Penyebab Perut Buncit (Membesar)


Penyebab perut buncit – Dalam artikel lain kita telah membahas mengenai cara mengecilkan perut buncit dengan olahraga dan kali ini masih dengan fokus yang sama yaitu perut yang buncit. Namun kali ini kita akan mengungkap hal hal baik itu makanan, minumal, maupun kebiasaan hidup yang dapat menjadi penyebab perut menjadi buncit, sehingga pembaca dapat lebih berhati hati dengan menghindari pantangannya demi mencegah penimbunan lemak yang pada ujungnya akan menimbulkan perut yang buncit.

Penyebab perut buncit
Penyebab perut buncit

Selain Cara mengecilkan, Penyebab perut buncit ini menjadi penting untuk diketahui karena dengan mengetahui penyebabnya tentu saja kita akan bisa mencegahnya, bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?… Sehingga bagi yang belum pernah mengalami masalah ini dapat mencegahnya dengan menghindari hal-hal yang dapat menjadikan perut membuncit dan membesar.

Perut buncit ini tidak boleh diabaikan karena bisa mengganggu penampilan seseorang dan bahkan mempengaruhi kesehatan, perut buncit juga menjadi penyebab seseorang menjadi kurang percaya diri dengan bentuk tubuhnya sendiri.

Penyebab Perut Buncit Secara Umum ( Pria dan Wanita )

Beberapa hal dibawah ini adalah Penyebab Perut Buncit secara umum baik bagi pria ataupun wanita. Bagi Anda yang tidak ingin perutnya menjadi buncit, maka kenali dan hindarilah kebiasaan dan makanan yang tidak sehat ini.


Penimbunan Lemak di Perut

Kebanyakan kasus perut buncit, yang menjadi penyebab populer adalah adanya lemak tertimbun dibagian perut. Untuk mengetahui apakah berat badan kita meningkat bisa dilihat dari perubahan bentuk bagian pipi, lengan, bagian paha dan juga bagian perut. Jika semua bagian tubuh tersebut terlihat lebih gemuk atau membesar seakan akan membengkak dibandingkan sebelumnya maka bisa kita pastikan bahwa tubuh kita mengalami peningkatan berat badan.

Makanan yang mengandung lemak jenuh dapat menjadi penyebab tertimbunnya lemak diperut. Lemak jenuh tidak boleh disepelekan sebab ada berbagai macam bahaya lemak jenuh bagi kesehatan yang harus diwaspadai. Salah satu bahaya lemak di perut adalah membuat perut tersebut terkena obesitas dan juga melar ke depan dan ke samping.

Minuman Soda dan Beralkohol

Salah satu minuman yang harus dihindari oleh semua orang, terebih jika anda sedang menerapkan cara mengecilkan perut karna semuanya akan sia sia dengan mengkonsumsinya. Minuman beralkohol tidak hanya sekedar memabukan saja, akan tetapi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Misalnya mengkonsumsi alkohol akan menyebabkan lemak menumpuk pada perut karena didalam minuman ini memang banyak terkandung gula dan kalori dalam jumlah besar yang berlebihan bagi kebutuhan manusia.

Selain Alkohol, minuman bergas atau bersoda juga dapat menjadi penyebab perut buncit. Bagi anda yang sedang mengkonsumsi makanan untuk diet tentu tidak akan memasukkan soda di dalam daftar makanan anda. Hal itu dikarenakan soda merupakan minuman jahat berbahaya yang bisa menggagalkan diet anda. Kandungan soda tersebut sangat tidak bagus untuk kesehatan hal itu dikarenakan soda mengandung gula yang tinggi bahkan berlipat lipat dibandingkan dengan minuman kaleng biasa, tidak hanya itu saja kandungan fruktosa, pengawet, pewarna dan pemanis buatan juga bisa menyebabkan anda terkena obesitas disertai dengan perut yang buncit. Sering mengkonsumsi soda setiap harinya juga menyebabkan gangguan kesehatan seperti mengundang penyakit diabetes atau penyakit kencing manis, suka mengkonsumsi soda juga menyebabkan seseorang terkena penyakit ginjal.

Porsi Makan terlalu banyak dan Berlemak tinggi

Bagi anda yang tidak bisa mengontrol makanan, awas bisa jadi anda mendapati perut anda akan menjadi buncit. Orang yang tidak suka olahraga namun makannya banyak makanan yang dimakannya bisa ditumpuk di dalam tubuh sehingga berbagai macam kandungan tersebut mengendap di dalam tubuh terutama di dalam perut. Jika memang anda memiliki kebiasaan makan banyak jangan lupa sehabis makan anda berolahraga agar kandungan lemak dan berbagai macam kandungan yang ada di dalam makanan bisa terpecah dengan sempurna bukan justru mengendap di dalam tubuh manusia.

Perut buncit juga dapat disebabkan oleh faktor makanan berlemak. Makanan berlemak memang merupakan jenis makanan yang sangat sulit untuk dicerna oleh organ pencernaan dan bahkan tidak dapat dicerna, sehingga dengan cepat menjadi timbunan lemak.

