Langkah Demi Langkah Cara Menjadi Penulis Artikel


cara menjadi penulis artikel – Meskipun bukan pekerjaan resmi dan berstatus menjadi freelancer namun perlahan – lahan pekerjaan freelancer banyak diminati masyrakat. Ada banyak jenis pekerjaan freelancer di dunia ini dan salah satu yang paling banyak dicari yaitu menjadi penulis artikel.

Ada banyak alasan mengapa profesi ini diminati mulai karena waktu kerjanya yang bisa di atur, pekerjaan bisa dilakukan dimana saja dan juga bisa dijadikan sampingan meskipun kita punya pekerjaan utama.

Apapun alasannya banyak orang yang tertarik bahkan meminta pengajaran bagaimana cara menjadi penulis artikel dan apa yang harus dilakukan. Banyak dari orang yang curhat kepada saya dimana mereka sebenarnya memiliki minat dan bakat untuk menulis namun tidak tahu arah tujuan karena kurangnya pembimbing.

Nah buat kalian yang ingin menjadi penulis artikel berikut Langkah demi langkah cara menjadi penulis artikel yang harus anda pahami dan lakukan.

Langkah Demi Langkah Cara Menjadi Penulis Artikel

cara menjadi penulis artikel
cara menjadi penulis artikel

Pelajari Semua Tentang Artikel

Cara pertama yang harus kalian lakukan yaitu memahami serba – serbi artikel, ada banyak situs dan bloger yang mau membagikan pengalaman dan ilmunya gratis lewat internet. Jadi yang perlu kalian lakukan yaitu mencari informasi tentang artikel ssebanyak  banyaknya.

Pahami strukturnya, tata bahasa yang pas dan juga pahami tetang SEO ( cara mesin penelusur membaca informasi anda ). Banyak orang hobi menulis yang menganggap enteng menulis dan membuat struktur sama menulis artikel dengan emnulis cerpen atau cerita.

Pahamilah sahabat fispol…. menulis artikel tidak sama dengan menulis cerita pendek. Artikel harus berdasarkan fakta dan ada beberapa hal yang perlu ditambahkan agar artikel mudah di baca seperti penambahan heading, keyword, meta decription dan lain – lain.

Buat Langkah Pertamamu

Jika anda sudah bisa menulis artikel yang berbobot, jangan lupa mengeceknya dengan aplikasi copy scape atau aplikasi plagiarism untuk melihat apakah tulisan yang kalian hasilkan lolos copy scape atau tidak.

Jika lolos copy scape dan layak dibaca terbitkan tulisanmu, dimana ?

Ada banyak tempat dan cara untik menerbitkan tulisan, kalian bisa mencari lowongan kerja menulis artikel di berbagai situs freelancer atau di situs lowongan kerja. Mungkin agak sulit terlebih lagi jika kalian belum berpengalaman sama sekali, akan lebih mudah jika anda memiliki kolega yang bekerja sebagai penulis.

Menjadi Penulis Tamu

Jika mendapatkan pekerjaan menulis artikel dirasa sangat sulit, kalian bisa mencoba menjadi penulis tamu di berbagai situs web. Ada banyak situs yang membiarkan penulis tamu untuk menulis di situsnya, ada yang dibayar dan ada yang tidak.

Jadi pentig sekali mencari informasi ya apakah tulisan yang kalian terbitkan dibayar atau tidak, karena banyak juga situs yang tidak membayar tulisan kalian. Untuk situs – situs tidak dibayar seperti ini bisa kalian jadikan tempat latihan mengembangkan kemampuan belajar menulis artikel.

Menjadi Penulis Di Situs Berbayar

Ynag sednag trend saat ini yaitu ada beberapa situs yang menawari penulis untuk menjadi bagain dalam situs tersebut sebagai penulis dan dibayar jika artikel yang dibuat memenuhi syarat dan di publikasikan, seperti IDN, Hipwee, Babe dan lain – lain.

Tapi syangnay tidak semua penulis bisa survive di sini karena untuk menjadi penulis di situs tersebut harus melewatti berbagai tahapan panjang dan bahkan ada juga yang sudah mengirim berkali – kali namun tidak lolos di editor.

Membuat Situs Sendiri

Tidak ada yang menerima lamaranmu ? jasamu ? dan tulisan kamu nggak pernah diterbitkan ?.

Mungkin itu sudah saatnya ya kalian harus berdiri sendiri sebagai founder sebuah situs, buatlah situsmu sendiri, kelola dengan baik dan kalian akan mendapatkan penghasilanmu sendiri. Baca juga carafounder start up atau bloger mendapatkan penghasilan dari situsnya.

Nah itu tadi Langkah demi langkah cara menjadi penulis artikel  yang harus anda lakukan, nah dari sini tentunya kalian sudah tahu bukan apa yang harus anda lakukan untuk memulai usaha anda.


Saran lainnya