmail
  • cara mengatasi email mailer daemon ( Mail Delivery Subsystem <mailer-daemon@googlemail.com> )
  • kenapa gmail tidak bisa menerima email masuk
  • penyebab email tidak bisa terkirim
  • Mengapa email tidak dapat mengirim pesan
  • Pesan error DNS Error: 22134944 DNS type ‘mx’ lookup, responded with code NXDOMAIN Domain name not found.

Berbagai masalah dari pertanyaan diatas terdiri dari berbagai alasan mengapa bisa terjadi dan dibawah ini kita akan membahasnya lebih terperinci berbagai kemungkinan hal-hal apa yang menjadi penyebab dan apa yang harus dilakukan / solusi yang diterapkan untuk memperbaiki kesalahan kesalahan pada email yang gagal terkirim.

Berbagai Penyebab Gagal dan Tidak Terkirimnya Email

Uraaian dibawah ini adalah beberapa hal yang mungkin menjadi alasan mengapa terjadinya kegagalan email terkirim dan tidak sampai pada tujuan pengiriman.


Ukuran email ( isi/file ) terlalu besar atau Over kuota

Setiap penyedia layanan email memiliki ketentuan penggunaan layanan mereka masing masing, termasuk salah satunya adalah ukuran ( batas maximal ) setiap pengiriman email. Misalnya saat kita mengirim melalui Gmail maka batasannya adalah 25mb saja untuk mengirim email dalam satu waktu. Tentu saja ini akan berbeda di layanan lainnya. Sehingga solusinya adalah memastikan terlebih dahulu berapa ukuran maximum konten email dari penyedia, jika file yang akan kita hendak kirim melebihi kuota tersebut, kita bisa melakukan kompresi file lampiran jika memungkinkan. Misalnya jika lampiran email berupa berkas foto, bisa di kompres menggunakan aplikasi ZIP kompres agar ukurannya menjadi lebih kecil. Atau cara lain adalah dengan membagi email menjadi 2, tapi ini akan melakukan pengiriman sebanyak 2x.

Kotak Surat (E-Mail Box) Penuh/Padat

Sama halnya dengan pembatasan ukuran email yang akan dikirim, kotak surat juga merupakan sesuatu yang diatur oleh ketentuan di masing masing penyedia layanan email. Biasanya akan ada pembatasan besar kotak masuk, sehingga ketika hal ini terjadi maka email akan dikembalikan ( Return back ) yang menyebabkan email tidak terkirim. Biasanya hal seperti ini akan dijelaskan sebagai server penerima yang padat atau sedang sibuk. Demi lancarnya aktivitas surat menyurat elektronik maka ada baiknya sering membersihkan folder folder email, mengosongkan tong sampah dan draft email yang dirasi tidak perlu.

Alamat Email Tujuan Salah (Invalid Address)

Saat kita sedang terburu buru untuk mengirim email, seringkali terjadi kesalah penulisan alamat tujuan (penerima email). Hal ini kesalahan fatal karna akan menyebabkan tidak terkirimnya email yang hendak di kirim ketujuan. Sama seperti ketika Anda mengirim surat ke sebuah alamat nama jalan yang tidak lengkap (misalnya tanpa nomor rumah). Akan menyebabkan keslahan Alamat email yang Anda tulis tidak valid (salah), sehingga email Anda tidak pernah tiba ke manapun. Jadi sebaiknya pastikaan kita telah memiliki tujuan email yang benar dan dituliskan dengan benar juga.

Fatalnya adalah ketika hendak mengirim email dengan lampiran dokumen keuangan atau yang sifatnya privasi ataupun rahasia, salah email tujuan tapi tetap terkirim dan sukses? dan ternyata pengguna email tersebut adalah orang lain. Semua data rahasia akan dikases oleh pihak lain tanpa seizin kita.

Email masuk ditolak oleh sistem (Rejected by system)

Di sebagaian pengguna Email (khususnya penerima email) mereka mengatur kapan bisa menerima email masuk dan kapan menolak email masuk. Misalkan saja email perusahaan dihari jam kerja aktif dan hari libur akan dinonaktifkan. dilain waktu saat perusahaan tersebut membuka lowongan kerja, sistem email mereka diaktifkan kembali dan jika gagal bisa jadi perusahaan mereka sudah menutup lowongan kerja tersebut. Alasan penolakan email ini juga bisa disebabkan oleh hal lainnya seperti:

  • Email yang ditandai Spam.
  • Email Yang menyertakan informasi yang dianggap menyalahi aturan.
  • Email yang memuat konten mencurigakan, misalnya link link situs phising, malware, virus dan hal berbahaya lainnya.

Gagal Mengirim karna Koneksi Internet

Koneksi Internet yang tidak stabil akan menyebabkan banyak hal terganggu termasuk mengirim email. jadi pastikan sebelum mengirim email, perangkat yang digunakan saat mengirim email telah terhubung ke internet dengan benar. Bahkan jika perlu anda perlu menunggu hingga email terkirim sukses sebelum meninggalkan aplikasi atau browser (jika menggunakan browser) untuk memastikan email telah terkirim ke tujuan. Nah khusus yang memiliki masalah pada koneksi internet, jangan lupa baca juga Cara mempercepat Koneksi internet di HP.

Demikianlah berbagai hal yang memungkinkan email gagal terkirim, Dimana alasannya tentu bermacam-macam seperti uraian diatas. Sebetulnya, jika Anda cukup cermat dan bisa berbahasa Inggris dan memahami email MAILER-DAEMON tidaklah sulit. Pada setiap email MAILER-DAEMON, biasanya terdapat alasan kenapa email tersebut gagal terkirim sampai ketujuan.

 


Saran lainnya