Cara Mengatasi Anak Mabuk Perjalanan Pada Anak


Mengatasi anak mabuk perjalanan pada anak – Salah satu hal yang patut di waspadai saat melakukan perjalanan baik mudik atau perjalanan wisata adalah mabuk perjalanan. Penyakit ini bukanlah penyakit yang serius namun kehadirannya membuat seisi kendaraan mengalami kehilangan mood.

Mabuk perjalanan bisa terjadi pada siapa saja baik anak – anak maupun orang dewasa. Dan biasanya jika orang tersebut sering mabuk perjalanan maka dia akan mudah terserang mabuk perjalanan meskipun sudah melakukan berkali – kali perjalanan.

Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh gerakan yang dialami selama perjalana, karena goncangan, karena pengereman dan lain – lain. Meskipun terbilang penyakit tidak mematikan dan berbahaya namun masih banyak orang yang mengalami hal ini.

Terhitung lebih dari 150 ribu kasus pertahun di Indonesia yang mengalami hal ini. Untuk orang dewasa yang sudah mengalami hal ini tentunya bukanlah hal yang sulit menyesuaikan diri dengan penyakit ini.

Namun bagaimana dengan anak – anak ?

Nah untuk anda yang hendak bepergian bersama anak berikut cara mengatasi anak mabuk perjalanan pada anak yang bisa anda lakukan.

Mengatasi anak mabuk perjalanan pada anak

Kenali Gejala Mabuk Perjalanan

Penting sekali ya bunda untuk mengetahui gejala awal dari mabuk perjalanan, perhatikan tingka laku anak. Sebagai seorang ibu pastiny anda akan lebih mudah mengenali perilaku anak jika ada hal aneh.

Mabuk perjalanan biasnaya di tandai dengan munculnya keringat dingin, kehilangan selera makan, bersendawa, dan lain – lain. Jika tanda – tanda awal sudah muncul hentikan perjalanan jika anda menggunakan mobil.

Namun jika anda menggunakan pesawat, alihkan perhatian anak keluar jendela agar sang anak bisa menikmati perjalanan.

Alihkan Perhatian

Jika pengalihan di atas tidak cukup efektif anda bisa mengalihkan perhatian anak dengan mengajaknya berbicara, mengajaknya bernyanyi atau melakukan permainan bersama. Jangan biarkan anak tertuju pada 1 titik fokus seperti membaca buku, bermain adget dan lain – lain.

Sedia Camilan

Meskipun saat mabuk perjalanan sang anak tidak nafsu makan namun stok makanan harus ada karena tubuh yang kekurangan asupan makanan dan cairan akan lebih memburuk jika tidak segera dimasuki suplay makanan.

Jika anda bisa mengolah makanan sendiri, ada baiknya bawalah camilan sehat sendiri, jika mual pada anak parah dan tidak bisa makan makanan berat berilah anak buah yang mudah dicerna oleh perut dan segar. Buah – buahan yang segar bisa mengarkan tubuh yang lemah.

Jalan Di Jam Tidur

Jika sang anak sering mengalami mabuk perjalan, ada baiknya pilihlah waktu keberangkatan pada saat jam tidur anak untuk mengurangi rasa mual. Dengan begitu saat perjalanan sang anak bisa tidur dengan nyenyak.

Jika hal tersebut tidak bisa dilakukan, suruhlah anak anda tidur jika mengalami gejala awal mabuk perjalanan.

Udara Sejuk

Berikan udara sejuk pada anak, bukalah cendela agar sirkulasi udara lancar dan menghindari bau dalam mobil, bis atau kendaraan. Selain itu sebelum berangkat jika menggunakan mobil pribadi tanyakan sang anak parfum mobil apa yang dia sukai.

Beberapa jenis parfum bisa memperparah kondisi sang anak, pilihlah aroma parfum mobil yang lembut.

Suruh Sang Anak Melihat Ke Arah Depan

Untuk mengurangi efek mabuk perjalanan suruhlah anak melihat ke depan kearah 1 titik untuk mengurangi goncangan – goncangan, Namun ada baiknya suruhlah anak untuk tidur jika bisa.

Siapkan Obat Anti Mabuk Perjalanan

Ada banyak jenis obat mabuk perjalanan yang bisa anda dapatkan di toko atau di apotek. Obat ini memberi efek mengantuk sehingga bisa mengurangi gejala mabuk perjalanan selama di jalan.

Nah itu tadi cara Mengatasi anak mabuk perjalanan pada anak yang bisa anda jadikan referensi. Jika terjadi efek samping dari mabuk perjalaan yang parah jangan ragu untuk memeriksakannya pada pihak medis. Baca juga tips mudik aman bersama anak.


Saran lainnya