Fakta Susu Kental Manis Yang Harus Anda Ketahui


Fakta Susu Kental Manis – Susus kental manis menjadi perbincangan hangat akhir – akhir ini, semua ini karena pernyataan BPOM dimana ternyata susu kental manis tidak mengandung susu sama sekali di dalamya.

Sehingga hal ini menimbulkan kepanikan dan juga keingin tahuan tentang susu kental manis yang beredar saat ini. Seperti yang kita tahu sejak kecil banyak orang yang mengatakan susu kental manis dengan berbagai merk adalah susu dalam bentuk kental dan memiliki rasa manis.

Dari info diatas banyak orang yang menggunakan susu kental manis sebagai tambahan nutrisi bagi buah hati. Selain untuk nutrisi susu kental manis juga cocok disansingkan dengan berbagai camilan seperti roti, martabak dan lain – lain.

Jadi susu menjadi bahan makanan wajib yang selalu ada di dapur ya, namun setelah pemberitaan BPOM tersebut apakah anda masih ingin menggunakan susu kental manis? Nah sebelum memutuskan berikut fispol.com berikan info Fakta Susu Kental Manis yang harus anda ketahui.

fakta susu kental manis
fakta susu kental manis

Fakta Susu Kental Manis

Susu Kental Manis ( SKM )

Sebenarnya susu kental manis adalah susu sapi yang dibuang kandungan airnya dan ditambahkan gula sehingga memiliki rasa yang manis dan legit. Penggunaan susu kental manis sendiri cocok untuk berbagai hidangan seperti es oyen, martabak, roti bakar dan lain – lain.

Tapi sayangnya berdasarkan penelusuran dari BPOM susu kental manis yang beredar di masyarakat saat ini tidak mengandung susu. Susu kental manis yang ada hanya mengandung campuran gula dan air yang dikentalkan.

Bahaya Susu Kental Manis

Karena tidak mengandung susu, susu kental manis memiliki dampak buruk pada kesehatan jika penggunaanya berlebihan seperti obesitas, penyakit gula darah dan kerusakan gigi pada anak.

Seperti yang kita tahu gula yang terdapat dalam makanan akan diubah menjadi energi namun karena tingginya insulin dalam tubuh gula tersebut tidak bisa diproses dan mengendap di aliran darah dan bisa menimbulkan berbagai bahaya lainnya seperti pemicu obesitas.

Susu Kental Manis di Tarik Dari Peredaran

Seteah keluarnya pernyataan dari BPOM banyak produk susu kental manis yang ditarik dari pasaran sehingga wajar jika anda tidak menemukan produk ini. Dan sebagaian produsen telah mengganti tulisan Susus Kental Manis menjadi kental manis.

Tidak Cocok Dikonsumsi Anak Dibawah 3 Tahun

Dalam kemasan susu kental manis jelas tertulis jika produk tersebut tidak cocok digunakan untuk anak dibawah 3 tahun. Tapi sayangnya banyak juga ibu rumah tangga yang memberikan susu tersebut kepada anak – anaknya.

Pemberian gula berlebihan tidak baik untuk anak dibawah umur karena bisa menyebabkan berbagai masalah serius seperti karies gigi, penyakit gula darah, kelebihan berat badan dan lain – lain.

Susu Kental Manis Tidak Berbahaya

Tidak semu produk yang ditangkap BPOM tidak aman ya, faktanya BPOM akan menarik suatu produk karena produk tersebut belum terdaftar, produk mengandung zat berbahaya, produk tidak sesuai. Dan dalam kasus susu kental manis ini BPOM menegaskan jika susu kental manis tidak berbahaya.

Tapi adanya permasalahan pada iklan dan label, dalam iklan digambarkan jika susu kental manis adalah pengganti atau penambah nutrisi namun faktanya tidak. Susu kental manis tidak bisa menggantikan nutrisi.

Nah itu tadi Fakta Susu Kental Manis yang harus anda ketahui, dan jangan lupa daftar sarden bercacing yang di release BPOM.


Saran lainnya