Ini foto-foto Proses Meluncur Hingga Mengorbitnya Satelit Telkom 3s


Jakarta, Fispol.com – Beberapa waktu lalu, Satelit Telkom 3S telah sukses diluncurkan dari Guyana Space Centre dan sekarang telah ada di orbit dan bisa beroperasi. Ini sekaligus menegaskan akan ambisi telkom untuk menjadi raja setelit diasia sudah semakin mendekat. Setidaknya ini akan menambah jumlah satelit telkom diatas permukaan bumi.

Satelit ini adalah satelit komunikasi geostasioner milik Telkom Indonesia. telkom 3s ini diorbitkan di atas equator yang bergerak mengelilingi bumi dengan lintasan berbentuk lingkaran dan memiliki sumbu rotasi yang sama dengan planet bumi. Salah satu tujuan dalam peluncuran satelit baru telkom ini adalah untuk mengurangi kesenjangan akses informasi di seluruh pelosok negeri, khususnya di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil).

Spesifikasi Satelit Telkom 3s

Spesifikasi Satelit Telkom 3s
Spesifikasi Satelit Telkom 3s

Seperti yang dilaporkan bahwa Satelit Telkom 3S telah sukses mencapai orbit tepat pada 118 derajat Bujur Timur (BT), setelah meluncur pada 15 Februari lalu di Kourou, Guyana Perancis. Dengan demikian, satelit yang membawa 49 transponder ini resmi beroperasi yang terdiri dari 10 KuBand, 24 C Band, dan 8 Extended. Sedangkan untuk Masa operasinya dari setelit ini diperkirakan hingga 18 tahun yang akan datang.

Foto peluncuran satelit Telkom 3s


Saran lainnya