Objek wisata baru Sungai Kali Odo di Tuntang Jawa Tengah


Wisata Baru Sungai Kali Odo – Jumpa lagi nih travellers semua di ulasan yang sama tentang topik jalan jalan wisata nusantara Indonesia. Kemarin setelah jalan jalan ke Pantai Teluk Buton dan juga Objek Wisata Puncak Damar, hari ini kita akan kedaerah Semarang, Jawa Tengah. Dan menjadi menarik karena objek wisata ini masih sangat baru dan berupa destinasi sederhana yang berada di pedesaan. Anda tentu mengerti maksud saya dimana daerah pedesaan Gedangan yang masih terjaga akan budaya dan keindahan alamnya memiliki suasana dan pemandangan sedap untuk dipandang.

Gedangan, merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Tuntang, kabupaten Semarang. Desa ini terletak di tengah-tengah kawasan kaki gunung Merbabu dan daerah sekitaran Rawa Pening, sehingga Gedangan mempunyai daerah perkebunan, kehutanan dan persawahan. Desa Gedangan wilayah topografinya 500 m diatas permukaan laut dan beriklim tropis bersuhu kisaran 20 °C – 30 °C sehingga menjadikan Desa Gedangan wilayah yang sejuk, dan cocok dijadikan tempat persinggahan.

Sungai Kali Odo, Gedangan, Tuntang

Sungan Kali Odo - Tuntang
Sungan Kali Odo – Tuntang – Semarang

Seperti dikutip darei suaramerdeka.com menyebutkan bahwa Sungai Kali Odo di Dusun Karang Nongko Desa Gedangan Kecamatan Tuntang terakhir ini mulai dikelola serius oleh pemuda setempat. Disebut disana seorang Remaja Islam Karang Nongko bernama Riska, yang mulai merintis sungai dengan air jernih dari mata air lereng gunung Merbabu, kemudian ini menjadi tempat wisata alam yang menarik bagi wisatawan.

Kabarnya, walaupun memang masih belum ada investor yang membantu dalam hal pengembangan objek wisata sungai kali odo, namun pemuda setempat berkreativitas dan mandiri dalam menata dan mengelola lokasi wisata sungai ini agar lebih layak dikunjungi wisatawan. Biasanya pengunjung dalam sepekan ada ratusan orang. Jumlah akan meningkat saat hari liburan tiba. Hal yang menarik bagi wisatawan adalah karna air di sungai Kali Odo ini masih jernih dengan mata air gunung Merbabu.

Navigasi Wisata Ke Sungai Kali Odo

Navigasi Wisata Sungai Kali odo - Gedangan - Semarang
Navigasi Wisata Sungai Kali odo – Gedangan – Semarang

Tahun ini sudah mulai ada beberapa spanduk dan baliho telah mulai dipasang di jalan masuk menuju Kali Odo. Untuk mencapainya, pengunjung dapat melalui arah Timur, dari perempatan Jalan Lingkar Salatiga, tepatnya di perempatan Gedangan. Sedangkan dari jalur Barat, pengunjung dapat melalui dari arah Banyubiru menuju ke Timur sampai pasar Bandungan Desa Gedangan sekira tiga kilometer untuk sampai di lokasi Sungai Kali Odo.

Jadi dengan berwisata di daerah sungai kali odo ini akan menambah pengetahuan kita akan kekayaan alam, pemandangan berbeda dan udara segar akan memulihkan kondisi letih dan pengap seperti di perkotaan yang sangat pada dan penuh polusi. Selamat berwisata !!!


Saran lainnya