Motif Batik Yang Paling Banyak Dicari Dan Diminati di Luar Negeri


Motif Batik – Batik adalah salah satu kerajinana tangan Indonesia yang telah dinobatkan sebagai produk asli dari Indonesia. Dengan adanya pengakuan tersebut maka tidak heran jika ada banyak orang yang menyukai dan juga mencari bati baik orang priumi sendiri sebagai pemilik batik maupun wisatawan asing.

Sebagai salah satu kain yang unik dengan proses pembuatan yang cukup sulit tidak heran jika batik bisa menjadi barang langka dan juga dicari saat ini, dan karena kebutuhan tersebut maka tidak heran jika ada banyak tiruan batik seperti batik yang dibuat dengan cara diprint dan lain – lain.

Meskipun hanya tiruan tapi batik – batik tersebut laku dan banyak dibeli di pasaran dengan alasan ekonomis, ya…. harga batik yang dipatok dengan harga jutaan kadang membuat sebagian orang tidak bisa membelinya.

Namun untuk kolektor atau wisatawan luar negeri sendiri tidak menjadi masalah karena harga yang dibayarkan sesuai dengan keaslian dan juga hasil yang didapatkan, tapi dari sekian banyak batik yang ada di Indonesia tidak semua batik bisa diterima oleh masyarakat luar negeri. Hanya ada beberapa motif batik yang paling banyak dicari dan diminati di luar negeri seperti berikut ini.

motif batik
motif batik

Motif Batik Yang Paling Banyak Dicari Dan Diminati di Luar Negeri

Motif Kawung

Motif kawung adalah salah satu motif tertua di indonesia, meskipun motifnya sederhana dan juga simpel namun hal ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang terlebih lagi orang luar negeri.

Bukan hanya orang luar negeri namun masyarakat Indonesia sendiri juga banyak mencari motif kawung baik untuk busana laki – laki maupun perempuan, motif dan warna dasarnya yang terlihat kuno mencerminkan keeleganan dan juga kewibawaan saat menggunakannya.

Motif Sekar Jagad

Sesuai dengan namanya motif segar jagad adalah motif dimana di dalam satu kain terdapat banayak motif, jika biasanya corak atau gambar dalam 1 kain hanya monoton motif yang sama namun di kain batik sekar jagad ada banyak motif.

Motif sekar jagad sendiri adalah salah satu batik atau motif dari Solo, sedangkan warnanya ya g coklat bisa melambangkan kewibawaan sang pemakai.

Motif Batik Keraton

Sesuai dengan namanya motif batik keraton sebenarnya adalah salah satu motif batik yang biasanya digunakan oleh abdi dalem keraton Yogyakarta dan motif ini berasal dari Yogyakarta.

Meskipun di jaman dulu motif – motif ini hanya boleh digunakan oleh orang – orang tertentu namun dijaman sekarang semua orang boleh menggunakan motif ini baik untuk pakaian sehari – hari maupun pakaian formal.

Karena keistimewaan tersebut maka tidak heran jika banya pecinta batim dari luar negeri yang tidak akan pernah melewatkan batik motif keraton sebagai koleksinya.

Batik Solo

Siapa yang tidak kenal dengan batik Solo, Solo adalah salah satu penghasil batik yang banyak dicari masyarakat baik masyarakat dalam negeri maupun luar negeri.

Motif batik Solo sendiri dominan berwarna coklat dan pemasarannya pun sudah bisa ditemukan diberbagai pasar – pasar maupun toko batik.

Motif Batik Pekalongan

Meskipun tidak seformal dan juga seantik batik dari Solo dan Jogja namun batik pekalongan yang berwarna cerah banyak dicari dan diburu oleh masyarakat terlebih bagi masyarakat yang ingin menggunakan batik namun menginginkan kesan yang modern.

Anggapan kuno dalam batik sampai sekarang membuat sebagian orang enggan menggunakan batik namun dengan adanya batik Pekalongan banyak masyarakat yang berani menggunakan batik.

Untuk motif batik pekalongan sendiri dipengaruhi oleh budaya arab mengingat di jaman dulu Pekalongan adalah salah satu tempat berlabuh saudagar Arab yang pergi berdagang.

Motif Parang

Siapa yang tidak kenal dengan motif parang, motif parang memiliki arti dan makna yang berbeda – beda tergantung penggunaanya.

Saat digunakan untuk kenaikan jabatan motif ini cocok sebagai busana anda karena melambangkan pangkat yang akan terus naik, sedangkan untuk acara penikahan sendiri parang dilarang digunakan dengan alasan memiliki makna jelek yaitu dapat merusak hubungan.

Sedangkan untuk acara kematian sendiri orang jawa sendiri menggunakan motif ini untuk menutupi jenasah orang yang telah meninggal.

Nah itu tadi motif batik yang paling banyak dicari dan diburu orang luar negeri. Jangan lupa untuk membaca bahan hijab yang nyaman untuk pemula.

 


Saran lainnya