Puncak Damar, Objek Wisata Baru Waduk Jatigede


Wisata baru Sumedang – Setelah kemarin kita mengulas sekilas tentang tempat wisata baru rumah warna warni di kota Balikpapan dan hari ini kita akan melihat lihat objek wisata indonesia dilain daerah tepatnya di sumedang yang terletak di provinsi Jawa Barat.. Secara geografis Sumedang ini berada sekitar 45 km Timur Laut Kota Bandung yang ini berbatasan dengan Kabupaten Indramayu sebelah Utara, Kabupaten Majalengka di Timur, Kabupaten Garut di Selatan, Kabupaten Bandung di Barat Daya, serta Kabupaten Subang di Barat.

Waduk JatiGede

Apakah anda orang jawa barat? Jika iya, mungkin sudah tahu tempat ini atau setidaknya pernah mendengarnya, bahkan anda yang mungkin tinggal di luar pulau jawa pun sudah tahu akan waduk jati gede. Dimana Waduk Jatigede ini memang sudah sering diberitakan di media karena proses pembuatannya yang sangat lama dan sempat menjadi sengketa. Kabarnya objek wisata ini telah dirancang sejak jaman Hindia-Belanda, dan baru saja diresmikan pada tahun 2015 terakhir ini.

Waduk jatigede merupakan salah satu waduk terbesar di Indonesia, dikelilingi oleh gunung-gunung besar di sekelilingnya. Jalanan yang berkerikil terbentang di sepanjang jalan Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja, Sumedang. Dengan kendaraan sepeda motor, sobat traveller akan memerlukan waktu kurang lebih 1 jam untuk bisa sampai ke desa yang berjarak 45 kilometer dari pusat Kota Sumedang ini.

Jatigede terletak di kanan jalan Desa Pakualam, uniknya dikiri jalan ada rumah atau warung yang terbuat dari kayu yang terlihat sangat sederhana. Tempat wisata ini didirikan berkat hasil kerja sama antara Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten Kesatuan Pemangkuan Hutan Sumedang dengan LMDH yang merupakan lembaga masyarakat Pakualam.

Foto/2016 - Proyek Pembangunan Wisata Waduk Jatigede
Foto/2016 – Proyek Pembangunan Wisata Waduk Jatigede

Tapi hari ini kita tidak hanya sekedar membahas sejarah tentang Waduk Jatigede, tinggalkan sejenak karna kita akan melihat objek wisata baru didaerah ini. Karena kabarnya setelah resmi peluncurannya sejak tahun 2005 lalu oleh pusat, waduk jatigede selain menjadi sumber tenaga untuk PLTA dan irigasi persawahan, kini telah disulap menjadi objek dan destinasi wisata luar biasa di sumedang mulai bermuculan tempat wisata baru, salah satunya yang akan kita bahas kali ini, yaitu objek wisata menarik yaitu Puncak Damar Sumedang.  Tempat wisata ini selalu buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 16.00 dan biasanya akan sangat ramai dikunjungi pada musim liburan.

Objek Wisata Puncak Damar Sumedang

Dimanakah kita dapat mendaki Puncak Damar ini? Tidak perlu beranjak dari waduk jatigede yang terkenal di sumedang karna memang objek wisata yang dimaksudkan berada di salah satu gunung yang berada di sisi waduk/bendungan jatigede, jadi ketika kita berada di sana kita akan melihat keindahan waduk yang menghampar luas dikelilingi gunung-gunung.

Objek Wisata Puncak Damar - Jatigede - Sumedang
Objek Wisata Puncak Damar – Jatigede – Sumedang – Jawa Barat

Bagaimana anda siap untuk mendaki puncak tertinggi? Tidak perlu dicemaskan bila anda bukanlah pendaki profesional untuk menaklukkan gunung untuk sampai di Puncak Damar, karena kawasan ini bisa dilalui oleh kendaraan, baik itu menggunakan roda dua atau roda empat. Tapi seperti disebutkan diatas bahwa memang tempat wisata ini masih dalam proses pengembangan berkelanjutan, sehingga akan ada beberapa titik yang hanya dapat dilalui dengan berjalan kaki saja. Tapi itupun hanya sebagian kecil yang masih mungkin perlu di perbaiki. Selain itu, mungkin kedepannya jalannya akan menjadi lebih baik, atau mungkin sekarang jalannya sudah lancar? kita tidak tahu sepanjang belum kesana :).

Dari sebagian pengunjung yang pernah datang ke Puncak Damar, menurut mereka tempat wisata ini cukup nyaman dan strategis, berpotensi untuk terus dikembangkan. Bahkan sekarang ini, apalagi saat musim liburan pasti akan banyak traveller yang sedang menjejaki objek wisata ini.

Dari atas Puncak Damar Sumedang ini, kita bisa menikmati makanan khas lokal sungai cimanuk, misalkan lezatnya ikan Tawes dan ikan Paray. tetap segar karena ikan-ikan yang dimasak adalah ikan yang dipelihara dikolah dan bukan ikan yang telah lama disimpan. Makanan khas ini adalah ikan segar yang setiap paginya ditangkap dari genangan Waduk Jatigede, yang dibangun dengan membendung sungai Cimanuk tersebut.

Wisata Hemat

Nah yang paling penting bagi sebagian orang adalah berwisata dengan hemat biaya akomodasi dan transportasi. Untuk menuju dan berwisata ke puncak ini, kita cukup membawa uang 5 ribu rupiah saja sudah bisa masuk ke daerah kawasan puncak damar. Sedangkan jika anda tidak membawa persedianan makanan dan minuman, wahana wisata di puncak damar menyediakan warung warung untuk berbelanja. Kita dapat membeli minuman atau makanan ringan di sana.

Peta Menuju Puncak Damar

Untuk membantu navigasi anda, Berikut adalah peta akses ke objek wisata puncak damar, sumber dari google maps.

Peta Menuju Objek Wisata Puncak Damar
Peta Navigasi: Dari Sumedang Menuju Objek Wisata Puncak Damar

 

Jadi Puncak damar ini merukapan tujuan wisata menarik menurut saya, bagi teman teman traveler yang masih belum pernah ke Puncak ini wajib untuk menjejakinya segera, apalagi musim liburan sudah dekat. Semoga perjalanan wisata anda menyenangkan !


Saran lainnya