Makanan berlemak memang banyak ditemukan disekitar kita dan bahkan hampir semua masakan mengandung lemak. Salah satu makanan yang sangat banyak mengandung lemak adalah gorengan. Didalam gorengan terkandung lemak yang tidak baik untuk kesehatan tubuh karena melebihi standar yang diperlukan tubuh.

Makanan yang terlalu manis

Makanan yang mengandung pemanis buatan tidak akan dicerna secara berlebihan dapat dengan mudah berfermentasi, sehingga usus terganggu. Pemanis buatan yang dewasa ini memang banyak terdapat pada makanan dan minuman harus dihindari karena dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Alasannya adalah makanan yang manis memiliki kadar glukosa yang tinggi. Kadar glukosa yang tinggi itu jika terlalu banyak dikonsumsi akan menumpuk di dalam tubuh sehingga memicu berbagai macam penyakit. Orang yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dia akan mudah terkena diabetes. Jika anda suka mengkonsumsi makanan manis sebaiknya anda mengetahui berbagai macam gejala kencing manis sehingga jika anda merasakan berbagai macam gejala tersebut anda harus segrea berkonsultasi ke dokter. Nah bagi anda yang sangat menyukai makanan manis sebaiknya mulai sekarang membatasi pengkonsumsian makanan yang manis tersebut sebab bisa memicu obesitas dimana bahaya obesitas terhadap kesehatan begitu menakutkan.

Kurangnya Aktivitas / Olahraga

Bagi kesehatan, olahraga adalah kebutuhan penting. Dengan aktivitas olahraga yang teratur tidak hanya akan memiliki tubuh menarik saja akan tetapi membuat tubuh sehat dan kuat termasuk menghindari penyebab perut buncit. Olahraga rutin ini akan membuat lemak berlebih pada tubuh terbakar dan terbentuk.

Jika seharian hanya duduk dan kurang gerak akan bersiko untuk memiliki perut yang buncit. Olahraga merupakan hal yang sangat bermanfaat untuk cara mengecilkan perut buncit dalam waktu cepat dan alami. Orang yang kurang berolahraga, lemak yang ada di dalam tubuhnya akan sulit dibakar secara efektif sehingga lemak itu akan menyebabkan perut buncit.

Gangguan Otak / Strees

Terkadang sulit untuk mengerti hal ini akan menyebabkan perut bermasalah. Berdasarkan penelitian, Perut yang buncit pada tubuh juga bisa disebabkan oleh stres berlebih. Mengapa stress bisa menyebabkan perut buncit?

Pada saat stress sedang terjadi, produksi hormon kortisol pada wanita menjadi meningkat. Jika hormon ini meningkat akan membawa pengaruh buruk terhadap tubuh wanita. Hormon itu akan meningkatkan rasa lapar wanita sehingga wanita akan cenderung suka mengemil dan suka makan ketika dirinya stress.

Sehingga sinyal lapar tersebut diberikan oleh otak bukan diberikan oleh perut sehingga meskipun sudah terisi dengan makanan rasa lapar akan tetap ada sampai stress bisa dihilangkan. Berbeda halnya jika perut yang mengirimkan sinyal lapar maka setelah kenyang perut akan memberikan rasa kenyang. Jadi stress jyga bisa manjadi salah satu faktor penyebab perut menjadi besar membuncit.

Kebiasaan Ngemil makanan Berlebih

Pada dasarnya orang yang suka mengemil dengan makanan yang tidak sehat akan menyebabkan perut buncit. Hal itu dikarenakan mengemil makanan yang tidak sehat membuat tubuh mengalami penumpukan lemak, garam, MSG dan juga membuat nafsu makan menjadi meningkat. Tidak hanya itu saja, kebanyakan anak muda sekarang suka mengkonsumsi camilan lezat namun nol gizi, hal itulah yang menyebabkan seseorang akan mengalami obesitas dan perut menjadi buncit.

Apabila memang anda seorang yang terbiasa makan pada malam hari karena memang aktifitas pekerjaan membuat anda harus selalu standby di malam hari, maka ganti kebiasaan ini dengan mengkonsumsi buah-buahan segar. Sebab mengkonsumsi buah-buahan lebih aman dan tidak menimbulkan masalah dibandingkan cemilan yang banyak mengandung lemak.

Anda tetap boleh ngemil pada malam hari bila memang sudah terbiasa, namun kurangi mengkonsumsi makanan berlemak dan mengandung gula dalam dosis tinggi karena pada malam hari makanan ini tidaklah terlalu bermanfaat dalam proses pencernaan.


Nah demikianlah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab perut buncit yang bisa kita waspadai, dengan begitu kita dapat menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat yang akan membuat kita terbebas dari perut buncit. Nikmat sehat adalah nikmat yang tiada ternilai harganya, oleh sebab itu marilah kita bersama-sama hidup sehat, menghindari stres dengan hidup bahagia dan istirahat yang cukup agar kita semua selalu sehat dan salah satunya adalah terhindar dari perut buncit. Semoga peneyebab perut buncit ini dapat menambah pengetahuan kita semuanya, dan jangan lupa untuk membaca Cara mengecilkan perut buncit dengan olahraga atau senam.


Saran lainnya