Cara Baru Membuat Akun Email di GMAIL dan YAHOO


Cara Membuat Akun Email Baru – Email ( dibaca imel ) merupakan cara berkirim pesan secara elektronik. Bahkan dijaman teknologi abad sekarang ini email sudah menjadi sangat populer dan semakin bermanfaat. Kegunaan email semakin beragam, tidak hanya untuk mengirim surat saja, tapi juga bisa berkirim file seperti foto maupun video yang dapat dilampirkan didalam email.

Apa itu email

Ada baiknya, pembaca memahami email itu apa? Email atau e-mail merupakan singkatan dari surat elektronik (Electronic Mail) yang hanya bisa dikases menggunakan koneksi internet melalui perangkat komputer, laptop, handphone pintar, dll.


Cara Membuat Email
Cara Membuat Email

Sehinga tidak perlu ditanya lagi mengapa kita harus membuat email ? Karena Email adalah salah satu fasilitas yang wajib dimiliki ketika melakukan aktivitas di internet. Misalkan saja, ketika anda akan membuat akun di media sosial seperti google plus, Facebook, Instagram atau ataupun Twitter, anda akan diminta untuk menuliskan nama email, atau disaat akan berbelanja di toko online, email tentu saja akan diperlukan untuk pendaftaran dan menerima rincian belanja anda. ccontoh lainnya juga tidak kalah penting adalah ketika mengirim surat lamaran kerja via email. oleh karena hal itu kegunaan utama dari email ini sendiri adalah sebagai alat komunikasi digital (surat elektronik) atau kota surat awan dan bisa juga berfungsi sebagai identitas online seseorang..

Dengan berkirim surat menggunakan email kita juga akan lebih menghemat kertas dibandingkan jika menggunakan cara mengirim surat tradisional yang ditulis diatas kertas. Selain itu kecepatannya juga sangat jauh berbeda, cara mengirim surat dengan pos akan memakan waktu berhari hari apalagi jika tujuannya adalah berjarak jauh. Sama halnya dengan teknologi sms bisa terkirim dalam hitungan detik, perbedaan menonjol adalah email akan lebih banyak menampung data untuk dikirim. Dan Tentu saja sms tidak akan mungkin untuk mengirim file selain teks, seperti file gambar maupun video.

Tetapi meskipun kemudahan yang diberikan email, kita sebagai pengguna harus tetap memperhatikan keamanan dan kejelasan disetiap layanan yang tersedia secara online. Sekarang ini untuk membuat email akan sangat banyak provider email yang bersaing untuk menyediakan fasilitas e-mail gratis. Sehingga kita akan perlu benar benar paham bagaimana cara menetapkan pilihan kepada siapa dan dimana kita akan menentukan temapt pembuatan email yang kita harapkan.

Tips membuat email baru


Nah penulis akan berikan beberapa Tips Penting Sebelum Membuat Email Secara Online

  1. Hanya gunakan penyedia layanan email yang terpercaya demi perlindungan privasi dan rahasia anda.
  2. Pastikan penyedia layanan memiliki server email yang stabil untuk memastikan kegagalan data terkirim dan menerima.
  3. Untuk penggunaan bisnis, tidak ada salahnya mengelaurkan sedikit investasi untuk mendapatkan layanan lebih misalnya dengan custom domain menjadi nama-email@perusahaananda.com,  sedangkan bagi personal gratis sudah lebih dari cukup tergantung kebutuhan.

Ketika anda sudah siap, maka saatnya penulis akan menuliskan cara benar membuat email diberbagai layanan yang tersedia online. Dan ditulisan ini penulis akan menuliskan tutorial mendaftar di layanan terpercaya ( Teruji ) seperti tips diatas. 2 layanan dibawah ini mendiakan pembuatan email gratis, prosesnya juga sangat mudah sekalipun untuk anda yang masih pemula dalam membuat akun online, silahkan pilih salah satu cara saja ya!

Cara 1. Membuat Akun Email di Google Mail ( Gmail )


Membuat Akun Google Mail
Membuat Akun Google Mail

Google mail atau disingkat GMAIL adalah salah satu layanan gratis yang disediakan google kepada penggunanya. Merupakan layanan surel milik Google inc. Seperti di lansir di wikipedia, Setiap Pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4. Gmail diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1 April 2004 dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 meski masih menyandang status Beta. Gmail ini merupakan layanan email gratis paling populer untuk saat ini. Selain bisa membuat email dengan gratis, kita juga bisa membuat akun Google plus dengan mudah bila sudah memiliki akun Gmail. Untuk memahami lebih jelas dapat mengunjungi halaman Google mail. Berikut cara singkatnya:

1.Setelah dihalaman Gmail, pertama klik pada tombol “Buat Akun” atau “Create an Account” jika browser anda berbahasa inggris, biasanya tombol ini berda disebelah kanan atas halaman.

2.Anda akan melihat formulir pendaftaran untuk akun baru gmail seperti pada foto disamping. Kemudian Isi kolom-kolom tersedia pada formulir dengan data Anda yang benar.

