Dampak buruk game online dan cara mengatasi kecanduan game online


mengatasi kecanduan game online – Pada zaman sekarang ini sudah jarang dijumpai anak-anak bermain di sungai, di sawah, di halaman rumah, berbeda dengan zaman tahun 90-an, yang anak-anaknya suka bermain layangan, kelereng, petak umpet dan lain sebagainya.

Namun pada zaman sekarang ini banyak anak-anak yang berdiam diri di rumah menatap ke layar hp atau komputer, mereka bermain game online yang akhir-akhir ini sangat digemari kalangan anak-anak, banyak juga yang bolos sekolah dan pergi ke warnet untuk bermain game online.

Kalau sudah terjadi hal semacam ini, sudah pasti game online membuat anak-anak malas bersekolah karena ingin bermain game terus, tanda ini berarti anak tersebut sudah kecanduan game.

mengatasi kecanduan game online
mengatasi kecanduan game online

Dampak Buruk Game Online

Perlu anda ketahui bahwa game online ini mempunyai dampak buruk yang bisa mengganggu kesehatan bagi si gamer meskipun tidak semua game buruk , diantara dampak buruk tersebut ialah:

  1. Kelelahan mata

Seperti yang kita tahu, lahan bermain sudah semakin sedikit terutama di kota-kota besar. Dari kecil anak-anak sudah dikenalkan dengan ponsel, konsol game, pc tablet, laptop, yang membuat mata mereka menjadi pasif ketika berada di depan layar. Ketika bermain game, mata akan terus-menerus ‘dipaksa’ untuk menatap obyek di layar monitor. Ini membuat mata menjadi lelah.

2. Wasir atau ambeien

Keseringan duduk dalam waktu lama akan menyebabkan peredaran darah tidak lancar, serta mendesak pembuluh darah vena yang ada di daerah anus. Akibatnya pembuluh darah jadi menonjol dan timbul rasa sakit serta panas.

3. Berkurangnya metabolisme tubuh

Bermain game sangat minim dengan aktifitas fisik. Otot tidak melakukan aktifitas fisik sehingga menyebabkan metabolisme tubuh turun. Dalam jangka panjang, massa otot akan menurun, terjadi obesitas, sakit pinggang, menurunnya sistem imunitas sehingga mudah terkena penyakit.

4. Makan dan istirahat menjadi tidak teratur

Gamer yang maniak bermain game hampir pernah mengalami hal ini. Nge-game berlebihan akan menyebabkan pola makan dan istirahat berubah mengikuti jadwal main game mereka. Waktu makan dan istirahat menjadi tidak teratur. Kondisi ini tentu saja sangat rentan bagi kesehatan.

5. Terkena sindrom Carpal Tunnel

Sindrom Carpal Tunnel atau cedera otot tangan ditandai dengan kesemutan, mati rasa, kelemahan serta kerusakan otot pada pergelangan tangan dan jari. Penyebabnya adalah tekanan dan ketegangan saraf di pergelangan tangan yang berfungsi merasakan dan menggerakkan tangan dan jari.

 

Jadi penting sekali ya bunda kita harus mengatasi kecanduan game online agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada anak.

Tips Mengatasi Kecanduan Game Online

Tidak bisa dippungkiri di era digital ini, bermain game online memang sangat mengasyikkan, karena dengan bermain game online, si gamer bisa berinteraksi dengan lawan mainnya melalui video dan suara, akan tetapi jika dilihat dampat buruknya alangkah baiknya mengurangi aktifitas bermain game online, berikut beberapa tips mengatasi kecanduan game online yang bisa dicoba;

  1. Beri batasan waktu

Jika sehari bermain game sampai lupa waktu maka beri batasan waktu, misalnya boleh bermain dengan maksimal waktu satu jam atau dua jam, latih pelan-pelan, jika susah membatasi diri, bisa menggunakan alarm untuk mengingatkan untuk berhenti bermain game.

  1. Melakukan kegiatan fisik

Melakukan kegiatan fisik juga  tidak terlalu membosankan jika sudah menemukan ritmenya, misalnya pergi ke gym, seperti bersepeda, jalan-jalan, atau olahraga-olahraga lain yang bisa dilakukan bersama teman-teman anda.

  1. Beri hadiah jika sehari tidak bermain game online

Jika anda berhasil tidak bermain game dalam sehari, anda wajib menghadiahi anda sendiri dengan hadiah yang anda sukai, anda bisa memilih hadiah anda sendiri untuk diri anda sendiri.

Nah itu tadi cara mengatasi kecanduan game online yang bisa nada lakukan di rumah ya, selain itu lakukan screen time anak mulai sejak kecil agar sang anak tahu batasan dalam menggunakan gadget.


Saran lainnya