Cara Alami Mengatasi Masalah Kulit Kering Dan Kusam


Kulit termasuk salah satu bagian tubuh yang tak luput dari perhatian setiap orang. Kulit yang bagus adalah kulit yang memiliki kesehatan yang terjaga. Tentunya setiap orang menginginkan kulitnya sehat dan terawat. Pada dasarnya kulit yang sehat tidak selalu ditandai dengan warna kulit yang putih saja. Banyak hal yang bisa dijadikan pertanda kesehatan kulit diantaranya:

  • kulit lembab
  • kulit berwarna (tidak pucat)
  • bebas noda
  • tidak terasa sakit pada kulit
  • permukaan kulit lembut, dll
Cara Alami Mengatasi Masalah Kulit Kering Dan Kusam
Cara Alami Mengatasi Masalah Kulit Kering Dan Kusam

Hal-hal di atas adalah beberapa tanda yang bisa ditemukan langsung pada kulit. Apa bila kulit kamu memiliki tanda-tanda di atas bisa dikatakan kulit kamu saat ini dalam keadaan sehat.

Namun bagaimana bila kesehatan kulit kamu sedang tidak baik saat ini? Apa yang harus kamu lakukan supaya kulitmu bisa kembali sehat? Atau kamu mencari cara simpel tapi sehat untuk kulit kamu?

Kamu sangat beruntung apabila setelah membaca tips sehat mengatasi kulit kering serta kusam langsung kamu terapkan pada kulit kamu. Ini dia tips sehat yang akan membantu kamu mendapatkan kulit sehat kamu.

1. Mencukupi asupan vitamin alami pada kulit

Layaknya bagian tubuh lain, kulit juga membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mempertahankan kesehatannya. Dan kenyataannya kulit tidak hanya membutuhkan satu vitamin saja. Kandungan yang dimiliki vitamin A, C dan E merupakan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi vitamin A yang cukup, kulit kamu akan terhindar dari masalah penuaan dini. Vitamin C yang kamu konsumsi juga akan menangkal efek buruk radikal bebas dengan kandungan antioksidannya. Khasiat yang dimiliki vitamin E untuk kesehatan kulit yakni menjaganya tetap lembab, kenyal, halus serta membuatnya tetap elastis. Vitamin-vitamin ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran serta beragam jenis jus.

2. Konsumsi suplemen

Terkadang mengonsumsi vitamin saja tidak cukup untuk membuat kulit tetap sehat (bergantung pada kebutuhan kulit masing-masing orang). Untuk mengantisipasi hal buruk akibat hal ini, mencukupi asupan vitamin dengan mengonsumsi suplemen adalah pilihan terbaik. Suplemen diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak didapatkan karena jumlah vitamin kurang. Konsumsi suplemen sebaiknya berdasarkan saran atau resep dari dokter atau ahli kulit lainnya.

3. Minum air putih yang banyak

Tidak hanya kulit saja yang membutuhkan mineral yang terdapat dalam air putih. Seluruh tubuh sangat membutuhkannya untuk mempertahankan keadaan tubuh yang terjaga. Hal ini membuktikan betapa pentingnya air itu dalam tubuh kamu. Air putih memiliki banyak peran penting bagi kulit kamu diantaranya, menjaga kelembaban kulit, membuat kulit semakin cerah serta mempertahankan kelembabannya.

4. Mengangkat sel kulit mati secara teratur

Secara biologis kulit selalu mengelupas sel kulit matinya. Hal ini diakibatkan oleh sel kulit baru yang terus bergerak naik ke lapisan atas menggantikan sel kulit yang telah mati. Lapisan kulit mati inilah yang membuat kulit kamu kelihatan kusam dan kering, sehingga perlu diangkat dari lapisan kulit. Kamu bisa mengangkat sel kulit mati itu dengan menggunakan lulur. Sebaiknya pengelupasan kulit ini dilakukan maksimal dua kali dalam satu minggu.

Baca juga Cara memutihkan kulit tubuh

5. Tidur yang cukup dan berkualitas

Kulit juga membutuhkan istirahat yang cukup. Selama tidur kulit akan bekerja melakukan regenarasi sel-sel kulit yang membuatnya semakin muda. Upayakan kamu mencukupi waktu yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beristirahat, waktu yang disarankan adalah 8-10 jam per hari.

Dengan membaca serta menerapkan beberapa tips diatas, kesehatan kulit kamu pasti akan berangsur membaik. Karena kulit juga bisa mencerminkan kesehatan tubuh bagian dalam, maka upayakan kesehatan seluruh bagian tubuh kamu juga ikut terjaga.


Saran lainnya