11 Wisata Alam Indonesia Yang Sangat Indah Dan Mendunia


Wisata Alam Indonesia Yang Mendunia – Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam yang tak terhingga, tidak heran jika banyak wisatawan asing yang datang ke Indonesia hanya untuk sekedar berlibur dan menikmati indahnya alam Indonesia. Dari sabang sampai merauke, wisata alam Indonesia cukup banyak dan tentu saja menarik. Keindahan alam Indonesia tidak kalah dengan negara-negara luar seperti Eropa atau negara-negara lainnya.

Mungkin kamu ingin berlibur dan ingin menikmati indahnya alam, tidak perlu jauh-jauh keluar negeri karena Indonesia memiliki semua yang kamu inginkan. Pada kali ini saya akan berbagi informasi mengenai tempat-tempat wisata alam Indonesia yang sangat indah dan bahkan sudah mendunia. Kita harus bangga sebagai orang Indonesia karena kita memiliki kekayaan atau keindahan alam yang sangat luar biasa.

Ini dia tempat wisata alam Indonesia yang sangat indah dan mendunia ;

1. Pulau Komodo

Pulau Komodo sangat terkenal dimata dunia dan terletak di kepulauan Nusa Tenggara, dan dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pada tahun 1986, UNESCO menetapkan Pulau Komodo sebagai salah satu situs warisan dunia. Pulau ini dianggap sebagai habitat komodo yang wajib dilindungi. Pulau komodo juga pernah masuk dalam jajaran tujuh keajaiban alam di dunia (News Seven Wonders of Nature) pada tahun 2011.

Ada banyak yang bisa kamu lakukan ketika berlibur ke pulau komodo, mulai dari keindahan daratan hingga keindahan bawah laut yang sangat luar biasa. Untuk menikmati daratan pulau komodo, kamu bisa menikmati bersama rombongan dan seorang pemandu. Disana kamu akan melihat langsung banyak komodo yang sedang berburu mangsa atau beristirahat. Perlu kehati-hatian jika kamu ingin menikmati suasana disana, tapi jangan khawatir karena pemandu akan memberikan kamu sebuah tongkat yang ujungnya bercabang. Tongkat ini berguna untuk menekan leher komodo jika suatu saat menyerang kamu secara tiba-tiba.

Menyelam atau snorkeling dipulau komodo juga tidak kalah seru, karena keindahan bawah lautnya yang menjadi salah satu lokasi menyelam favorit. Disana juga ada pink beach atau pantai merah muda yang merupakan salah satu dari tujuh pantai didunia yang memiliki pasir berwarna kemerahan.

2. Raja Ampat

Asal mula nama Raja Ampat menurut mitos masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sementara itu, tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu.

Jika Anda berminat mengunjungi Raja Ampat Papua, terdapat beragam aktivitas yang dapat Anda lakukan disana mulai dari diving, snorkeling, memancing, berlayar, naik perahu hingga wisata kuliner. Cukup asyik bukan?. Hal pertama yang wajib dilakukan saat mengunjungi pulau raja ampat adalah diving.

Diving atau lebih dikenal dengan aktivitas menyelam tentu merupakan suatu aktivitas yang menantang dan menarik, apalagi jika ditemani oleh ikan pari, penyu dan juga terumbu karang warna-warni. Tentu hal ini akan menjadi pengalaman menyelam yang tak biasa. Terdapat sedikitnya 537 spesies koral dan juga 699 hewan tak bertulang belakang yang dapat Anda jumpai disini. Sementara untuk masalah keamanan, Anda tak perlu canggung sebab aktivitas diving Anda akan ditemani oleh ahlinya dan tentunya dengan peralatan menyelam yang sangat memadai sehingga keselamatan dan keamanannya terjamin.

3. Danau Sentani

Selain terkenal dengan raja ampat, Papua juga terkenal dengan adanya danau sentani. Danau sentani berada di ketinggian 75 mdpl dan memiliki luas wilayah 9.360 hektar. Danau ini begitu menakjubkan, terlihat tenang, damai dan asri sesuai dengan namanya ”sentani” yang artinya ”disini kami tinggal dengan damai”. 

Lokasi danau sentani berjarak sekitar 50 km dari kota Jayapura. Disana kamu dapat menikmati keindahan danau menggunakan perahu wisata. Tapi lebih seru lagi jika kamu berkunjung ke danau sentani pada pertengahan bulan juni, karena pada saat itu ada acara yang menampilkan berbagai pertunjukan budaya seperti tarian daerah yang dilakukan diatas perahu.

4. Bali

Pulau Bali mungkin sudah tidak asing lagi dikuping kamu, ya..jelas karena Bali sudah sangat populer dimata dunia apalagi di Indonesia. Pulau Bali atau sering disebut pulau Dewata menawarkan banyak hal, mulai dari pantai, gelombang yang cocok untuk surfing, alam yang indah, upacara keagamaan, dan para seniman berbakat.

