Buat yang Suka Live Instagram Begini Triknya Biar Dilirik Orang


Tips trik menarik Live di Instagram biar Dilirik banyak Orang – Sosial media dari waktu ke waktu selalu berubah trendnya. Dulu, trend sosial media hanya terbatas pada update status dan berbalas komen, serta upload foto sembari menandai teman-temannya. Lantas, seiring waktu trend berubah dengan upload foto selfie dengan berbagai filter yang lucu. Trend sosial media terus berkembang, dan kini mulai bergeser dengan menyiarkan diri segala aktivitas kepada publik seperti yang saat ini sedang trend di Instagram, Facebook, dan beberapa platform sosial media lainnya.

Suka Live Instagram Begini Triknya Biar Dilirik Orang
Suka Live Instagram Begini Triknya Biar Dilirik Orang

Sebenarnya sudah banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk melakukan aktivitas live sejak beberapa tahun lalu. Namun, aplikasi-aplikasi yang ada itu tidak begitu populer di Indonesia. Aplikasi sosmed seperti Meerkat dan Periscope hadir untuk memberikan kelengkapan pada Twitter. Kemudian muncur era Bigo Live, lambat laun mulai banyak yang tertarik untuk melakukan aktivitas siaran langsung ini. Dan Bigo Live ini kemudian memunculkan penggemarnya tersendiri.

Bigo Live yang mulai banyak penggemarnya kemudian membuat beberapa sosial media mulai memberikan fitur Live. Seperti yang kita tahu dua sosial media besar, Instagram dan Facebook sama-sama memiliki fitur untuk kamu yang ingin melakukan siaran langsung, sehingga trend aktivitas di sosial media pun menjadi semakin beragam. Hadirnya fitur live di Facebook dan Instagram apa yang kamu lakukan di siaran langsung tersebut bisa disaksikan oleh teman-teman sendiri. Bagaikan selebritis, aktivitas kamu yang sedang live akan mendapatkan komentar dan tanggapan teman-teman kamu yang beragam.

Supaya Instagram live dilirik banyak orang

Di Instagram, meski tidak sebanyak di Facebook karena menggunakan follower tentu kamu bisa juga melakukan live meski kamu hanya memiliki follower yang tidak banyak. Kamu masih tetap eksis maksimal saat live di Instagram. Intinya untuk membuat siaran langsung yang menarik disaksikan banyak orang, kamu harus memiliki ide yang brilian mengenai tema yang ingin kamu bahas. Bila tidak kamu bisa melakukan aktivitas yang menarik untuk kamu lakukan secara live.

Selain berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan seperti contoh di atas tadi, kamu juga bisa menampilkan sesi tanya jawab, main musik, menyanyikan cover-cover lagi, travelling, apa saja sebatas kamu tidak melanggar norma hukum serta susila. Ketika ide untuk melakukan live sudah dimiliki, pastikan kamu sudah menyiapkan berbagai perlengkapannya supaya siaran live kamu lancar dan sesuai. Nah, apa saja agar siaran live Instagram bisa berjalan sukses dan sesuai dengan rencana kamu. Simak ulasan berikut.

1. Siapkan power bank supaya saat live Instagram baterai tiba-tiba drop dan mati

Untuk melakukan Instagram Live, smartphone wajib kamu miliki. Sehingga tidak perlu smartphone menjadi salah satu item yang harus disiapkan ketika akan live Instagram. Namun, agar siaran kamu sukses, maka kamu harus perhatikan daya dari smartphone kamu. Melakukan siaran live tentu akan sangat cepat menyedot ketersediaan daya baterai handphonemu. Maka dari itu, ketika sedang live Instagram kamu bisa juga sambil mengisi ulang daya smartphone kamu.

Berbeda ketika saat sedang live Instagram di luar rumah, maka power bank harus tersedia dan kamu bawa. Power bank dengan ukuran 100 mAH tentu cukup memenuhi kebutuhan daya pada handphone kamu saat melakukan live IG.

Saat ini di pasaran telah dirilis beberapa merk handphone yang dirilis untuk kebutuhan live bagi para penggunanya. Handphone berbasis android ini memiliki kapasitas baterai lebih besar, tidak cepat panas, dan memiliki penguat sinyal.

2. Pastikan sinyal di handphone kamu tidak mengecewakan

Masalah sinyal tentu sangat penting untuk live di Instagram. Maka kamu harus menyediakan kuota yang cukup untuk melakukan live di Instagram. Menariknya, untuk live di Instagram ternyata tidak terlalu banyak data yang dibutuhkan, sehingga kuota kamu tidak dengan cepat akan terkuras karena live di Instagram.

Kamu bisa menyesuaikan jenis paket data yang akan dibeli. Masihkah ada bonus yang tersisa atau adakah bonus internet malam yang mubazir tidak digunakan. Dengan begitu, kamu bisa melakukan live di IG pada akhir pekan atau jelang liburan sehingga keesokan harinya aktivitas kamu tidak terganggu.

Hadirnya teknologi 4G/LTE tentu semakin aktivitas live IG menjadi lebih kencang. Namun, meski demikian dengan teknologi tersebut data yang dipakai makin cepat juga terkuras dan handphone akan menjadi lebih panas. Pada akhrinya solusi yang bisa dilakukan adalah dengan kembali ke konsep yang ingin ditampilkan. Saat ide sudah muncul segeralah untuk diaktualisasikan. Pastikan jangan membuat siaran live yang tidak jelas juntrungannya.

3. Membuat pencahayaan yang sederhana

Saat menyebut pencahayaan atau lighting, tentu yang terbayang adalah suatu tata cahaya yang canggih dan memukau. Di Instagram Live tentu beda dengan seorang Youtuber yang ketika akan membuat videonya tentu untuk kepentingan suatu endorse. Sehingga saat melakukan live IG yang penting adalah cukup cahaya.

Tidak perlu repot untuk melakukan instalasi lampu untuk menyinari wajah dari berbagai sisi. Dengan memakai lampu meja sudah cukup untuk memberikan pencahayaan ketika melakukan live IG. Dan untuk mendukung live IG menjadi makin maksimal dengan pencayaan yang cukup, kini beberapa vendor ponsel juga telah memberikan lampu flash untuk melakukan live IG kamu.

4. Gunakan kamera holder untuk memudahkan berbagai aktivitas live kamu

Camera holder sangat membantu untuk menempat kamera handphone yang digunakan untuk aktivitas live di IG. Banyak sekali jenis camera holder yang bisa didapatkan seperti tongsis, tripod, gorillapod, lazypod, dan macam-macam lainnya tinggal disesuaikan dengan keinginan kamu.

Untuk mendukung aktivitas live IG, kamu bisa gunakan gorillapod dan lazypod. Dengan kaki-kaki yang bisa dilipat atau dikaitkan ke tiang, tentu membuat posisi kamera ponsel kamu juga bisa disesuaikan.

Dari keempat hal di atas maka live yang kamu lakukan di Instagram akan makin maksimal. Kontent live yang kamu lakukan di instagram bila menarik dan bermanfaat tentu akan mendatangkan banyak follower. Meski kamu tidak memiliki banyak follower tentunya jika kontent yang kamu lakukan saat live IG menarik akan disaksikan oleh banyak orang. Dan hal ini akan membuat akun IG kamu menjadi banyak follower.


Saran lainnya