Mengetahui Jenis Penyakit dari Warna Lidah


Mengetahui Jenis Penyakit dari Warna Lidah – Banyak yang tidak menyangka bukan jika melihat warna lidah bisa untuk mendeteksi adanya penyakit yang sedang anda derita. Lidah merupakan sebagai salah satu panca indera yang berfungsi sebagai alat pengecap. Lidah terdiri dari sekumpulan otot rangka yang terdapat di bagian lantai mulut. Selain berfungsi sebagai alat pengecap rasa, lidah juga berfungsi untuk membantu dalam proses pencernaan makan dengan cara mengunyah kemudian menelan. Sebagai alat pengecap, lidah memilliki banyak struktur tunas pengecap. Dan dengan lidah pula manusia bisa dengan mudah untuk berbicara dan membolak balikkan makanan di dalam mulut.

Mengetahui Jenis Penyakit dari Warna Lidah
Mengetahui Jenis Penyakit dari Warna Lidah

Ketika seseorang sedang dalam kondisi sehat, pada lidah akan berwarna merah muda. Namun, ternyata tidak semua orang tidak memiliki lidah berwarna merah muda. Kali ini, ada beberapa warna pada lidah yang bisa mendeteksi penyakit yang sedang diderita seseorang.

Dengan mengetahui warna-warna pada lidah tersebut, maka anda bisa melakukan penanganan dini dari apa penyakit yang sedang anda derita. Berikut ini adalah ulasannya.

Lidah berwarna Hitam

Jika seseorang mendapati warna lidahnya berwarna hitam, maka orang tersebut harus waspada. Saat lidah seseorang berwarna hitam, hal itu dikarenakan adanya gejala diabetes. Warna lidah yang menghitam itu dipengaruhi oleh adanya penggunaan antibiotik serta kesehatan mulut yang tidak baik. Untuk itulah sangat wajib untuk selalu menjaga kesehatan lidah dan mulut anda.

Lidah berwarna Biru

Saat anda sedang berkaca dan kemudian anda menjulurkan lidah dan nampak lidah anda berwarna biru, maka kondisi tersebut menunjukkan anda sedang mengalami penurunan daya tahan tubuh. Dan dengan kondisi tersebut, maka kemudian akan timbul penyakit demam yang kemudian disertai flu.

Lidah berwarna Ungu

Pada poin kedua, saat seseorang memiliki warna lidah yang membiru hal tersebut juga bisa disebabkan oleh makanan dingin yang dikonsumsi. Berbeda halnya ketika seseorang memiliki lidah yang berwarna ungu hal itu menunjukkan seseorang tersebut sedang mengalami gejalan peningkatan kolesterol dalam tubuh. Maka untuk melakukan penangannya, anda harus segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan resep obat supaya kadar kolesterol segera kembali normal.

Lidah berwarna Coklat

Warna coklat pada lidah terjadi karena adanya gejala awal seseorang menderita kanker kulit. Jika yang terjadi warna lidah berubah menjadi coklat kegelapan, maka segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Lidah berwarna Merah

Seseorang yang menderita penyakit demam berdarah, yang muncul biasanya adalah adanya perubahan warna pada lidah. Pada penderita demam berdarah, lidah akan berubah warna menjadi merah cerah. Hal ini terjadi karena penderita demam berdarah mengalami kekurangan vitamin B3 dan B12. Untuk mengatasinya, pada penderita demam berdarah harus mengonsumsi berbagai nutrisi yang cukup tubuhnya.

Selain mendeteksi penyakit lewat lidah, silahkan baca juga mengenai Cara mengatasi dan Mengobati Sakit perut pada Anak-anak

Demikianlah yang telah diungkapkan mengenai berbagai warna pada lidah manusia yang ternyata mampu untuk mendeteksi berbagai jenis penyakit yang sedang diderita oleh seseorang. Tentunya anda tidak ingin mengalami sakit seperti yang ditunjukkan pada warna-warna lidah di atas. Untuk itulah usaha pencegahan lebih baik dibandingkan mengobati. Mulai dari sekarang supaya terhindar dari berbagai jenis penyakit lakukanlah upaya-upaya untuk menjaga kesehatan tubuh serta menjaga pola makan  yang bisa menimbulkan berbagai penyakit yang mengancam. Semoga bermanfaat.


Saran lainnya