Manfaat Mengkonsumsi Sayuran Hidroponik Tanpa Pestisisda


manfaat mengkonsumsi sayuran hidroponik – Untuk mencapai hidup sehat kita harus banyak mengkonsumsi asyuran, akan tetapi belakangan ini malah banyak penyakit yang disebabkan karena mengkonsumsi sayuran.

Bukan karena sayurannya yang menyababkan penyakit hinggap di tubuh kita akan tetapi pestisida dan bahan-bahan kimia lainnya yang terdapat pada sayuran tersebutlah yang membua kita terserang penyakit.

Banyak petani-petani yang suka menggunakan pestisida saat ini demi membuat hasil panennya sukses. Pestisida merupakan zat kimia yang digunakan untuk mengendalikan hama.

Namun efek pestisida tidak hanya berpengaruh pada hama, tetapi juga berbahaya bagi kesehatan manusia. Gangguan kesehatan yang disebabkan oleh pestisida bisa berupa kerusakan saraf, iritasi kulit dan mata, hingga kanker.

Pestisida menjadi senjata utama dalam membasmi hama yang menyerang pertanian maupun hama penyebab penyakit. Selain digunakan di sawah atau ladang, pestisida juga ada di rumah kita. Contohnya racun yang digunakan untuk membasmi tikus, kecoa, nyamuk, atau kutu hewan peliharaan.

Meskipun dalam buah dan sayur terdapat banyak kandungan gizi namun kita juga dibayang – bayangi dengan penggunaan pestisisda berlebihan. Sehingga kita tidak bisa mendapatkan manfaat mengkonsumsi sayuran dengan baik dan harus mencoba mengkonsumsi sayuran hidroponik untuk mendapatkan manfaat mengkonsumsi sayuran hidroponik yang alami dan organik.

manfaat mengkonsumsi sayuran hidroponik
manfaat mengkonsumsi sayuran hidroponik

Efek Negatif Penggunaan Pestisisda Bagi Kesehatan

Pestisida dapat menimbulkan beberapa efek negative bagi kesehatan manusia, diantaranya:

  1. Gangguan reproduksi
    Gangguan hormon yang disebabkan pestisida dapat mengakibatkan penurunan produksi sperma. Selain itu wanita yang sering bersentuhan dengan pestisida juga cenderung kurang subur dan berisiko melahirkan secara prematur.
  2. Gangguan kehamilan dan perkembangan janin
    Pestisida mengandung bahan kimia yang dapat merusak sistem saraf. Oleh karena itu ibu hamil disarankan untuk menghindari paparan pestisida, terutama pada trimester pertama kehamilan. Kenapa? Karena di tiga bulan pertama inilah sistem saraf janin berkembang pesat. Jika terpapar, risiko cacat pada janin, keguguran, dan komplikasi kehamilan akan meningkat.
  3. Penyakit Parkinson
    Penelitian menunjukkan bahwa pestisida diduga mampu meningkatkan risiko terkena penyakit Parkinson. Semakin sering terpapar, semakin tinggi risikonya. Hal ini karena racun di dalam pestisida dapat merusak saraf tubuh, terlebih jika telah terpapar dalam jangka panjang.
  4. Risiko pubertas dini
    Bahan kimia pada pestisida diduga dapat meningkatkan produksi hormon testosteron yang dapat menyebabkan pubertas dinipada anak laki-laki.
  5. Kanker
    Telah banyak penelitian yang mengaitkan pestisida dengan munculnya tumor dan meningkatnya risiko terkena kanker. Kanker ginjal, kulit, otak, limfoma, payudara, prostat, hati, paru-paru, dan leukimia, adalah beberapa jenis kanker yang mungkin bisa diakibatkan oleh paparan pestisida dalam jangka panjang. Para pekerja pertanian adalah yang paling rentan terhadap risiko ini.

 

Jika anda ingin terhindar dari efek-efek negative di atas, anda bisa mengganti sayuran anda dengan sayuran hidroponik, Sayuran Hidroponik adalah jenis sayuran yang ditanam dengan teknik hidroponik, yaitu cara menanam tumbuhan dengan banyak gunakan media air. Meski tidak semuanya berupa air.

Namun hidroponik memang sama sekali tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Untuk pengganti tanah biasanya menggunakan batu atau pasir.

Manfaat Mengkonsumsi Sayuran Hidroponik

Berikut manfaat mengkonsumsi sayuran hidroponik yang bisa anda rasakan :

  1. Memiliki Kandungan Air yang Tinggi
  2. Mencegah Kerusakan Sistem Syaraf
  3. Menutrisi Kulit
  4. Menguatkan Akar Rambut
  5. Menurunkan Kadar Trigliserida ( sebuah lemak yang menyebabkan penyakit gula darah )
  1. Menaikkan Berat Badan
  2. Membuang Lemak
  3. Mencegah Penyakit Kanker
  4. Kaya dengan Protein
  5. Mengandung Asam Amino Essensial
  6. Kaya dengan Zat Besi
  7. Rendah Kalori
  8. Mengandung Serat
  9. Melancarkan Pencernaan
  10. Mengatasi Biang Keringat
  11. Antibiotik
  12. Mengobati Radang Tenggorokan
  13. Mengandung Vitamin B Kompleks
  14. Kadar Vitamin C yang Tinggi
  15. Kandungan Beta Karoten untuk Mata
  16. Mengobati Mual
  17. Hilangkan Sakit Kepala
  18. Anti Depresan
  19. Sembuhkan Stress
  20. Meningkatkan Kapasitas Memori Otak
  21. Melembabkan Kulit
  22. Mood Stabilizer

Nah itu tadi manfaat mengkonsumsi sayuran hidroponik tanpa pestisisda yang bisa anda dapatkan jika mengkonsumsinya setiap hari. Dan buat anda ibu hamil wajib banget menjaga kecantikan saat hamil tanpa bahan kimia. Pelajari juga teknik menanam padi Aquaponik yang kami ulas sebelumnya.


Saran lainnya