Berikut Mitos Lagu Pengundang Hantu, Masih Berani Nyanyiin Nggak ?


Lagu Pengundang Hantu – Hantu, setan atau makhluk astral bukanlah hal yang baru bagi masyarakat negeri kita, sejak nenek moyang kepercayaan ini telah ada dan melekat dalam kehidupan masyarakat sampai sekarang.

Banyak mitos yang berkembang di masyarakat yang berhubungan dengan makhluk astral, terlebih lagi beberapa suku di Indonesia yang percaya jika di dunia ini tidak hidup sendiri melainkan ada makhluk dunia lain yang hidup berdampingan dengan kita.

Nah dari mitos – mitos yang berkembang ada mitos lagu pemanggil hantu yang dipercaya dapat mendatangkan hantu atau roh halus di sekitar kita saat bernyanyi, berikut fispol.com merangkum mitos 7 lagu pengundang hantu.

Mitos Lagu Pengundang Hantu

lagu pengundang hantu
lagu pengundang hantu

Lingsir Wengi

Lagu Lingsir wengi pada awalnya bukanlah lagu horor atau lagu pemanggil hantu, karena lagu lingsir wengi sebenarnya adalah kidung yang dinyanyikan dan diciptakan oleh Sunan Kali Jaga salah satu sunan yang berisi doa dan perlindungan saat malam.

Namun setelah adanya film “kuntilanak” yang disutradarai Rizal Mantovani, lagu lingsir wengi menjadi seram, horor dan dipercaya dapat mengundang hantu bahkan banyak masyarakat yang takut mendengarkan lagu lingsir wengi, karena adanya beberapa lirik yang diubah dan diganti dengan lirik atau kata – kata lainnya yang seolah mengundang hantu seperti berikut ini :

Lingsir Wengi sliramu tumeking sirno

Ojo tangi mnggonmu guling

awas jo ngetoro

aku lagi bang wingo wingo

jin setan kang tak utusi

Dadyo sembarang

wojo lelayutan

Meskipun lagu coveran dari film tersebut seram namun ada baiknya anda anda juga mempelajari lagu lingsir wengi yang asli karena jangan sampai lagu tersebut menjadi lagu yang akan ditakuti masyarakat seumur hidup.

Lagu Jailangkung

Jailangkung jailangsat

Disini ada pesta

Pesta kecil – kecilan

Datang tidak diundang

Pulang tidak di antar

Bagi anda generasi 90-an fenomena jailangkung sempat booming dan membuat rasa penasaran publik, banyak orang yang penasaran dengan lagu tersebut apakan benar – benar bisa mendatangkan roh halus atau tidak dan mencobanya.

Permainan ini biasanya di lakukan lebih dari 2 orang dimana mereka menyanyikan lagu tersebut bersama – sama dan salah satu memegang boneka yang telah dibuat lengkao dengan pena di tangan boneka tersebut. Katanya setelah roh masuk ke dalam jailangkung, pemain permainan tersebut bisa menanyai apapun kepada boneka jailangkung tersebut.

Banyak orang yang mencoba dan merasa ketakutan, ada mitos yang mengatakan terkadang roh halus yang datang tidak mau pulang dan mengikuti orang yang memanggilnya sampai sang pemanggil dapat mengembalikan roh makhuk halus tersebut ke tempatnya, gimana masih mau coba ?

Gaby – Tinggal Kenangan

Lagu berikutnya yang membuat rasa takut warga adalah lagu Gaby berjudul tinggal kenangan, tidak ada tahu yang jelas siapa pencipta dan cerita dibalik lagu tersebut karena hingga saat ini lagu tersebut masih menjadi perebutan beberapa orang yang mengklaim lagu tersebut miliknya.

Beberapa orang yang menyanyikan lagu tersebut mengaku di datangi oleh hantu dan saat cerita itu tersebar lagu tinggal kenangan menjadi populer dan perdebatan, percaya atau tidak ? itu semua tergantung keyakinan masing – masing individu.

Asereje

Lagu ini sempat hitz dan fenomenal di seluruh negara termasuk di indonesia dan dibawakan oleh group vocal bernama last ketchup

Lagunya yang asik, mudah diingat dan memiiki gerakan unik ini membuat lagu ini populer pada masa itu, namun semuanya berubah saat ada banyak isu tersebar jika lagu tersebut adalah lagu pemanggil roh halus atau bahkan dianggap sebagai lagu penyambutan iblis.

Ditambah lagi dengan arti dari liric lagu tersebut yang sebagian tidak memiliki arti dalam bahasa spanyol sehingga dianggap sebagai mantra pemanggil iblis atau roh halus.

Lagu Nina Bobo

Pada awalnya lagu nina bobo bukanlah lagu yang seram namun lagu penghantar tidur yang membuat tidur kita lebih nyenyak.

Namun pernahkan nada berpikir siapa “nina” dalam lagu tersebut ? Menurut mitos yang beredar nina bernama asli Helenina Mustika van Rodjnik keturunan antara Indo – Belanda yang telah meninggal saat berumur 4 tahun dan ibunya selalu menyanyikan lagu tersebut sambil mengingat nina sampai akhirnya nina kembali menemui sang ibu dalam wujud roh halus.

Nah itu tadi Mitos Lagu Pengundang Hantu yang beredar di Indonesia, percaya atau tidak semua tergantung kepercayaan masing – masing yang terpenting adalah bijak dalam bertindak dan melakukan sesuatu karena kita tidak tahu apa yang ada di sekitar kita.


Saran lainnya