Ini Rahasia Menumbuhkan Percaya Diri Secara Kilat


Rahasia Menumbuh Percaya Diri Secara Kilat – Kamu punya masalah dengan rasa percaya diri? Tidak perlu berkecil hati. Karena ada banyak cara yang bisa kamu lakukan supaya percaya diri kamu bisa meningkat. Dan tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk meningkatkan rasa percaya diri itu. Ada beberapa langkah yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri kamu dalam waktu singkat bahkan hanya dalam hitungan detik. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk menumbuhkan rasa percaya diri secara kilat.

Percaya diri
Percaya diri

1. Selalu Tersenyum
Langkah pertama untuk menumbuhkan rasa percaya diri kamu hanya perlu waktu tidak lebih dari 1 detik, yaitu dengan tersenyum. Jika kamu sering gugup dan tidak percaya diri, maka tersenyumlah. Tersenyum bukan hanya dilakukan ketika kamu sedang merasa senang saja, melainkan juga bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Karena dengan tersenyum akan membuat dirimu menjadi lebih baik. Tersenyum memiliki kaitan yang erat dengan perasaan yang serba positif. Dengan begitu kamu tidak akan merasa tidak enak saat kamu sedang tersenyum. Tersenyum bukan hanya sekedar menunjukkan ekspresi wajah saja. Dengan tersenyum, hormon endorphin akan dilepaskan dan membuatmu menjadi merasa lebih baik. Selain itu efektif untuk meningkatkan sirkulasi darah di wajah, membuat perasaan jadi lebih nyaman. Dengan begitu rasa percaya diri serta merta akan muncul dan anda bisa lebih percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain ketika tersenyum.

2. Menatap Lawan Bicara
Sama dengan tersenyum, menatap mata semua orang yang berada di dalam suatu ruangan. Dengan membalas senyuman yang kamu berikan itu dan memberikan senyum kepada orang lain, maka percaya diri akan muncul dengan sendirinya secara kilat. Adanya kontak mata mampu menunjukkan bahwa dirimu memiliki rasa percaya diri. Dengan melakukan tips ini, tentunya sangat berguna sekali bila sedang berada di lingkungan kerja. Kamu bisa membuat kontak mata dengan seseorang yang sedang melakukan wawancara pada dirimu atau orang-orang yang datang menghadiri presentasi yang sedang kamu lakukan. Adanya kontak mata ini, sangat membtantu untuk menghilangkan perasaan takut ketika sedang berbicara di depan umum. Dengan kontak mata ini semakin mendekatkan anda dengan lawan bicara. Sehingga stres yang kadang anda alami bisa diatasi.

3. Tampil Rapi
Meskipun waktu yang diberikan sangat sedikit. Sempatkan untuk ke kamar mandi, untuk memastikan bahwa penampilan anda sudah benar-benar rapi. Sisir rambut anda yang rapi, cuci muka, serta perbaiki riasan di wajah, lalu luruskan kerah baju, dan paling penting pastikan juga tidak ada sisa makanan yang nyelip di sela-sela gigi. Semua itu tentu akan memberikan perbedaan antara rasa percaya diri dari penampilan anda dengan rasa takut terhadap penampilan anda. Menyempurnakan penampilan fisik tentunya merupakan fakta bahwa penampilan sesorang sangat berperan penting untuk membangun rasa percaya diri.

4. Tidak Perlu Memikirkan Standar yang Ditetapkan Orang Lain
Tips ini perlu ditekankan terlepas dari situasi yang membuat anda menjadi krisis percaya diri. Anda bisa melakukam hal-hal yang sekiranya bisa untuk membantu anda berpegang teguh pada prinsip dan standar yang anda miliki. Seseorang mungkin memberikan penilaian yang beda. Mau sekeras apapun usaha anda, tentunya tidak akan pernah memuaskan orang lain. Anda tidak perlu khawatir, bila anda disebut oleh orang-orang di sekitar anda sebagai orang kurus, boros, bodoh, dan lain sebagainya. Tetaplah bertahan dengan apa yang telah anda prinsipkan. Standar yang anda miliki bukan milik orang lain. Jadi tetaplah untuk mengingat akan nilai dan standar yang dimiliki umum pada masyarakat dan anda tidak harus untuk menerima nilai atau standar dari orang lain.

Itulah sekilas bagaimana anda bisa meningkatkan rasa percaya diri dalam waktu singkat. Dengan melakukan tips-tips di atas, tentunya rasa percaya diri yang sebelumnya menjadi masalah bagi anda, maka akan dapat teratasi. Dan anda pun bisa tampil percaya diri di hadapan orang lain.


Saran lainnya