Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Menjalankan Bulan Puasa


Bau Mulut Saat Puasa

Bulan puasa adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim, dimana selama sebulan penuh umat muslim berpuasa dan berlomba-lomba berbuat kebaikan. Banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi disaat bulan ramadhan atau bulan puasa, baik itu masalah godaan iman dan juga masalah kesehatan mulut. Yang sering terjadi pada kita adalah masalah bau mulut, hal ini terjadi karena tidak makan dan minum selama puasa.

Terkadang masih banyak diantara kita yang belum menyadari bahwa ketika kita berpuasa, mulut kita akan terasa tidak nyaman karena bau atau bahkan dapat mengganggu orang lain. Banyak juga yang menyadari hal ini, tapi tidak tahu bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Meskipun dibulan puasa bukan berarti kita harus bermalas-malasan, malas bergerak, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesegaran mulut selama bulan puasa agar terhindar dari bakteri yang menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, saya akan berbagi tips atau cara mengatasi bau mulut saat menjalankan puasa agar mulut kita tetap segar dan wangi meskipun sedang berpuasa.

Jika di artikel sebelumnya saya membahas tentang kesehatan gigi, lain halnya dengan kali ini yang akan fokus pada aroma nafas atau bau mulut saat berpuasa. Tapi keduanya sama-sama berbagi informasi mengenai kesehatan mulut. Ini dia tips atau cara mengatasi bau mulut saat bulan puasa, silahkan disimak ya guys.

1. Banyak minum air putih
Perbanyak minum air putih mulai dari waktu buka puasa sampai imsak, kita harus minum air putih yang cukup yaitu 8-10 gelas perhari. Tapi bukan berarti minum sekaligus, lakukan secara berulang-ulang. Kecukupan cairan dalam tubuh dapat membantu menetralisir bau mulut secara cepat, karena air putih yang kita minum dapat meningkatkan saliva didalam mulut, sehingga kesegaran mulut tetap terjaga. Dengan cara seperti ini, setidaknya dapat meminimalisir bau mulut saat berpuasa

2, Kurangi makanan berbau tajam atau banyak mengandung gula 
Makanan yang saya maksud yaitu seperti kue atau biskuit yang sangat manis,selain menyebabkan bau mulut, dapat juga mengakibatkan pengeroposan pada gigi. Begitu juga dengan makanan yang menimbulkan bau tak sedap seperti durian, jengkol, atau petai, sebaiknya hindari dulu selama menjalankan ibadah puasa. Ada juga beberapa bumbu dapur yang dapat menyebabkan bau mulut, antara lain ; bawang merah dan bawng putih.

3. Berolahraga ringan
Menjalani olahraga ringan secara teratur disaat menjalankan puasa juga sangat efektif dalam mencegah bau mulut. Karena dengan berolahraga ringan, kita dapat mengeluarkan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk zat penyebab bau pada mulut. Olahraga ringan ini dapat kamu lakukan saat menjelang sahur dan menjelang waktu berbuka

4. Menggosok gigi
Usahakan menggosok gigi setelah makan sahur dan setelah berbuka puasa agar terhindar dari bau mulut yang menyengat saat berpuasa. Gosoklah gigi secara menyeluruh dan termasuk juga bagian lidah.

5. Minum teh hijau
Teh hijau juga ternyata sangat efektif untuk mengurangi bau mulut tak sedap. Minumlah teh hijau tanpa menambahkan gula pada saat sahur dan berbuka puasa. Ini sangat penting karena teh hijau mengandung zat polyphenol yang dapat membantu membunuh bakteri pada mulut dan saluran pernafasan. Fungsi lain dari mengonsumsi teh hijau yaitu mengurangi peradangan pada rongga mulut dan mengatasi gangguan pernapasan yang disebabkan oleh asap rokok.

6. Hindari rokok
Merokok merupakan salah satu penyebab bau mulut, oleh karena itu disaat bulan puasa sebisa mungkin kamu jauhi rokok dulu. Selain menyebabkan bau mulut, rokok juga dapat membuat kulit cepat keriputpada usia muda loh.

Itulah beberapa tips dari saya mengenai cara mengatasi bau mulut di saat berpuasa, semoga bermanfaat ya guys,akhir kata saya mengucapkan ; selamat menjalankan bulan puasa bagi teman-teman yang menjalankannya.


Saran lainnya