Formulir Mendaftar Aku Email di Gmail
Formulir Mendaftar Aku Email di Gmail

 

  • Nama: isi dengan nama lengkap Anda berupa nama depan dan nama belakang,
  • Pilih nama pengguna Anda: isi dengan alamat email yang Anda inginkan,karna nama pengguna akan mnejadi alamat email, dan tidak tidak bisa dirubah setelah diciptakan.
  • Buat sandi: isi dengan sandi yang tidak mudah ditebak, tapi mudah Anda ingat
  • Konfirmasi sandi Anda: Tuliskan ulang sandi anda suntuk memastikan anda tidak lupa
  • Tanggal lahir: Tuliskan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
  • Gender: pilih yang sesuai dengan jenis kelamin Anda
  • Ponsel: isi dengan nomor HP Anda untuk keamanan
  • Buktikan bahwa Anda bukan robot: isi dengan kode (2 kata dengan spasi) yang ada di halaman tersebut
  • Lokasi: isi sesuai dengan negara tempat Anda tinggal
  • Jangan lupa Centang kolom menyetujui persyaratan dan kebijakan dari Google .
  • Kemudian klik “langkah Selanjutnya”. Contoh perhatikan gambar dibawah:
Formulir Cara Membuat Email Gmail
Formulir Cara Membuat Email Gmail

3. Sejauh ini anda telah berhasil membuat akun email di gmail secara gratis, anda akan melihat ucapan selamat datang di gmail, klik lanjutkan ke Gmail.

Setelah berhasil buat akun email
Setelah berhasil buat akun email

4. Meskipun akun gmail sudah jadi, Anda akan perlu melanjutkan untuk melengkapi profil google plus jika anda berminat tapi ini adalah opsi optional.

Kotak Akun Email Gmail
Kotak Akun Email Gmail

 

Cara 2, Membuat Akun Email Di Yahoo Mail

Nah setelah mengetahui cara buat email di gmail … saatnya sekarang belajar bagaimana cara untuk membuat email di layanan yahoo. Sama seperti google mail, layanan yang satu ini juga bisa diandalkan, tapi mungkin saja masaih ada yang belum mengerti bagaimana cara membuat email baru di yahoo Indonesia. Dibawah ini adalah Tutorial cara membuat email yang mungkin cukup mudah dipahami. Rata rata, Cara membuat email pada dasarnya semua sama, kita hanya diharuskan memasukan data seperti nama, user, password, tanggal lahir, nomor ponsel, dan data kita lainnya.


1.Langkah Pertama adalah dengan mengunjungi situs yahoo email indonesia, di https://login.yahoo.com. Kemudian cari tombol “Tidak punya Akun?” lalu klik “daftar“. Kurang lebih anda akan melihat halaman seperti dibawah ini dan diarahkan ke formulir pendaftaran akun baru email anda.

Cara Mendaftar Email di Yahoo Indonesia
Cara Mendaftar Email di Yahoo Indonesia

2. Setelah formulir Tampil, silahkan isi semua data yang diperlukan pada formulir pendaftaran, dan setelah semua terisi kemudian klik pada Tombol “Lanjutkan” atau “Buat Account“. Kurang lebih contoh pengisian seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Membuat Email Yahoo
Cara Membuat Email Yahoo

3. Sebagai lanjutan, anda akan diminta untuk mengverifikasi nomor handphone, untuk memastikan keamanan akun email. Oleh sebab itu pastikan nomor hp yang diisi pada formulir daftar tadi adalah aktif dan bisa anda akses. Jika tidak, anda dapat merubahnya ke nomor yang aktif. Setelah memasukkan nomor yang valid klik pada tombol “Kirim saya akun via sms”. Yahoo akan mengirimi Anda Kunci Akun untuk memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik ponsel ini.

4. Periksa kotak masuk sms di hp anda dan masukkan kode yang ada pada box tersedia “Verifikasikan bahwa Anda pemilik telepon ini”. pastikan kodenya berupa angka 5 digit, jika sudah klik pada “VERIFIKASI”.

Cara Membuat Email Yahoo - Verifikasi Telepon
Cara Membuat Email Yahoo – Verifikasi Telepon

5. Sejauh ini jika anda sudah melakukan semua langkah pendaftaran diatas, maka proses sudah selesai dan sekarang bisa login ke akun email yahoo mail anda. Sebagai informasi untuk masuk keemail yahoo anda tidak perlu lagi datang kehalaman pendaftaran diatas, tapi langsung masuk di http://mail.yahoo.com. Kemudian masukkan nama email dan sandi yang telah dibuat diatas.

Demikianlah sudah terurai dengan singkat dan jelas tutorial cara membuat email di 2 layanan terpercaya seperti di jelaskan diatas. Anda bisa memilih salah satu layanan antara google mail ataupun yahoo mail, semua berdasarkan kebutuhan anda. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk memulai akun email baru. Salam…

 


Saran lainnya