Banyak lagi yang membuat orang tertarik dan balik lagi ke pulau Bali. Ada getaran khusus, esensi, atau sesuatu yang sulit digambarkan, yang telah menyentuh dan menginspirasi pengunjung dari seluruh dunia sejak beberapa dekade. Ini ada hubungannya dengan Bali sendiri dan karakter penduduknya yang ramah.

5. Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak di Magelang (Jawa Tengah), dan berjarak sekitar 40 km disebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi. Candi Borobudur terdiri dari 6 teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat 3 pelataran melingkar, pada dindindnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha.

Pada perayaan Waisak, Candi Borobudur menjadi pusat berkumpulnya banyak umat Buddha dari berbagai belahan dunia seperti Tibet dan Thailand. Ritual ini menjadi salah satu daya tarik wisata di sini. Yang paling diminati wisatawan adalah acara puncak berupa pelepasan lampion ke langit. Lampion-lampion tersebut akan dilepaskan bersama dengan doa dan harapan untuk satu tahun ke depan.

6. Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah salah satu gunung berapi yang berada di daerah Jawa Timur. Kawah Ijen ini sangat terkenal dengan keindahan alam dan baharinya, baik oleh para wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Nama Ijen mulai dikenal dunia sejak kedatangan dua turis asal Perancis, Nicolas Hulot dan istrinya Katia Kraft, padatahun 1971. Mereka menuliskan kisah pesona Kawah Ijen beserta kerasnya kehidupan para penambaang bongkahan belerang di majalah Geo, Perancis. Dua hal inilah yang Menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan dan fotografer dunia.

Dari segi panorama alam, kamu tak perlu khawatir, karena wisata ini memiliki pesona alam yang sangat indah. Di pagi hari, kamu akan disuguhkan pemandangan sunrise yang sangat menakjubkan. Selain itu, sinar matahari pagi yang menyinari kawah akan dipantulkan sehingga membentuk warna kemilau hijau toska dari permukaannya. Namun kamu harus berhati-hati karena air kawah yang terlihat sangat tenang tersebut ternyata berbahaya loh. Pasalnya, air belerang di Kawah Ijen memiliki volume air sekitar 200 juta meter kubik dan panasnya mencapai 200 derajad, sehingga ketika kita nekat untuk masuk kesana, pakaian kita akan meleleh, bukan hanya itu, bahkan kita sendiri juga akan meleleh.

7. Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah sebuah gunung berapi aktif yang ada di Jawa Timur, memiliki ketinggian 2.329 mdpl dan berada dalam 4 wilayah kabupaten antara lain ; Pasuruan, Lumajang, Malang, dan Probolinggo. Bentuk gunung Bromo ini bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 km persegi.

Gunung Bromo terkenal sebagai icon wisata probolinggo paling indah dan paling banyak dikunjungi. Kata “Bromo” berasal dari kata “Brahma” yaitu salah satu Dewa Agama Hindu. Gunung Bromo memang tidak sebesar gunung api lain di Indonesia tetapi pemandangan Bromo sangat menakjubkan sekali. Keindahan Gunung Bromo yang luar biasa membuat wisatawan kagum.

Dari puncak penanjakan pada ketinggian 2.780 m, wisatawan bisa melihat matahari terbit di sini. Pemandangan yang indah membuat banyak wisatawan ingin mengabadikan momen berharga ini. Pada waktu matahari terbit terlihat dari puncak penanjakan yang sangat luar biasa para pengunjung bisa melihat latar depan dari Gunung Semeru yang akan mengeluarkan asap terlihat dari kejauhan dan matahari akan bersinar terang naik ke atas langit.

Masyarakat sekitar Gunung Bromo akan merayakan festival Yadnya Kasada atau Kasodo setiap tahun sekali dengan memerikan persembahan seperti sayuran, ayam, dan uang yang akan dipersembahkan pada dewa dan dibuang ke dalam kawah gunung Bromo. Sebagai wujud dari rasa syukur kepada yang maha kuasa.

8. Danau Toba

Danau Toba merupakan sebuah danau tekno-vulkanik dengan ukuran panjang 100 km dan lebar 30 km dan terletak di profinsi Sumatra Utara. Danau Toba ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan bahkan se Asia Tenggara. Ditengah danau Toba, terdapat sebuah pulau vulkanik yang bernama pulau Samosir.Latar belakang Danau Toba terbentuk karena letusan gunung berapi yang memuntahkan 2.800 km kubik material letusan, sehingga membuat kawah yang lambat laun dipenuhi air menjadi danau.

