Bubur Khas Saat Bulan Ramadhan


Bubur khas saat bulan ramadhan – Ramadhan bulan yang istimewa ya sahabat fispol, saking istimewanya banyak kegiatan yang hnaya dilakukan saat bulan ramadhan. Bukan hanya itu ada banyak makanan yang hanya mucul saat bulan ramadhan datang.

Seperti kolak, saat hari biasa kolak menjadi makanan biasa dimana jarang sekali orang membuat makanan yang satu ini. Namun saat bulan ramadhan atau puasa kolak menjadi makanan primadona yang wajib ada di meja makan.

Nah bicara soal makanan, di Indonesia sendiri ada berbagai macam bubur yang hanya muncul di saat bulan ramadhan. Karena hanya muncul setahun sekali tidak heran jika bubur ini selalu menjadi serbuan masyarakat. Nah berikut Bubur khas saat bulan ramadhan yang bisa anda coba di ramadhan kali ini.

Bubur Khas Saat Bulan Ramadhan

bubur khas bulan ramadhan
bubur khas bulan ramadhan

Bubur Samin ( Solo, Jawa Tengah )

Tradisi pembagian bubur ini sudah berlangsung sejak dulu, saat bulan ramadhan tiba Masjid Darrussalam di Kampung Jayengan, Serengan, Solo, Jawa Tengah akan membuat banyak bubur untuk dibagikan.

Jika bubur sudah matang banyak warga yang mengantri untuk menikmati bubur yang satu ini dan jika anda ingin mencicipinya bubur Samin biasa di sajikan saat sore hari menjelang berbuka puasa.

Bubur samin sendiri adalah bubur pada umumnya namun dengan perpaduan banyak rempah, sayuran dan potongan daging yang lezat.

Kanji Sumbi ( Lhokseumawe, Aceh )

Sama seperti bubur biasanya kanji Sumbi bukan terbuat daro tepung aci ya meskipun namanya kanji. Bubur yang satu ini terbuat dari beras, wortel, daun sop, daging, udang, aneka rempah sepeerti lada dan lengkuas serta bumbu khas racikan warga Aceh.

Tidak semua masjid menyediakan bubur ini, tapi setiap ramadhan bubur kanji sumbi biasa dimasak dan di sajikan di Masjid Islamic Center Lhokseumawe, Aceh.

Bubur Sop Melayu ( Medan, Sumatera Utara )

Nah buat anda warga Medan pastinya ramadhan kurang lengkap ya kalau belum berbuka puasa dan mencicipi bubur khas Ramadhan dari Medan yaitu Bubur Sop Melayu. Bubur ini bisa anda dapatkan gratis di beberapa masjid menjelang waktu berbuka puasa.

Untuk membuat bubur sop Melayu membutuhkan beras sebagai bahan utama, daging sapi agar bubur lebih gurih, kentang, wortel, sop, santan, garam dan racikan bumbu lainnya.

Bubur Sabilal ( Banjarmasin, Kalimantan Selatan )

Di Masjid besar Raya Sabilal Muhtadin yang berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan ada kegiatan unik yang tidak bisa kita lihat di hari biasa yaitu pembuatan Bubur Sabilal. Bubur Sabilal biasa di sajikan menjelang magrib, dalam 1 hari phak pengelola Masjid bisa menyiapkan sekitar 1000 porsi bubur untuk berbuka gratis di Masjid ini.

Untuk rasa jangan di tanya, bubur ini terbuat dari beras dan campuran daging gurih dengan bumbu khas banjar yang sudah diwariskan turun temurun sejak dulu. Jadi rasanya dijamin lezat, gurih dan manis.

Bubur Suro ( Tuban, Jawa Timur )

Kompleks makam Sunan Bonang tidak hanya ramai di kunjungi setiap malam jum’at ya, nyatanya setiap bulan Ramadhan ada banyak orang yang berbondong – bondong ke area kompleks makam ini untuk berbuka bersama atau mengatri bubur yang disediakan pihak masjid setiap bulan puasa.

Bubur Suruh terbuat dari beras yag dimasak dengan santan, air dan bumbu khas arab sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda dengan bubur ayam biasa. Untuk memasak bubur ini pihak juru masak harus menghabiskan waktu sekitar 2,5 jam.

Menurut juru masak, tradisi dan bumbu ini merupakan peninggalan dari Sunan Bonang dimana sudah ada sejak kepemimpinan Sunan Bonang. Bedanya jika jaman dulu bubur suro menggunakan daging kambing berbeda dengan sekarang yang menggunakan daging sapi.

Nah itu tadi Bubur khas saat bulan ramadhan yang bisa anda cicipi, selain bubur jangan lupa mencicipi menu buka puasa yang rekomended.


Saran lainnya