Bagi Anda Yang Ingin Menikah, Berikut Tips Menghemat Biaya Nikah


Hemat Biaya Nikah – Nah jika sebelumnya fispol.com telah memberikan cara mengurus surat pengantar nikah. Kali ini fispol akan membahas tentang menghemat biaya nikah. Nikah ternyata tidak semudah yang kita bayangkan ya.

Karena sebenarnya ada bayak hal yang anda ketahui sebelum menikah baik kesiapan dalam hidup, berumah tangga, reproduksi dan yang paling penting yaitu biaya. Biaya dalam menikah sering kali menjadi hambatan banyak orang untuk melakukannya.

Seperti yang kita tahu biaya nikah setiap tahun akan terus naik, dimana gedung yang biasanya bisa kita sewa dengan harga 25 juta mungkin di tahun depan kita tidak bisa lagi menggunakannya dengan uang tersebut.

Sehingga banyak orang yang hanya melangsungkan pernikahan hanya sekedar ijab kabul dan merayakannya dengan orang sekitar. Sebenarnya hal ini bagus ya karena yang terpenting dalam pernikahan bukanlah mewahnya suatu acara tapi kesiapan dan komitmen kedua pengantin.

Eitsss.. namun buat anda yang ingin menikah tapi tetap ingin menghemat biaya nikah, berikut beberapa tips dari fispol.com yang bisa anda coba.

Tips Hemat Biaya Nikah

hemat biaya nikah
hemat biaya nikah

Batasi Undangan

Cara pertama yang bisa anda gunakan yaitu membatasi jumlah undangan yang ada, seperti yang anda tahu semakin banyak tamu maka pengeluaran juga akan semakin banyak. Undanglah secukupnya yang anda mampu, jangan memaksakan keuangan anda jika tidak mampu mengundang banyak orang.

Bukan hanya membatasi, gunakan undangan elektronik, seperti yang anda tahu jika undangan dihargai antara 1000 – 10000 tergantung model dan jenis. Tapi saynagnya setelah acara tersebut, undangan kita akan menjadi sampah tidak berguna.

Untuk menghemat keuangan dan juga menghindari hal tersebut gunakan undangan dan kirim menggunakan aplikasi. Di jaman yang modern ini lumrah kok menggunakan undangan seperti ini.

Souvenir

Souvenir sebenarnya tidaklah terlalu penting ya bagi anda pengantin, souvenir digunakan untuk memberikan kenang – kenangan atau oleh – oleh untuk para tamu. Tapi sayangnya karena gengsi banyak juga para pengantin yang ingin memberikan souvenir mahal.

Padahal hal ini bisa menambah pengeluaran, untuk menghemat pengeluaran anda bisa membuat souvenir sendiri sehingga lebih hemat. Ada banyak tutorial membuat souvenir yang bisa anda lihat di youtube.

Mahar Atau Mas Kawin

Banyak para wanita yang ingin mahar dan hantaran yang sesuai dengan keinginannya dan juga mahal. Namun sayangnya hal ini tidak baik ya, karena di beberapa kepercayaan di Indonesia memberatkan calon pengantin laki – laki dengan mahar yang tinggi tidak dianjurkan.

Nah jadi selain menjalankan ajaran di atas anda juga bisa menghemat pengeluaran pernikahan dengan mempermudah mas kawin yang disyaratkan. Bahkan untuk menghemat anda  bisa membuat hiasan hantaran mahar sendiri daripada membelinya di toko.

Gunakan Halaman Sendiri

Banyak orang yang menyewa gedung untuk melangsung pernikahan karena tidak adanya tempat yang memadai untuk acara tersebut. Tapi bagaimana jika anda memiliki tempat yang memadai ? seperti halaman belakang?.

Nah untuk menghemat pengeluaran anda bisa menggunakan halaman belakang dan menerapkan garden party. Garden party sedang trend akhir – akhir ini, selain menghemat biaya anda juga bisa menikmati suasana kekeluargaan di acara tersebut.

Menyewa Baju Pengantin

Bnayk orang yang ingin membeli dan mebuat baju pengantinnya sendiri saat ini, hal ini wajar karena setiap perempuan ingin tampil cantik di hari bahagianya. Tapi syangnya setelah membeli baju pengantin tersebut tidak banyak yang bisa dilakukan pada baju tersebut.

Karena tidak mungkin kita menggunakannnya di hari – hari biasa. Nah akan lebih baiknya jika anda menggunakan baju peninggalan keluarga anda atau menyewa baju pengantin saja daripada harus membayar harga tinggi untuk baju pengantin.

Make Up Sendiri

Seiring perkembangan jaman dan informasi kini ada banyak wanita yang pintar berdandan dan jika anda memiliki kemampuan bermake up tidak ada salahnya ya menunjukan kemampuan anda di hari special.

Jika anda bisa melakukannya bukan hanya bisa menghemat  anggaran biaya nikah tapi juga bisa jadi promosi pertama anda menjadi salah satu MUA.

Nah itu tadi tips hemat biaya nikah yang bisa anda lakukan. Selamat mencoba


Saran lainnya