Pulau Samosir dan Danau Toba merupakan jantung dan kampung halaman dari Suku Batak. Jika berlibur kesana, kamu bisa merasakan keramahan penduduk desa tersebut sekaligus mengetahui kebudayaan mereka. Jika kamu berwisata ke Danau Toba pada April hingga Agustus, kemungkinan kamu akan dapat menyaksikan kemeriahan dan ritual tradisional dari Suku Batak yaitu upacara Pesta Masyarakat Danau Toba.

Upacara tersebut diselenggarakan untuk mengingat nenek moyang Suka Batak dengan menampilkan nyanyian, acara olahraga, dan tarian batak. Sedangkan untuk penginapan di Danau Toba, kamu tidak perlu khawatir, karena di sana banyak hotel, dan penginapan biasa yang masing-masing menawarkan pemandangan luar biasa.

9. Goa Gong

Goa Gong terletak di Jawa Timur dan merupakan tempat wisata di Pacitan yang sangat populer dan memegang predikat sebagai goa terindah se-Asia Tenggara. Pesona Goa Gong Pacitan ini bersumber dari panorama indah stalaktit dan stalagmit yang dapat Anda temui tatkala menyusuri goa tersebut selama kurang lebih 2 jam

Goa Gong secara administratif berada di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, berjarak sekitar 37 km arah barat dari pusat kota Pacitan. Objek wisata goa di Jawa Timur yang satu ini dikelilingi oleh pegunungan, sebelah utara adalah gunung Manyar, sebelah selatan gunung Karang Pulut, sebelah timur Gunung Gede, dan sebelah barat adalah gunung Grugah. Keempat gunung ini adalah gunung non-aktif.

Untuk menuju ke tempat lokasi wisata Goa Gong, jika kamu dari arah Jawa Tengah naik bus jurusan Pacitan langsung berhenti di RM Bu Dzakir di daerah punung yang menyediakan jasa transit ke Goa Gong, pantai Ngiroboyo, Kali maron, dan pantai Klayar dengan biaya kurang lebih Rp 200-500 ribu per mobil. Tapi, jika kamu dari arah Timur, kamu bisa naik bus jurusan Pacitan sampai diterminal, Kamu bisa menlanjutkan dengan bus jurusan Pacitan-Solo turun di RM Bu Dzakir.

10. Gunung Kelimutu (Nusa Tenggara Timur)

Gunung Kelimutu merupakan gunung berapi yang terletak di pulau Flores, profinsi NTT. Lokasi gunung ini tepatnya di desa Pemo, kecamatan Kelimutu, kabupaten Ende. Diatas gunung ini terdapat 3 buah danau kawah yang dikenal dengan danau 3 warna karena memiliki tiga warna yang berbeda yaitu ; merah, biru, dan putih.

Danau Kelimutu memiliki luas kurang lebih 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik, ketinggian dinding kawah antara 100 hingga 200 meter. Dinding Danau Gunung Kelimutu tergolong terjal dan curam karena memiliki kemiringan 60 sampai 70 derajat. Ketiga Danau Kawah Gunung Kelimutu memiliki keindahan yang sangat mempesona dan begitu indah sehingga mampu menjadi daya tarik bagi para pengunjung domestik maupun mancanegara.

Pengunjung pun rela berjalan kaki menaiki puluhan anak tangga dengan trek yang cukup menanjak, hanya untuk melihat lanskap Danau Kelimutu dari ketinggian. Dari puncak, pengunjung dapat melihat panorama 360 derajat yang mengelilingi Danau Kelimutu. Danau Kelimutu juga merupakan tempat yang tepat untuk menyaksikan panorama keindahan matahari terbit. Pengunjung rela melakukan trekking di pagi buta hanya untuk menyaksikan keindahan sunrise dari puncak Gunung Kelimutu

11. Puncak Jayawijaya

Puncak Jayawijaya (Puncak Carstensz) merupakan satu-satunya puncak gunung di Indonesia yang memiliki salju abadi. Puncak ini menjulang setinggi lebih dari 5.000 meter di atas permukaan laut. Yang lebih membanggakan lagi adalah Gunung Jayawijaya masuk ke dalam daftar Seven Summits atau tujuh gunung dengan puncak tertinggi di dunia.

Puncak Jayawijaya ini pertama kali ditaklukan oleh seorang penjelajah asal Belanda bernama Hendrik Albert Lorentz pada tahun 1909. Lorentz berhasil mendaki puncak bersalju ini bersama enam orang suku Dayak Kenyah yang direkrutnya di Kalimantan. Setelah pendakian yang berhasil ini, mulai banyak pendaki yang mengikuti jejak Lorentz untuk menaklukan Puncak Jayawijaya. Apakah kamu juga berminat untuk mendaki gunung seindah ini ? segeralah berangkat ke puncak jayawijaya, hehehehe.

Itu dia 11 tempat wisata alam Indonesia yang sangat menakjubkan dan sudah mendunia, semoga informasi yang saya sampaikan ini bermanfaat buat kamu, terutama yang hobby traveler.


Saran lainnya