Ini Cara Aman Belanja dengan Kartu Kredit


Cara Aman Belanja dengan Kartu Kredit – Jaman yang kian maju membuat masyarakat ingin mendapatkan berbagai cara instant untuk memenuhi kebutuhannya. Termasuk aktivitas berbelanja, kini pun sudah bisa dilakukan secara instant dengan cara online. Sebuah data menunjukkan setidaknya 77% populasi dari jumlah penduduk di Indonesia lebih menggemari untuk berbelanja online. Dan 59% diantaranya mengaku gemar berbelanja online karena adanya berbagai promo menarik yang menggiurkan.

Belanja Aman Kartu Kredit
Belanja Aman Kartu Kredit

Meski demikian, ternyata masih saja ada banyak dari sebagian masyarakat yang masih meragukan melakukan transaksi secara online. Survei dari Nielsen Global menyebutkan bahwa 6 dari 10 konsumen memiliki ketakutan saat memasukkan data kartu kreditnya untuk digunakan sebagai pembayaran online. Dengan adanya fakta di atas maka anda yang masih ragu untuk memberikan informasi kartu kredit sebagai pembayaran online bisa menyimak ulasan mengenai keamanan berbelanja online dengan kartu kredit berikut ini.

Amankah Berbelanjan Online dengan menggunakan Kartu Kredit?

Kartu kredit diterbitkan sebagai sarana alat pembayaran. Tentu saja ketika anda berbelanja online sangat aman jika menggunakan kartu kredit. Meski demikian, anda tetap harus teliti serta waspada saat melakukan transaksi. Ketika anda berbelanja online dengan menggunakan kartu kredit, saat memasukkan data kartu kredit jangan anda lakukan dengan sembarangan. Anda harus cari-cari informasi terlebih dahulu untuk mengetahui data apa saja yang diminta untuk bertransaksi. Bila anda merasa ada kejanggalan segera selidiki apa hal tersebut wajar. Mengetahui reputasi dari toko online yang dipilih tentu juga bisa dijadikan bahan pertimbangan saat memutuskan untuk mempercayakan data kartu kredit atau tidak.

Anda Harus Benar-benar Memahami Toko-toko Online yang Resmi dan Aman

Bila anda sering berbelanja online, tentu anda sering melihat di toko-toko online yang terpercaya akan melampirkan alamat fisik atau minimal nomor teleponnya. Anda bisa menghubungi nomor tersebut untuk mendapatkan kepastian dari keaslian dari toko online tersebut. Anda bisa menanyakan mengenai pelayanan tentang retur dan refund jika terjadi hal-hal yang tidak anda inginkan. Ketika anda membuka sebuah situs toko online, anda bisa melihat testimoni dari para pelanggannya. Anda bisa melakukan riset sederhana untuk mengetahui reputasi dari toko online tersebut. Bila anda menemukan terstimoni negatif berarti anda bisa melihat bahwa toko online tersebut sangat mengecewakan para pelanggannya terlebih yang berhubungan dengan keamanan transaksinya.

Cari tiket pesawat? baca juga bagaimana cara membeli tiket dengan cicilan kartu kredit?

Dengan Menggunakan 3D Secure untuk Melindungi Kartu Kredit dari Tindak Kejahatan

3-Domain Secure merupakan fasilitas layanan yang diberikan oleh VISA serta MasterCard yang tujuannya untuk melindungi transaksi online dari kartu kredit anda. Layanan ini hanya tersedia di situs yang mendukung layanan 3D Secure tersebut. Bila anda menemukan toko online yang menggunakan layanan ini, sudah dipastikan bahwa situs toko online tersebut merupakan layanan toko online yang telah dilegitimasi dan keamanannya pun sangat terjamin. Untuk melakukan verifikasi dari Visa atau MasterCard Secure Code anda mendapatkan sebuah perlindungan yang berupa PIN atau password untuk melakukan verifikasi. VBV/MSC ini akan melindungi kartu anda dengan pasword yang telah dikirim lewat nomer ponsel anda. Dengan adanya kode ini, maka anda akan mendapatkan jaminan keamanan dalam bertransaksi online dengan menggunakan kartu kredit.

Tips Belanja Online dengan Kartu Kredit yang Aman dan Nyaman

Untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam berbelanja online menggunakan kartu kredit, maka anda bisa melakukan tips berikut supaya transaksi anda benar-benar aman. Pastikan anda berbelanja di toko online yang memiliki reputasi baik. Ketika anda menyelesaikan transaksi, simpanlah rincian kartu kredit anda di komputer atau cookie ketika mengakses internet. Seperti misalnya nomor kredit dan tanggal kadaluwarsanya.

Tahukah anda: Kartu kredit dan kartu debit berbeda, apa perbedaannya?

Nah, dengan ulasan mengenai keamanan berbelanja online dengan kartu kredit di atas, maka bisa memberikan kenyamanan bagi anda untuk tidak perlu takut lagi ketika menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran online ketika berbelanja online. Meski demikian, dengan atau tanpa menggunakan kartu kredit anda tetap harus hati-hati dalam berbelanja online. Semoga bermanfaat.


Saran lainnya