Pentingnya Keterampilan Interpersonal Di Tempat Kerja atau Kantor


Seberapa pentingkah Keterampilan Interpersonal di kantor atau tempat Anda bekerja? Kemampuan interpersonal ini sendiri dapat kita definisikan sebagai keterampilan hidup yang kita gunakan setiap hari saat berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, baik secara individu maupun kelompok. Orang yang berusaha mengembangkan keterampilan interpersonal akan lebih berhasil dalam kehidupan pribadi maupun pekerjaan dan sosial. Karena suasana persaingan di tempat kerja saat ini, mudah untuk mengabaikan pentingnya keterampilan interpersonal. Sebenarnya, hal ini sangat berguna di lingkungan kerja, dan kali ini kita akan mengetahui seberapa perlunya keterampilan tersebut.

Keterampilan Interpersonal Di Tempat Kerja atau Kantor
Keterampilan Interpersonal Di Tempat Kerja atau Kantor

KETERAMPILAN INTERPERSONAL MEMBANGUN HUBUNGAN

Sebagaimana sebelumnya pernah Saya share disini mengenai Komunikasi Interpesonal untuk membangun hubungan maka dengan mengembangkan keterampilan interpersonal ini akan memungkinkan Anda membangun koneksi dan memperbaiki hubungan dengan rekan kerja Anda. Terlepas dari jenis industri atau tempat kerja, rekan kerja membutuhkan apresiasi dan penegasan, mereka tertarik untuk mengetahui nilai dan keterampilan mereka. Kurangnya kebaikan dan rasa hormat membuat Anda tampak tak terhampiri dan fokus pada diri sendiri. Di sisi lain, keterampilan interpersonal menunjukkan bahwa Anda peduli, mudah didekati, memungkinkan Anda menciptakan hubungan yang kuat dan sehat dengan rekan kerja dan atasan. Semua faktor ini juga penting untuk keseluruhan pengalaman positif di tempat kerja dan kemajuan karir Anda .

MENGURANGI RESIKO TUNTUTAN

Kemungkinan tinggi Anda tidak menganggap ini penting di tempat pertama terutama karena kita tidak benar-benar mengerti mengapa hubungan kita dengan orang lain berdampak pada bisnis pada umumnya. Keterampilan interpersonal yang buruk dapat menyebabkan tuntutan hukum karena kurangnya komunikasi yang memadai dengan orang lain. Jika Anda tidak berinteraksi dengan anggota tim lainnya dengan benar, risiko kesalahan dan hasil negatif meningkat secara signifikan. Ini membuka pintu untuk mengajukan tuntutan hukum yang diajukan oleh klien yang tidak puas.

UMPAN BALIK dan KETERBUKAAN

Dalam bisnis, umpan balik sebagai komponen penting dari tempat kerja yang dinamis. Pada dasarnya, istilah ini mengacu pada komunikasi yang terjadi antara pemberi tugas dan penyelesaikan tugas. Seperti biasanya bahwa sebagai seseorang yang menyelesaikan proyek atau tugas, dia mungkin meminta umpan balik dari atasan. Kemudian, supervisor memberikan umpan balik yang memberi tahu mereka apakah mereka melakukan pekerjaan dengan baik atau beberapa modifikasi harus dilakukan. Setelah melakukan penyesuaian ini, seseorang mendapat tugas lain, dan siklus berlanjut.

Kurang percaya diri? Ini Rahasia Menumbuhkan Percaya Diri Secara Kilat

Keterampilan interpersonal yang buruk secara negatif mempengaruhi umpan balik ini. Dalam kebanyakan kasus yang terjadi ketika seseorang tidak dapat didekati, tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan tidak hadir secara mental dan fisik. Kurangnya umpan balik tidak memungkinkan Anda memperbaiki kesalahan umum yang Anda buat, dan Anda pasti akan mengulanginya kembali. Tidak perlu diragukan lagi, ini memiliki efek negatif pada keseluruhan kinerja dan karir Anda secara umum.

