Cara Beretika Yang Baik Saat Nongkrong Sama Teman


Hari libur atau weekend adalah hari yang ditunggu-tunggu, khususnya bagi para pegawai kantoran atau karyawan-karyawan lainnya. Biasanya dihari libur atau weekend, ada yang menghabiskan waktunya untuk keluarga, untuk pacar, atau banyak juga yang menghabiskan waktu liburnya bersama teman-teman. Seperti saya misalnya, saya selalu menghabiskan waktu libur dengan teman-teman, seperti jalan ke mall sambil nonton bioskop, nongkrong di cafe, dan lain-lain. Lumayan seru loh untuk menghilangkan sedikit beban pekerjaan kantoran yang menumpuk.

Pada tulisan saya kali ini, saya akan berbagi tips atau beberapa cara yang baik atau etika yang baik saat nongkrong sama teman-teman. Hal terkecil misalnya seperti cara kita berkomunikasi kepada teman-teman, atau bercanda positif yang dapat membangun hubungan langgeng dalam pertemanan. Menurut saya ini sangat penting kamu ketahui agar teman kamu tidak bete atau berpikir macam-macam tentang kamu disaat nongkrong bareng. Langsung saja ya guys ini dia 4 cara beretika yang baik saat nongkrong sama teman-teman ;

1. Jangan Sibuk Dengan Gadget

Ini hal yang paling banyak kita temui, disaat perkembangan teknologi semakin canggih, banyak orang yang tergila-gila sama gadget. Gadget yang saya maksud disini adalah handphone, ada yang tidak tahan jika tidak melihat notifikasi di hp nya dalam waktu 5 menit, atau sibuk berbalas komentar di sosmed disaat nongkrong sama teman-teman. Jelas ini sudah merusak kualitas nongkrong tersebut karena sudah tidak fokus dengan pokok pembicaraan antar teman. Jika kamu merasa tipe seperti ini, mulai sekarang jika nongkrong sama teman-teman, simpanlah dulu handphone kamu dan fokus pada pembicaraan teman-teman kamu. Nikmatilah quality time bersama teman-temanmu maka suasana akan semakin cair dan seru. Kamu bisa saja mengangkat telfon masuk jika itu memang penting.

2. Usahakan Datang Tepat Waktu

Di Indonesia sudah tidak asing lagi dengan istilah jam karet, janjian misalnya jam 2 siang tapi kamu datangnya bisa jam 3 atau jam 4 sore. Kebiasaan ini sangat tidak baik walaupun hanya janjian sama teman kamu, bisa saja kan teman kamu itu sangat tidak suka menunggu dan akhirnya dia bete. Usahakan datang on time, dengan begitu semua rencana kalian bakal berjalan mulus tanpa ada yang ngambek,bete atau bahkan menyalahkan gara-gara kamu telat.

3. Jangan Permalukan Temanmu Didepan Umum

Bercanda gurau sama teman-teman memang sangat asyik, ada yang bercanda sambil ngeledek teman atau ada juga yang ngelawak tapi ujung-ujungnya ngebully teman. Semua itu sah-sah saja asal kita tahu batas dan tempat yang pas. Tapi jangan sampai kamu mempermalukan temanmu di depan umum. Contohnya kamu menggeplak kepalanya sambil menghina kekurangannya di depan umum. Meskipun teman, tapi itu merupakan tindakan yang tidak sopan. Temanmu bisa kesal sama kamu. Alih-alih membuat mereka gembira, kamu malah bisa dijauhi loh sama mereka

4. Patungan Saat Membayar

Hal ini juga tidak kalah penting menurut saya, mungkin ada memang teman kamu yang suka membayar semua total bill disaat nongkrong di cafe, menurut dia mungkin tidak masalah karena dia memang ada duit. Tapi alangkah baiknya jika kamu patungan atau membayar total bill yang kamu makan atau minum jadi suasana akan semakin bagus. Sekali dua kali mungkin tidak masalah kalau ada teman kamu yang bayari semuanya, tapi jika terus-terusan seperti itu bisa saja lama-lama dia merasa dimanfaatkan atau berpikir yang lain-lain. Hal yang saya maksud disini berlaku jika nongkrong bareng ya, lain halnya jika kamu diundang untuk lunch atau dinner sama teman kamu, harus bisa dibedakan.

Nah, itu dia 4 cara beretika yang baik saat nongkrong sama teman-teman, semoga bermanfaat ya guys..!


Saran lainnya