Selain Tugu Katulistiwa, Berikut Tempat Wisata Pontianak Yang Wajib Anda Kunjungi


Tempat Wisata Pontianak – Berlibur ke Pontianak enaknya kemana ya ?

Pontianak adalah ibu kota dari Kalimantan Barat, Indonesia, salah satu hal yang membuat Pontianak terkenal adalah Garis Katulistiwanya. Pontianak  merupakan salah satu kota dari kota lainnya di beberapa negara yang dilewati oleh garis imaji yang membelah bumi menjadi 2 bagian yaitu bagian utara dan selatan.

Dan karena keunikannya inilah Pontianak menjadi salah satu kota yang banyak di kunjungi untuk berlibur atau melihan tugu katulistiwa yang dibangun Pemerintah. Namun selain tugu katuistiwa Pontianak juga punya berbagai wisata menarik lainnya yang wajib anda kunjungi seperti berikut ini.

tempat wisata pontianak
tempat wisata pontianak

Tempat Wisata Pontianak

Pantai Pasir Panjang

Siapa bilang tempat wisata Pontianak hanya sungai kapuas saja, karena ternyata Pontianak juga memiliki pantai yang indah loh yaitu Pantai Pasir Panjang. Disebut sebagain Pantai pasir Panjang karena pantai di sini memiliki pasir sangat putih dan juga panjang yaitu mencapai 3 Km.

Pantai Pasir Panjang berada di kecamatan 17 atau bisa ditempuh kira – kira 20 menit dari pusat kota singkawang. Pantai ini memiliki air yang bersih berwarna biru dan juga ombak yang tenang sehingga cocok untuk acara liburan anda dan keluarga karena aman/ Bukan hanya itu tiket untuk masuk ke sini juga murah kok hanya Rp 10.000/ orang.

Taman Alun – Alun Kapuas

Ketenaran sungai kapuas memang sudah terkenal ke seluruh Indonesia ya, jadi anda juga tidak boleh melewatkan melihat kapuas dari Pontianak. Bukan hanya melihat pemerintah juga sudah membangun alun – alun tepat di depan kantor wali kota dan pinggiran sungai Kapuas.

Tempat yang satu ini cocok untuk anda yang bosan dan menginginkan tempat wisata yang ramah untuk keluarga dan asik untuk nongkrong terlebih lagi di sore hari. Karena di sore – malam hari lamou yang ada di tugu akan menyala berwarna – warni dan juga ada banyak berbagai penjual makanan dan minuman yang cocok menemani waktu santai anda.

Rumah Bentang Radak

Nah berwisata ke Pontianak belum lengkap kalau belum mengunjungi Rumah Bentang Radak yang berada di Jalan Letjen Sutoyo dan Jalan Sultan Syahrir. Rumah bentang Radak adalah rumah adat kalimantan Barat tepatnya untuk suku dayak yang banyak tinggal di hulu sungai Kapuas.

Rumah ini merupakan rumah replika rumah adat yang bisa anda kunjungi bebas dan sengaja dibangun untuk mengenalkan rumah adat suku Dayak. Uniknya rumah ini pernah mendaoatkan rekor karena menjadi rumah adat terpanjang di Indonesia dengan tinggi 7 meter dan panjang mencapai 132 meter.

Aloe Vera Center

Pontianak memang di kenal dengan berbagai oleh – oleh khas Potianaknya yang berasal dari aloe vera seperti teh aloe vera, dodol lidah buaya dan lain – lain. Hal ini disebabkan karena produksi aloe vera di Pontianak yang melimpah salah satuya yaitu di Aloe Vera Center.

Di tempatpembudidayaan aloe vera yang terletak di jalan Budi Utomo Pontianak ini anda akan di ajarkan berbagai cara pembudidayaan mulai dari perawatan hingga pemanenan dan jangan lupa membeli oleh – oleh aneka produk aloe vera atau idah buaya untuk mengembangkan bisnis Pontianak.

Kampung Beting

Nah buat anda yang ingin merasakan adat istiadat suasana Kalimantan tempo dulu bisa datang ke Kampung Beting. Kampung Beting adalah peradaban kota Pontianak yang masih terjaga kelestariannya samapai saat ini.

Kampung beting berada di Kalimantan Timur dan dan berada di pertemuan arus antara sungai kapuas dan sungai Landak. Rumah – rumah di sini di bangun di atas air dengan jembatan kayu sebagai penghubung natara satu rumah dan rumah lain.

Keraton Kesultanan Kadariyah

Bukan hanya Jogja dan Solo ya guys yang punya keraton tapi Pontianak juga memiliki keratonnya sendiri yaitu keraton Kesultanan Kadariayah. Keraton ini merupakan peninggalan Kesultanan Pontianak yang didirikan oleh Sultan Syarif Abdurahman.

Disni anda bisa melihat berbagai peninggalan Sang Sultan mulai dari singgasana, Kaca Pecah Seribu, Al Quran tulisan tangan tempo dulu dan silsilah keturunan keluarga sang Sultan.

Nah itu tadi tempat wisata Pontianak yang wajib anda kunjungi saat berwisata ke Kota Katulistiwa.


Saran lainnya