Daftar Oleh – oleh Khas Madiun Yang Wajib Anda Coba Saat Berkunjung ke Madiun


Oleh – Oleh Khas Madiun – Berlibur ke Madiun tanpa pulang bawa oleh – oleh rasanya kayak nggak liburan ya.

Setiap daerah memiliki memiliki makanan khas yang berbeda –beda meskipun sudah ramai dipasarkan di daerah lain atau di toko oleh – oleh namun oleh – oleh yang dipasarkan di kota asli selalu memiliki cita rasa yang berbeda yang tentunya jauh lebih enak.

Buat anda yang sedang berlibur ke Madiun tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sejenak membeli atau mencicipi makanan dan oleh – oleh khas Madiun untuk keluarga dan kerabat dekat.

Nah berkut daftar oleh – oleh khas Madiun yang wajib anda coba saat berkunjung ke Madiun.

Oleh – Oleh Khas Madiun

 

Brem Madiun

oleh - oleh khas madiun
Brem Madiun

Brem Madiun memang sudah melegenda, bukan hanya di Madiun namun juga di daerah – daerah lain bahkan karena terkenal brem Madiu  sampai di pasarkan di luar madiun dan ada beberapa Pabrik Pengolahan Brem yang berdiri di Madiun.

Brem terbuat dari ketan yang di fregmentasi kemudian di panaskan dan di jemur hingga kering biasanya dibentuk kotak pipih dan untuk teksturenya, brem akan langsung meleh di lidah saat di gigit.

Pada awalnya hanya ada brem rasa original namun dengan adanya inovasi sekarang ada banyak variasi rasa yang bisa anda pilih yaitu coklat, keju, dan lain – lain.

Brem sendiri sudah banayk di pasarkan di toko oleh – oleh, atau di pabriknya di daerah Kaliabu Kab. Madiun.

Sambel Pecel Madiun

Meskipun sambel pecel bukan lagi makanan yang langka namun belum lengkap perjalanan anda jika belum sarapan nasi pecel Madiun. Ada banyak penjual pecel yang bertebaran di Madiun  yang bisa anda kunjungi dan dijamin sambal yang di sajikan berbeda dengan sambal yang ada di daerah lain.

Namun buat anda yng ingin membawa oleh – oleh untuk keluarga, anda bisa membei sambal pecel untuk oleh – oleh.

Pentol Corah

oleh - oleh khas madiun
Pentol Corah

Meski terdengar asing di telinga masyarakat namun pentol atau cllok yang satu ini sangat terkenal di kawasan Madiun dan sekitarnya.

Pentol corah adalah cilok khas Madiun dengan sambal pedas sebagai pendampingnya, meskipun hanya cilok tanpa daging namun dijamin anda bakalan ketagihan.

Untuk pentol corah sendiri hanya tahan 1 hari jadi cocok jika langsung dibawa pulang, jika ingin pentol corah tahan lama anda bisa memisah sambal dan pentol corah kemudian memasukannya ke dalam magicom atau mengkukusnya kembali.

Jika ingin membeli pentol corah, anda bisa datang ke dusun corah karena desa tersebut merupakan sentra pedagang pentol corah.

Krupuk Puli

Krupuk puli terbuat dari nasi yang dijadikan kerupuk, dipipihkan kemudian di jemur. Kerupuk puli lebih dikenal di Madiun dengan nama kerupuk lempeng.

Meskipun terbuat dari bahan sederhana namun kelezatan dan gurihnya kerupuk puli madiun memang tidak ada duanya.

Buat kalian yang ingin membeli kerupuk puli sebagai oleh – oleh bisa membelinya di toko oleh – oleh khas Madiun dalam kemasan sudah matang maupun mentah. Untuk harganya sendiri sangat terjangkau untuk kerupuk yang matang biasanya di bandrol mulai harga Rp 2.000 – Rp 3.000/ pcs.

Baca Juga Tempat Wisata Madiun Yang Wajib di Kunjungi

Madu Mongso

Meskipun tidak terkenal  sebagai jajanan khas Madiun namun faktanya di tahun 2001 Madiun pernah masuk ke dalam rekor muri adanya pergelaran festifal madumongso sepanjang 1.700 meter atau 1,7 km di Alun – alun Madiun.

Madu mongso adalah salah satu jajanan wajib yang biasanya harus ada di acara lamaran dan juga pernikahan orang Jawa yang terbuat dari ketan, gula merah dan santan yang dimasak hingga mengental.

Bisa dibilang Madu Mongso adalah dodolnya orang Jawa Timur, kemudian madu mongso yang telah jadi biasanya akan dibungkus menggunakan kertas minyak berwarna – warni.

Roti Bluder Cokro Madiun

Buat kalian oecinta roti tidak ada slaahnya untuk mampir sejenak di Toko Roti Bluder Cokro di Jl.Hos Cokroaminoto no 36, Pandean Kota Madiun.

Selain membeli kalian juga bisa melihat proses pembuatan roti di sini yang dibandrol dengan harga mulai Rp 7000 – 15.000.

Nah itu tadi oleh – oleh Khas Madiun yang wajib anda incipi jika sedang berlibur di Kota Gadis ini.


Saran lainnya