MENGURANGI MASALAH LAYANAN PELANGGAN

Klien atau pelanggan menginginkan kepastian bahwa beberapa bisnis / organisasi peduli dengan kebutuhan mereka. Mereka ingin 100% yakin bahwa orang-orang yang bekerja di sana akan menangani setiap proyek dan potensi masalah dengan sukses dan secara profesional. Keterampilan interpersonal yang buruk di tempat kerja tidak hanya mempengaruhi hubungan antara beberapa orang atau di dalam departemen, tapi keseluruhan perusahaan. Permasalahan akan muncul, pelanggan tidak puas, dan lagi karena kurangnya komunikasi, masalah mereka tidak ditangani dengan baik. Di sisi lain, keterampilan interpersonal yang kuat mengurangi resiko masalah layanan pelanggan tersebut dan memungkinkan Anda berkomunikasi dengan klien dan menyelesaikan masalah apapun tanpa kehilangan kepercayaan.

LEBIH BANYAK KESEMPATAN

Keterampilan interpersonal yang buruk menciptakan lingkungan yang buruk juga, dan tidak ada yang suka berada di sekitar orang-orang yang tidak peduli dengan komunikasi dan hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan. Bekerja dengan kemampuan komunikasi dan kerja sama akan memberi lebih banyak kesempatan melalui hubungan dengan orang lain. Sederhana saja jika Anda meninggalkan kesan yang baik, orang lebih cenderung memberi Anda referensi bagus atau merekomendasikan Anda kepada seseorang yang mempekerjakan seseorang dengan keterampilan yang Anda miliki.

Cari kerja online? Lihat daftar situs lowongan kerja terpercaya.

PEMIMPIN YANG KUAT

Sikap positif, kemampuan untuk mendengarkan orang lain, kerja sama, strategi manajemen konflik, dan keterampilan interpersonal lainnya juga menghasilkan pemimpin tim, manajer, dan atasan yang kuat. Kesuksesan, rasa hormat, dan reputasi Anda di tempat kerja bergantung pada hubungan Anda dengan orang lain. Pemimpin yang tidak memperhatikan hubungan tersebut kehilangan rasa hormat dari anggota tim mereka. Umumnya, orang lebih cenderung bekerja untuk (percaya) orang yang berusaha menciptakan suasana yang menyenangkan dan fungsional berdasarkan rasa saling menghormati semua pihak yang terlibat.

KETERAMPILAN INTERPERSONAL YANG ANDA BUTUHKAN DI TEMPAT KERJA

Nah, apa saja kemampuan yang diperlukan dikantor atau tempat kerja anda? berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Komunikasi Hubungan yang baik dengan orang lain
  • Empati (memahami perasaan dan emosi orang lain)
  • Bekerja sama dengan anggota tim lainnya, supervisor, manajer
  • Sikap positif
  • Bisa didekati
  • Menunjukkan rasa hormat
  • Mendengarkan ( baca: Mengapa kita menjadi pendengar yang buruk? )
  • Aktif

TINGKATKAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL DI TEMPAT KERJA

  1. Selalu ekspresikan dirimu dengan cara yang tenang dan sabar
  2. Fokuslah untuk bersikap positif, Biarkan rekan kerja Anda tahu bahwa Anda menghargai keahlian mereka, jangan takut untuk memuji seseorang
  3. Tunjukkan minat pada rekan kerja dan hal-hal yang harus mereka katakan, dan sebenarnya, dengarkan mereka.
  4. Berlatih empati

Masih terkait dengan komunikasi interpersonal, simak juga mengenai Kemampuan/Skill yang sering dilupakan dalam Ber-Komunikasi.

Keterampilan interpersonal sangat penting dalam sebuah tim, bisnis ataupun organisasi. Dengan menjalin hubungan baik dengan orang lain akan mencegah kesalahan serius yang dapat menyebabkan tuntutan negatif, mengurangi risiko masalah pelanggan, dan menciptakan lebih banyak peluang kerja sehingga mengarah pada kesuksesan karir. Cobalah mempraktekkan keterampilan interpersonal saat bekerja hari ini.


Saran lainnya