Fakta Menarik dan Cara Membasmi Kecoa Dengan Benar


Kecoa – Banyak orang yang takut atau jijik dengan kecoa bahkan ada banyak orang yang mengalami penyakit kejiwaan seperti pobia dengan kecoa padahal kecoa adalah salah satu serangga kecil bukan hewan yang mengerikan.

Namun karena selalu hidup di lingkungan kotor, kecoa menjadi hewan mengerikan yang dianggap bisa menularkan berbagai macam penyakit, tapi tahukah anda jika kecoba ada di seluruh dunia kecuali di kutup utara ?

Nah berikut fispol.com akan memberikan informasi fakta menarik kecoa dan cara membasmi kecoa dengan benar.

kecoa
kecoa

Kecoa

Kecoa biasa dai sebut dengan limpas atau coro (dalam bahasa jawa ) adalah salah satu jenis serangga dari ordo Blattodea yang memiliki spesies lebih dari 3500 dan 6 familia yaitu blabiridae, blattellidae, blattidae, cryptocercidae, polyphagidae dan nocticolidae.

Karakteristik Kecoa

Kecoa merupakan binatang yang berkembang biak dengan cara bertelur, setelah melakukan perkawinan kecoa akan bertelur dan induk akan membawa kemanapun telur miliknya sampai semua telur menetas.

Kecoa sendiri adalah omnivora atau hewan pemakan segala, kecoa bisa hidup dengan makan apapun sehingga tidak heran dimanapun dia berada kecoa tetap bisa hidup.

Habitat Kecoa

Kecoa bisa hidup di mana saja kecuali di wilayah kutup baik kutup utara dan selatan, jadi tidak ada tempat kecuali 2 tempat tersebut yang aman dari kecoa bagi orang yang takut kecoa.

Sedangkan untuk sehari – hari kecoa lebih suka hidup di tempat yang gelap sehingga tidak heran jika banyak kecoa yang bersembunyi di got pada saat siang hari karena kecoa tidak suka cahaya terang.

Keunggulan Kecoa

Meskipun kecil dan bisa mati dalam satu pijakan namun kecoa bisa dibilang makhluk purba karena karena dapat bertahan hidup dibandingkan makhluk lainnya terbukti saat bom nuklir di tahun 1945 di Hirosima dan Nagasaki kecoa bisa bertahan dari efek nuklir tersebut.

Kecoa adalah makhluk berdarah dingin yang bisa tahan hidup dengan tidak makan hingga 1 bulan lamanya dan bisa bertahan hidup tanpa kepala hingga 1 minggu, ini karena memiliki  sitem peredaran darah terbuka.

Selain kelebihan di atas, kelebihan kecoa lainnya dalah kecoa mampu menahan nafas hingga 30 menit di dalam air, ini semua karena kecoa sering menahan nafas untuk mengatur kadar air dalam tubuhnya, mau coba berlomba tahan nafas di dalam air dengan kecoa nggak ? heee

Makanan Dari Kecoa

Meskipun termasuk hewan yang identik dengan kotor dan juga menjijikan namun di Thailand dan Vietnam kecoa banyak dijadikan makanan camilan yang bisa anda temui di sepanjang pasar malam atau tempat khusus makanan ekstreem.

Kecoa dipercaya memiliki kandungan protein yang tinggi yang bisa dijadikan pengganti makanan protein lainnya.

Cara Membasmi Kecoa Dengan Benar

Kecoa memang memiliki ketahanan hidup yang luar biasa, bayangkan saja dia bisa hidup tanpa kepala, tanpa makan bahkan lolos dari bom nuklir hingga membuat masyarakat geram dan bingung cara membunuh kecoa dan salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan menggencet tubuh kecoa hingga hancur agar mati.

Namun belakangan cara ini banyak menuai kontroversi, banyak media sosial yang memberitakan jika membunuh kecoa hingga mati dapat menyebabkan bakteri menyebar di ruangan tersebut karena di dalam perut kecoa terdapat cacing halus yang bisa masuk menembus pori – pori.

Berita ini menjadi heboh dan banyak orang yang tambah bingung bagaimana cara membasi kecoa, faktanya cacing halus yang dapat menembus pori – pori yang di kabarkan tersebut tidaklah benar, dikutip dari detik.com menurut Dr. drh. Upik Kesumawati Hadi, MS berkata :

“Kalau keluar isi perutnya dan kuman-kuman seperti bakteri, cacing dan telur cacing menempel makanan, tentu bisa berisiko. Tapi kecoa kan biasanya hidupnya di bawah, di lantai, tidak di dekat makanan.”

Nah jadi cara tepat yang bisa anda lakukan untuk membasmi kecoa adalah dengan menyemprot kecoa dengan pestisida atau obat pembasmi kecoa dan jangan lupa selalu bersihkan ruangan anda dan jangan biarkan lembab karena kecoa suka tempat yang gelap.

Nah itu tadi Fakta Menarik dan Cara Membasmi Kecoa Dengan Benar, selamat mencoba.

 


Saran lainnya